Pengertian Transportasi, Ciri, Unsur, Manfaat, Jenis dan Contoh Transportasi Lengkap

Posted on

Pengertian Transportasi, Ciri, Unsur, Manfaat, Jenis dan Contoh Transportasi Lengkap – Secara etimologi, kata transportasi berasal dari bahasa Latin yaitu transportare, “trans” yang berarti seberang/lokasi/tempat lain dan “portare” yang berarti mengangkut atau membawa. Sedangkan dalam bahasa Inggris “transportation” yang berarti angkutan.

Secara terminologi, pengertian transportasi adalah suatu alat untuk melakukan pekerjaan atau proses pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan suatu alat bantu kendaraan darat, laut (air), maupun udara, baik umum maupun pribadi dengan menggunakan mesin atau tidak menggunakan mesin.

Menurut Wikipedia, pengertian transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin.

Loading...

Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ada 3 (tiga) jenis transportasi yaitu transportasi darat, laut dan udara.

Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli

Munawar (2005:1)

Menurut Munawar, Transportasi adalah kegiatan pemindahan penumpang dan barang dari satu tempat ke tempat lain.

Kamaluddin (2003:13)

Menurut Kamaluddin, Transportasi adalah suatu proses kegiatan yang mengangkut atau membawa suatu dari tempat ke tempat lainnya.

Simbolon (2003:1)

Menurut Simbolon, Transportasi adalah suatu proses pemindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan suatu alat bantu kendaraan.

Miro (2002:4)

Menurut Miro, Transportasi berarti proses pindah, gerak, mengangkut dan mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lain, dimana objek menjadi lebih bermanfaat dan hal ini tidak terlepas dari alat pendukung.

Nasution (1996)

Menurut Nasution, Transportasi adalah pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan.

Soesilo (1999)

Menurut Soesilo, Transportasi adalah pergerakan tingkah laku orang dalam ruang baik dalam membawa dirinya sendiri maupun membawa barang.

Bowersox (1981)

Menurut Bowersox, Transportasi adalah perpindahan barang atau penumpang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana produk dipindahkan ke tempat tujuan dibutuhkan.

Ciri-Ciri Transportasi

Menurut Djoko Setijowarno dan Frazila (2001), ciri-ciri/karakteristik atau kriteria sehingga dikatakan sebagai transportasi yaitu:

  • Kecepatan, artinya menunjukan berapa lama waktu yang diperlukan untuk bergerak antara dua lokasi.
  • Tersedianya pelayanan (availability of service), artinya, transportasi menyangkut akan kemampuan untuk menyelenggarakan hubungan antara dua lokasi.
  • Pengoperasiaan yang diandalkan (dependability of operation), artinya sebagai sesuatu yang menunjukan perbedaan akan terjadi antara kenyataan dan jadwal yang ditentukan.
  • Kemampuan (capability), yaitu bisa menangani segala bentuk dan keperluan akan pengangkutan.
  • Frekuensi, yaitu banyaknya gerakan atau hubungan yang dijadwalkan.

Unsur-Unsur Dasar Transportasi

Terdapat 5 (lima) unsur pokok transportasi yaitu:

  • Manusia, yaitu unsur yang membutuhkan transportasi
  • Barang, yaitu unsur yang diperlukan manusia
  • Kendaraan, yaitu sebagai sarana transportasi
  • Jalan, yaitu sebagai prasarana transportasi
  • Organisasi, yaitu sebagai pengelola transportasi

Manfaat Transportasi

Menurut Soesilo (1999:14), transportasi berperan besar dalam mengatasi permasalahan di kota maupun daerah. Selain itu, manfaat transportasi diantaranya yaitu:

  • Penghematan biaya operasi bagi perusahaan yang menggunakan alat pengangkut.
  • Penghematan waktu bagi penumpang dan barang.
  • Pengurangan jumlah kecelakaan
  • Memberikan dampak terhadap kegiatan ekonomi suatu daerah.

Jenis-Jenis Transportasi

Terdapat 3 (tiga) jenis moda transportasi diantaranya yaitu transportasi darat, transportasi laut/air dan transportasi udara.

Transportasi Darat (Land Transport)

Pengertian transportasi darat adalah transportasi yang digunakan di daratan. Terdapat 2 jenis transportasi darat yaitu transportasi jalan raya (road transport) dan transportasi jalan rel (rail transport).

a. Transportasi Jalan Raya, yaitu suatu alat transportasi yang difungsikan manusia yang terdiri dari binatang, sepeda, sepeda motor, becak, bus, truk, dan kendaraan bermotor lainnya. Jalan yang difungsikan yang terdiri dari jalan setapak, jalan tanah, jalan kerikil dan jalan aspal. Tenaga penggerak yang digunakan adalah tenaga manusia, tenaga binatang, tenaga uap, BBM dan diesel.

b. Transportasi Jalan Rel, yaitu alat angkut yang difungsikan berupa kereta api dengan menggunakan rel baja dan tenaga penggeraknya berupa tenaga uap, diesel, dan tenga listrik.

Contoh transportasi darat diantaranya mobil, bus, motor, angkutan jalan, kereta api, sepeda, becak, bajaj, bemo, helicak,delman,sepeda motor listrik, trem, gerobak sapi atau cikar atau pedati dan lain sebagainya.

Transportasi Air (Water Transport)

Pengertian transportasi air/laut adalah transportasi yang melalui air. Transportasi melalui air ini terdiri dari transportasi air di pedalaman (inland transport) dan transportasi laut (ocean transport).

a. Transportasi Air Pedalaman, yaitu alat angkutan yang difungsikan pada transportasi air pedalaman yang terdiri dari sampan, kano, motor boat dan kapal yang berjalan di sungai, kanal dan danau dengan menggunaan pendayung, layar, tenaga uap, BBM, dan diesel.

b. Transportasi Laut, yaitu suatu transportasi yang menggunakan alat angkutan di dalam transportasi laut diantaranya perahu, kapal api/uap, dan kapal mesin yang dilalui berupa laut, samudera, dan teluk dengan tenaga penggerak yang digunakan berupa tenaga uap, BBM dan diesel.

Contoh transportasi air diantaranya kapal, feri, sampan, kano dan lain sebagainya.

Transportasi Udara (Air Transport)

Pengertian transportasi udara adalah transportasi yang melalui udara. Transportasi udara ini menggunakan pesawat udara dengan segala jenisnya sebagai alat transportasi dengan udara atau ruang angkasa sebagai jalannya sedangkan tenaga penggerak yang digunakan yaitu berupa BBM.

Contoh transportasi udara diantaranya pesawat dan helikopter.

Demikian artikel tentang “Pengertian Transportasi, Ciri, Unsur, Manfaat, Jenis dan Contoh Transportasi Lengkap“, semoga bermanfaat.