Macam Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya Lengkap

Posted on

Macam Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya Lengkap Software atau perangkat lunak merupakan program komputer yang berisi data-data dan informasi yang digunakan untuk melakukan perintah pada sistem yang ada dalam perangkat komputer. Data yang ada pada software tidak berbentuk fisik melainkan berbentuk digital. Program-program yang terdapat dalam sebuah software merupakan kumpulan kode bahasa pemograman, binary, satuan data dan informasi.

Perangkat lunak atau software dalam sisitem komputer terbagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis dan funfsinya. Berikut ini adalah macam-macam perangkat lunak dan fungsinya:

Macam-Macam Perangkat Lunak (Software)

Perangkat Lunak Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi atau application software adalah sebuah sub kelas perangkat lunak atau sofware komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer secara langsung. Application software ini berfungsi untuk melakukan sebuah tugas yang diinginkan oleh pengguna. Progam ini diciptakan oleh programmer dan telah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Sistem Operasi

Sistem operasi atau Operating System adalah program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar, sehingga dapat mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor dan lain-lain. Sistem operasi ini sendiri difungsikan sebagai penghubung antara manusia dengan Hardware atau perangkat keras dan Software atau perangkat lunak yang akan digunakan.

Berikut ini adalah fungsi utama dari sistem operasi atau operating system:

  • Menyimpan program  dan aksesnya.
  • Membagi tugas di dalam CPU.
  • Mengalokasikan tugas-tugas penting.
  • Merekam sumber-sumber data.
  • Mengatur memori sistem termasuk menyimpanan, menghapus & mendapatkan data.
  • Memeriksa kesalahan pada sistem- Multitugas pada OS/2″, Windows ’95?, Windows ’98?, Windows NT”, /2000/XP.
  • Menjaga keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan sandi (password) dan penggunaan ID.

Perangkat Lunak Gratis

Perangkat Lunak Gratis atau Freeware adalah perangkat lunak atau software komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batas waktu sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar, misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk mendapatkan fungsi tambahan.

Perangkat Lunak Uji Coba

Perangkat lunak uji coba atau Shareware atau Trialware adalah program terbatas, program didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan , misalnya 30 hari yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.

Perangkat Lunak Perusak

Perangkat lunak perusak  atau malware adalah suatu perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware ini bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer. Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lain, apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga melalui hardware portable, seperti USB flashdisk, card reader, atau floppy disk (disket).

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman atau programming language adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.

Program Bantu

Program Bantu  atau utility adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengcopy data, mengkompres file, dan lain sebagainya.

Demikian artikel yang diberikan tentang Macam Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..