Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Dan Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap

Posted on

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Dan Seni Rupa 3 Dimensi, Teknik Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap – Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk suatu karya seni dengan media yang dapat dilihat dengan mata dan dapat dirasakan dengan rabaan. Kesan tersebut diciptakan dengan mengolah unsur seperti titik, garis, bidang, warna, tekstur, dan juga pencahayaan.

Dilihat dari fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa murni atau seni yang menitik beratkan pada keindahan dan ekspresi jiwa dan seni rupa terapan atau karya seni yang tidak menitik beratkan pada keindahan saja namun juga fungsinya. Sedangkan jika dilihat dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa dibedakan menjadi seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki 2 unsur/sisi saja yakni panjang dan lebar. Karya seni ini tidak memiliki ruang karena tidak memiliki unsur ketebalan.

Sedangkan, Seni Rupa 3 Dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi atau bisa juga disebut dengan karya yang memiliki volume dan menempati ruang.

Teknik-Teknik Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi

Adapun beberapa teknik pembuatan karya seni rupa 2 dimensi, diantaranya:

Teknik Plakat
Teknik Plakat adalah teknik melukis atau menggambar menggunakan cat minyak, cat poster, cat akrelik dengan goresan yang tebal sehingga menghasilkan warna yang pekat dan padat.

Teknik Tranparan
Teknik Tranparan adalah teknik melukis atau menggambar dengan menggunakan cat air dengan sapuan warna tipis sehingga hasilnya tampak transparan.

Teknik Kolase
Teknik Kolase adalah teknik melukis atau menggambar dengan memotong kertas lalu menempelnya sehingga membentuk lukisan yang realis atau abstrak.

Teknik 3M
Teknik 3M atau melipat, menggunting, dan merekat adalah teknik manipulasi lembaran kertas menjadi suatu bentuk.

Teknik Cetak

Seni Rupa 3 Dimensi

Teknik Cor
Teknik Cor atau Menuang adalah proses menuang menggunakan bahan cair yang dituangkan pada alat acuan yang berbentuk cetakan. Setelah menjadi keras dikeluarkan dari acuan/cetakan. Bahan cair ini dibuat dari semen, plastik, karet, gips, dan logam (tembaga, besi).

Teknik Butsir
Teknik Butsir adalah teknik yang hanya menggunakan alat telapak tangan dan alat lain (kayu, kawat) sederhana. Bahan yang digunakan lunak, elastis, lentur antara lain tanah liat atau plastisin.

Teknik Pahat
Teknik Pahat adalah teknik membentuk dengan cara membuang bahan yang tidak dipergunakan dengan cara memahat. Cara pembuatannya dengan menggunakan alat pahat (tatah) atau ukir dan martil. Bahan atau media yang digunakan adalah bahan keras seperti batu, cadas, kayu, gips, tanah liat kering atau yang lainnya.

Teknik Mozaik
Teknik Mozaik adalah teknik menempel benda-benda tiga demensi yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.

Teknik Anyam
Teknik anyam atau menganyam adalah teknik yang dilakukan dengan cara mengangkat dan menumpangtindihkan atau menyilang-nyilangkan bahan sehingga menjadi suatu karya anyaman.

Teknik Aplikasi
Teknik aplikasi adalah teknik membuat karya hias dalam seni jahit-menjahit dengan menjahitkan
guntingan-guntingan kain yang dibentuk seperti bunga, buah, binatang, dsb pada kain lain sebagai hiasan.

Teknik Merakit
Teknik Merakit adalah teknik membuat karya dengan cara menyambung-nyambung beberapa bagian atau potongan bahan. Potongan bahan disambungkan dengan cara dilas, dipatri, disekrup atau dengan cara yang lain.

Teknik Makrame
Teknik Makrame adalah Teknik membentuk sebuah seni kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan, dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai.

Teknik Menjahit
Teknik Menjahit adalah cara melekatkan (menyambung, mengelem, dsb) dengan menggunakan jarum dan benang.

Teknik Membangun
Teknik Membangun adalah kegiatan yang mencakup aktivitas menyusun berbagai komponen untuk dijadikan benda trimatra (tiga dimensi).

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Contoh karya seni 2 Dimensi, diantaranya:
Lukisan

Contoh karya seni 3 dimensi, diantaranya
Patung


Monumen
Tugu
dan lain sebagainya

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Dan Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Contoh dan Gambarnya Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.