Pengertian Kalimat Denotasi dan Kalimat Konotasi Beserta Contohnya Lengkap

Posted on

Pengertian Kalimat Denotasi dan Kalimat  Konotasi Beserta Contohnya Lengkap – Seringkali kita menemukan perubahan makna suatu kata, tergantung pada penggunaan kata tersebut. Berbagai kalimat tersebut menggunaan kata sama, tapi memiliki arti yang berbeda. Terkadang kita sedikit dibingungkan dengan penggunaan kata yang berbeda makna, dari arti kata yang sesungguhnya. Kali ini kita akan membahas tentang kalimat denotasi dan kalimat konotasi berikut selengkapnya:

Pengertian Kalimat Denotasi

Sebelum mengetahui pengertian kalimat denotasi, kita perlu memahami apa makna denotasi tersebut.

Makna denotasi adalah makna sesungguhnya di mana tidak ada unsur makna lain atau makna tersembunyi yang terkandung di dalamnya. Jika menyangkut suatu kata, maka kata denotasi adalah kata yang memiliki arti atau menyampaikan pesan seperti yang tertulis dalam kamus dan literatur lain.

Loading...

Kalimat denotasi adalah suatu kalimat yang mengandung pesan dengan makna yang sesungguhnya atau denotatif. Atau bisa diartikan kalimat denotasi adalah kalimat yang tidak menyembunyikan makna khusus atau makna lain didalamnya, sehingga apa yang dituliskan pada kalimat adalah apa yang sesungguhnya ingin disampaikan dalam kalimat tersebut.

Agar dapat membedakan kalimat denotasi atau bukan bisa dilihat dari konteks yang ada dalam kaliamat, yaitu adanya makna ganda pada kalimat tersebut atau apakah kalimat tersebut menimbulkan makna ganda atau tidak. Jika suatu kalimat tidak memiliki makna ganda maupun menggandung ambiguitas maka kalimat tersebut adalah kalimat denotasi.

Contoh Kalimat Denotasi

Berikut beberapa contoh kalimat denotasi, yaitu:

a. Tidur : Dalam KBBI, tidur berarti dalam keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata). Berikut contoh kalimat demotasi tidur:

  • Kakak tidur di sofa semalam.
  • Biasanya orang normal menggunakan waktunya di siang hari untuk bekerja dan malam untuk tidur, tapi tidak berlaku untuk Andra yang berprofesi sebagai DJ (disk jockey).
  • Nia tidak sengaja tidur di kelas setelah semalam begadang untuk mengerjakan tugas sekolah.

b. Meja : Dalam KBBI, meja berarti perkakas (perabot) rumah yang mempunyai bidang datar sebagai daun mejanya dan berkaki sebagai penyangganya (bermacam-macam bentuk dan gunanya). Berikut contoh kalimat denotasi meja:

  • Bu Ratna membeli meja baru untuk ruang makan rumah barunya.
  • Meja-meja rapuh yang sebelumnya digunakan di kelas kini sudah digantikan meja-meja baru yang jauh lebih kokoh.

c. Mandi : Dalam KBBI, mandi berarti membersihkan tubuh dengan air dan sabun (dengan cara menyiramkan, merendamkan diri dalam air dan sebagainya). berikut contoh kalimat denotasi mandi:

  • Dalam suatu penelitian pernah disebutkan jika sebenarnya seseorang hanya direkomendasikan untuk mandi satu kali sehari.
  • Dahulu tidak ada kekhawatiran saat anak-anak mandi di sungai, tapi sekarang limbah industri sudah mencemari sungai.
  • Nita memilih mandi dengan air hangat untuk merelaksasikan otot-otot setelah seharian bekerja.

Pengertian Kalimat Konotasi

Makna konotasi adalah makna tambahan dari makna dasarnya yang dikembangkan sesuai dengan situasi yang dihadapi sehingga makna tambahan tersebut biasanya berupa nilai rasa yang subjektif dari penggunanya. Hal tersebut menyebabkan makna konotasi suatu kata tidak didasarkan atas kondisi kebenaran.

Kalimat konotasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu makna konotasi positif dan makna konotasi negatif. Konotasi positif adalah suatu kiasan yang mengandung makna baik. Contohnya anak emas (berarti anak kesayangan), ringan tangan (suka menolong) dan lain sebagainya. Sedangkan konotasi negatif adalah suatu kiasan yang mengandung arti yang kurang baik/buruk/negatif. Contohnya kepala batu (berarti sulit diberi pengertian oleh orang lain atau egois), si jago merah (berarti api, atau biasanya digunakan untuk mengungkapkan terjadinya kebakaran), gigit jari (berarti merasakan kekecewaan) dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Konotasi

Berikut beberapa cntoh kalimat konotasi:

  • Lagu ‘Gugur Bunga’ diciptakan untuk menghormati dan mengenang jasa para bunga bangsa yang gugur di medan perang. (bunga bangsa berarti para pahlawan).
  • Lita adalah tangan kanan pimpinan organisasi tersebut, sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. (tangan kanan berarti orang kepercayaan).
  • SMA N menyapu bersih semua medali emas di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun ini. (menyapu bersih berarti memenangkan).
  • Wina berkeringat dingin menunggu giliran wawancara kerjanya siang ini. (berkeringat dingin berarti gugup).
  • Anjing itu tertangkap tangan saat akan memangsa telur-telur ayam milik warga. (tertangkap tangan berarti ketahuan).
  • Hatinya hancur ketika melihat anaknya sakit. (hatinya hancur berarti sangat sedih).
  • Lidia masih dianggap hijau dalam dunia perpolitikan. (hijau berarti belum berpengalaman).
  • Suasana ibukota masih panas pasca bentrokan antara pendemo dengan polisi. (panas artinya tegang).
  • Fassa memantapkan hati berkuliah di Inggris. (memantapkan hati berarti meneguhkan/mengukuhkan, tidak goyah)
  • Sebaiknya masalah ini diselesaikan dengan kepala dingin. (kepala dingin berarti tenang/sabar).

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Kalimat Denotasi dan Kalimat Konotasi Beserta Contohnya Lengkap , semoga  bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa