Pengertian Jaringan Parenkim, Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Jenis Jaringan Parenkim Terlengkap

Posted on

Pengertian Jaringan Parenkim, Sifat, Ciri, Fungsi, Struktur, Bentuk , Letak dan Jenis Jaringan Parenkim (Jaringan Dasar) Beserta Contohnya Terlengkap – Jaringan Parenkim (jaringan dasar atau ground tissue) adalah suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup dengan struktur morfologi dan fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologi. Meskipun struktur morfologi dan fisiologinya bermacam-macam, umumnya parenkim memiliki sifat yang sama.

Sel-sel parenkim adalah sel berdinding tipis yang membentuk bagian dalam banyak struktur tanaman non-kayu termasuk batang, akar, dan daun. Parenkim dikenal untuk membentuk korteks, atau pengisi utama, batang, lapisan dalam sel dalam daun, bahan endosperma yang memberi makan benih tumbuh, dan pulpa buah

Ciri-Ciri Sel Jaringan Parenkim

Adapun sifat atau ciri-ciri jaringan parenkim diantaranya yaitu:

Loading...
  • Sel berbentuk segi enam
  • Memiliki banyak vakuola
  • Selnya hidup, berdinding tipis dan berukuran besar
  • Memiliki ruang antar sel sehingga letaknya tidak terlalu padat
  • Dapat membelah secara meristematik dan secara embrional

Fungsi Jaringan Parenkim

Adapun fungsi jaringan parenkim yaitu:

  • Sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan
  • Sebagai tempat foto sintesis
  • Sebagai penyokong tubuh saat vakuola berisi air

Struktur dan Isi Sel Jaringan Parenkim

Struktur internal jaringan parenkim beragam sesuai dengan fungsinya. Sel parenkim yang berperan dalam fotosintesis, mengandung kloroplas dan membentuk jaringan klorenkim yaitu pada mesofil daun, korteks batang dan empulur. Sel parenkim tersebut dapat berperan menyimpan makanan cadangan berupa

  • Larutan dalam vakuola: gula terlarut dan senyawa N dalam akar Beta vulgaris.
  • Cairan dalam plasma: protein dan minyak dalam endosperm biji Ricinus communis.
  • Kristal: pati dalm endosperm, kotiledon, umbi, buah.

Sel parenkim dapat berfungsi untuk menyimpan air, misalnya pada tumbuhan sekulen. Banyak sel parenkim mengandung tanin dan vakuolanya.

Bentuk dan Susunan Sel Jaringan Parenkim

Pada umumnya, sel parenkim berbentuk isodiametris. Namun terdapat bentuk lain seperti:

a. Perismatis memanjang atau silindris, bentuk ini terdapat pada parenkim palisade mesofil daun dikotil.
b. Bercabang-bercabang, misalnya seperti parenkim bintang/aktinenkim pada mesofil daun Canna sp. dan Juncus sp.
c. Parenkim dengan ruang antar sel yang besar contohnya: parenkim udara atau aerenkim pada alat pengapung tumbuhan air (Eichornia crassiper).
d. Parenkim dengan bentuk tidak teratur dan banyak ruang antar sel, ini terdapat pada mesofil daun (parenkim spons atau parenkim bunga karang).
e. Parenkim dengan dinding yang melekuk-ekuk kearah dalam, berupa parenkim lipatan, misalnya pada daun Pinus merkusi, Oryza.

Letak Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim terletak di hampir semua bagian organ tumbuhan seperti:

  • Batang
  • Akar
  • Empelur Batang
  • Dalam daun (mesofil)
  • Daging buah
  • Endosperma (jaringan sel yang menyimpan cadangan makanan)

Macam-Macam Jaringan Parenkim

Adapun jenis jaringan parenkim yang dibedakan berdasarkan fungsi dan bentuknya.

Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, jaringan parenkim dibedakan menjadi:

Parenkim Asimilasi
Parenkim asimilasi adalah parenkim pembuat zat makanan bagi tumbuhan yang diproses dari fotosintesa pada daun. Biasanya terletak di bagian tepi suatu organ, misalnya pada daun, batang yang berwarna hijau dan juga buah. Di dalam sel parenkim asimilasi ini terdapat kloroplas yang berperan penting sebagai tempat berlangsungnya proses fotosintesis,

Parenkim Penimbun
Parenkim penimbun adalah sel parenkim yang dapat menyimpan cadangan makanan dengan bentuk berbeda seperti larutan di dalam vakuola serta partikel padat atau cairan di dalam sitoplasma. Parenkim ini biasanya terletak di bagian dalam tubuh, seperti pada empulur batang, umbi akar, umbi lapis, akar rimpang (rizoma), atau biji. Di dalam selnya terdapat cadangan makanan berupa gula, tepung, lemak atau protein. Parenkim penimbun berfungsi menyimpan cadangan makanan bagi tumbuhan berupa hasil fotosintesa, seperti protein, amilum, gula tepung, atau lemak.

Parenkim Air
Parenkim air adalah sel parenkim yang dapat menyimpan air. Umumnya parenkim ini terdapat pada tumbuhan yang hidup didaerah kering (xerofit), tumbuhan epifit, dan tumbuhan sukulen. Parenkim air berfungsi sebagai tempat menyimpan air pada tumbuhan xerofit atau epifit (sedikit air) untuk menghadapi kemarau. Parenkimk air ini terdapat pada tumbuhan seperti kaktus dan lidah buaya.

Parenkim Udara
Parenkim udara (aerenkim) adalah jaringan parenkim yang mampu menyimpan udara karena memiliki ruang antar sel yang besar. Aerenkim banyak terdapat pada batang dan daun tumbuhan hidrofit. Parenkim udara dberfungsi menyimpan udara dalam kantung besarnya yang terdiri dari sel gabus dengan rongga yang besar sehingga membantu menjaga kelebihan air pada tumbuhan dengan habitat perairan. Ruang antar selnya besar, sel penyusunnya bulat sebagai alat pengapung di air. Contoh parenkim ini terdapat pada tangkai daun tumbuhan enceng gondok.

Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, jaringan parenkim dibedakan menjadi:

Parenkim Palisade
Parenkim pagar (palisade) adalah parenkim yang merupakan tempat fotosintesis utama dan sel-sel memanjang yang ada di daun tepat di bawah jaringan epidermis karena banyak mengandung klorofil dari pada jaringan lainnya. Bentuk jaringan palisade ini bulat memanjang/lonjong yang berjajar seperti tiang/pagar dan dalam parenkim palisade ini terdapat sel klorofil atau zat hijau daun. Parenkim pagar berfungsi sebagai tempat fotosintetis.

Parenkim Bunga Karang
Parenkim bunga karang (jaringan spons) adalah lapisan sel yang tidak teratur, banyak rongga udara dan berada di bawah lapisan jaringan tiang. Pada bunga karang terdapat klorofil namun dalam jumlah kecil (tidak seperti palisade). Parenkim bunga karang berfungsi sebagai tempat fotosintesis.

Parenkim Bintang
Parenkim bintang memiliki bentuk yang menyerupai bintang karena bersegi lima menjuntai atau lebih.

Parenkim Lipatan
Parenkim lipatan ini terdapat pada pinus dan padi. Parenkim ini memiliki bentuk yang berlipat ke arah dalam serta banyak mengandung kloroplas.

Parenkim Pengangkut
Parenkim pengangkut memiliki sel penyusun berbentuk memanjang menurut arah pengangkutannya. Umumnya jenis parenkim ini terdapat pada batang.

Demikian artikel tentang “Pengertian Jaringan Parenkim, Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Jenis Jaringan Parenkim Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya, sampai jumpa.