Pengertian Konjungsi Subordinatif, Jenis dan Contoh Konjungsi Subordinatif Lengkap

Posted on

Pengertian Konjungsi Subordinatif, Jenis dan Contoh Konjungsi Subordinatif Lengkap – Konjungsi subordinatif adalah kata penghubung yang menghubungkan dua buah frasa, klausa, atau kalimat yang berkedudukan tidak setara atau tidak sederajat. Dengan kata lain, konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menyatukan dua unsur gramatikal sedemikian rupa baik itu kata, frasa, klausa, atau kalimat hingga keduanya menjadi suatu kesatuan yang mengikat.

Jenis-Jenis Konjungsi Subordinatif

Adapun jenis kata hubung atau konjungsi subordinatif, diantaranya yaitu:

a. Konjungsi subordinatif atributif, yaitu konjungsi yang menghubungkan kata atau klausa utama dengan klausa penjelas. Contoh konjungsi subordinatif atribut diantaranya: yang.

Loading...

b. Konjungsi subordinatif tujuan, yaitu konjungsi yang menerangkan adanya hubungan tujuan diantara dua klausa atau kalimat. Contoh konjungsi subordinatif tujuan diantaranya: agar, supaya, dan biar.

c. Konjungsi subordinatif syarat, yaitu konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau kalimat tidak sederajat yang menerangkan adanya hubungan syarat diantara keduanya. Contoh konjungsi subordinatif syarat diantaranya: jika, jikalau, asal(kan), bila, dan manakala.

d. Konjungsi subordinatif waktu, yaitu konjungsi yang menghubungkan dua kalusa atau kalimat tidak sederajat yang menerangkan adanya hubungan waktu diantara keduanya. Konjungsi subordinatif waktu dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Konjungsi subordinatif waktu permulaan, contohnya: sejak dan sedari.
  • Konjungsi subordinatif waktu bersamaan contohnya: serta, (se)waktu, tatkala, ketika, selama, sambil, sementara, selagi, dan seraya.
  • Konjungsi subordinatif waktu berurutan contohnya: sebelum, begitu, sesudah, susai, sehabis, setelah, dan selesai.
  • Konjungsi subordinatif waktu batas akhir contohnya: sampai dan hingga.

e. Konjungsi subordinatif pengandaian, yaitu konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau kalimat yang menerangkan adanya hubungan pengandaian. Contoh konjungsi subordinatif pengandaian antara lain: andaikan, seandainya, umpamanya, dan sekiranya.

f. Konjungsi subordinatif konsesif, yaitu konjungsi yang menyatakan adanya keadaan atau kondisi yang berlawanan diantara dua klausa atau kalimat. Contoh konjungsi subordinatif konsesif, diantaranya: biar(pun), walau(pun), sekalipun, sungguhpun, dan kendati(pun).

g. Konjungsi subordinatif pembandingan, yaitu konjungsi yang menyatakan adanya kesamaan diantara dua klausa atau kalimat. Contoh konjungsi subordinatif perbandingan, diantaranya: seakan-akan, seolah-olah, sebagaimana, seperti, sebagai, laksana, ibarat, dan alih-alih.

h. Konjungsi subordinatif sebab, yaitu konjungsi yang menyatakan adanya hubungan sebab diantara dua klausa atau kalimat. Contoh konjungsi sebab diantaranya: sebab, karena, oleh sebab, dan oleh karena.

i. Konjungsi subordinatif hasil, yaitu konjungsi yang menyatakan bahwa salah satu unsur klausa atau kalimat adalah hasil dari klausa atau kalimat sebelumnya. Contoh konjungsi subordinatif hasil antara lain: sehingga, sampai(-sampai), dan maka(nya).

j. Konjungsi subordinatif alat, yaitu konjungsi yang menyatakan bahwa salah satu klausa atau kalimat merupakan alat dari kegiatan atau aktivitas yang dijelaskan dalam klausa atau kalimat sebelumnya. Contoh konjungsi subordinatif alat diantaranya: dengan (menggunakan) dan tanpa (menggunakan).

k. Konjungsi subordinatif cara, yaitu konjungsi yang menyatakan bahwa suatu klausa atau kalimat merupakan suatu cara dari suatu kegiatan yang dijelaskan dalam klausa atau kalimat sebelumnya. Contoh konjungsi subordinatif cara diantaranya: dengan dan tanpa.

l. Konjungsi subordinatif komplementasi, yaitu konjungsi yang menerangkan bahwa suatu klausa atau kalimat merupakan pelengkap dari klausa atau kalimat sebelumnya. Contoh konjungsi subordinatif komplementasi diantaranya: bahwa.

m. Konjungsi subordinatif perbandingan, yaitu konjungsi yang menyatakan adanya hubungan adanya kesamaan atau perbedaan diantara dua klausa atau kalimat. Contoh konjungsi subordinatif perbandingan diantaranya: sama… dengan, lebih… dari(pada)

Contoh Konjungsi Subordinatif

Berikut beberapa contoh kalimat yang terdapat konjungsi subordinatif didalamnya:

  • Kegiatan ini dilakukan agar lingkungan lebih bersih dan sehat.
  • Aku akan datang tidak jika hujan hari ini.
  • Aku tahu maksudnya sejak pertama kali dia sok baik pada kita.
  • Dia yang harus bertanggung jawab atas permasalahan yang terjadi.
  • Sekiranya aku tidak salah mengambil keputusan, mungkin tidak seperti ini.
  • Proses belajar mengajar tetap berlangsung meskipun hari ini ada rapat.
  • Dia diam saja seakan-akan ini bukan salahnya.
  • Syifa tidak datang karena ia harus membantu ibunya.
  • Daging ayam itu digoreng sampai dagingnya berwarna kecoklatan.
  • Nana mengupas mangga dengan menggunakan pisau yang sangat tajam.
  • Nina membayar uang kuliahnya dengan gaji yang didapat selama bekerja paruh waktu.
  • Aku sekarang tahu bahwa sejak dulu dia sudah pintar berbohong.
  • Aku berharap semoga di semester ini lebih baik daripada semester sebelumnya.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Konjungsi Subordinatif, Jenis dan Contoh Konjungsi Subordinatif Lengkap .  Semoga  bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa