18 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

18 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap – Pengertian Akuntabilitas secara umum yaitu istilah untuk menggambarkan tingkat pertanggungjawaban seseorang atau lembaga tertentu yang berhubungan dengan sistem administrasi yang dimiliki.

Selain pengertian diatas, adapula pengertian akuntabilitas menurut para ahli, berikut selengkapnya

Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli

Syahrudin Rasul (2002:8)

Menurut Syahrudin Rasul, akuntabilitas adalah kemampuan memberi jawaban kepada otoritas yang lebih tinggi atas tindakan seseorang/sekelompok orang terhadap masyarakat luas dalam suatu organisasi.

Turner and Hulme (1997)

Menurut Turner and Hulme, akuntabilitas adalah keharusan lembaga sektor publik untuk lebih menekan pada pertanggungjawaban horizontal (masyarakat) bukan hanya pertanggungjawaban vertikal (otoritas yang lebih tinggi).

Mardiasmo (2006:3)

Menurut Mardiasmo, akuntabilitas adalah bentuk kewajiban mempertanggungjawabkan keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui suatu media pertanggungjawaban yabg dilaksanakan secara periodik.

Mahmudi (2010:23)

Menurut Mahmudi, akuntabilitas adalah kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberi mandat (prinsipal).

Wikipedia

Menurut Wikipedia, akuntabilitas adalah sebuah konsep etika yang dekat dengan administrasi publik pemerintahan (lembaga eksekutif pemerintah, lembaga legislatif parlemen dan lembaga yudikatif Kehakiman).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian akuntabilitas menurut KBBI adalah perihal bertanggung jawab; keadaan dapat dimintai pertanggungjawaban

Teguh Arifiyadi (2008)

Menurut Teguh Arifiyadi, akuntabilitas adalah kewajiban dari individu atau penguasa yang dipercayakan untuk mengelola sumber daya publik dan yang bersangkutan dengannya kemudian dapat menjawab hal yang menyangkut pertanggungjawabannya. Akuntabilitas terkait erat dengan instrumen untuk kegiatan kontrol terutama dalam hal pencapaian has.il pada pelayanan publik dan menyampaikannya secara transparan kepada masyarakat.

Affan Gafar

Menurut Affan Gafar, akuntabilitas adalah setiap pemegang jabatan yang dipilih oleh rakyat yang kemudian harus dapat mempertanggung jawabkan kebijaksanaan yang hendak dan telah ditempuh,. dapat mempertanggungjawabkan ucapan atau kata-kata yang telah dikeluarkan dan juga mempertanggung jawabkan prilaku dalam kehidupan yang pernah, sedang bahkan akan dilaksanakan.

LAN (1999)

Menurut LAN, akuntabilitas adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.

Sirajudin Saleh dan Aslam Iqbal

Menurut Sirajudin Saleh dan Aslam Iqbal, akuntabilitas adalah sisi sikap dan watak kehidupan manusia yang meliputi akuntabilitas internal dan eksternal seseorang. Sisi internal seseorang akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban orang tersebut kepada Tuhan-nya. Sedangkan akuntabilitas sisi eksternal seseorang yaitu akuntabilitas orang tersebut kepada lingkungannya baik lingkungan formal (atasan-bawahan) maupun lingkungan masyarakat.

Sedarmayanti (2003)

Menurut Sedarmayanti, Akuntabilitas adalah suatu perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan atua kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban yang dilaksanakan secara periodik.

Simbolon (2006)

Menurut Simbolon, Akuntabilitas adalah kewajiban untuk menyampaikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif atau organisasi kepada pihak yang dimiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban.

The Advance Learner’s Dictionary (Lembaga Administrasi Negara, 2000:21)

Menurut The Advance Learner’s Dictionary, Akuntabilitas adalah requier or expected to give an explanation for ane’s action. Ini berarti akuntabilitas terkandung kewajiban untuk menyajikan dan melaporkan segala tindak tanduk dan kegiatannya terutama bidang administrasi keuangan kepada pihak yang lebih tinggi/atasannya.

J.B Ghartey

Menurut J.B Ghartey, Akuntabilitas adalah akuntabilitas ditujukan untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan pelayanan apa? siapa? kepada siapa? milik siapa? yang mana? dan bagaimana?

Ledvina V.Carino

Menurut Ledvina V.Carino Akuntabilitas adalah suatu evolusi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh seseorang petugas baik masih berada pada jalur otoritasnya atau sudah berada diluar tanggung jawabnya.

Mahmudi (2010:23)

Menurut Mahmudi, Akuntabilitas Publik adalah Kewajiban agen (pemerintah) untuk mengelola sumber daya, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan sumber daya publik kepada pemberi mandat (prinsipal).

Ghartey dan Crisis

Menurut Ghartey dan Crisis, Akuntabilitas ditunjukkan untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan yang berhubungan dengan pelayanan apa, siapa, kepada siapa, milik siapa yang mana dan bagaimana.

Mardiasmo (2001)

Menurut Mardiasmo, Akuntabilitas publik adalah kewajiban pihak pemegang amanah (agent) untuk memberikan pertanggungjawaban, menyajikan, melaporkan, dan mengungkapkan segala aktivitas dan kegiatan tanggungjawabnya kepada pihak pemberi amanah (principal) yang memiliki hak dan meminta pertanggungjawaban tersebut.

Demikian artikel tentang”18 Pengertian Akuntabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap”, semoga bermanfaat.