Pengertian Jurnal Umum, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Bentuk dan Contoh Jurnal Umum Dalam Akuntansi Terlengkap

Posted on

Pengertian Jurnal Umum, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Bentuk dan Contoh Jurnal Umum Dalam Akuntansi Terlengkap – Jurnal dalam akuntansi dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Jurnal umum adalah tempat mencatat semua aktivitas transaksi keuangan, sedangkan jurnal khusus adalah jural yang hanya untuk mencatat beberapa jenis transaksi tertentu yang berkaitan dengan jurnal khusus tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang jurnal umum, selengkapnya:

Pengertian Jurnal Umum

Jurnal umum adalah buku harian atau formulir khusus yang digunakan untuk mencatat seluruh aktivitas transaksi secara kronologis dan sesuai urutan tanggal. Dengan mencantumkan nama transaksi/kelompok akun dan nominalnya di kolom debet/kredit.

Pengertian jurnal umum adalah catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry) yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun yang di Debet maupun yang di Kredit.

Loading...

Tujuan Jurnal Umum

Adapun tujuan jurnal umum diantaranya yaitu untuk melakukan identifikasi, penilaian dan pencatatan dampak ekonomi dari satu transaksi atau berbagai transaksi dalam perusahaan. Pencatatan tersebut juga bertujuan untuk memudahkan proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaksi.

Fungsi Jurnal Umum

Adapun fungsi jurnal umum, diantaranya yaitu:

a. Fungsi historis, ini berarti bahwa jurnal merupakan kegiatan mencatat semua transaksi keuangan secara kronologis atau berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya.
b. Fungsi mencatat, ini berarti bahwa jurnal merupakan pencatatan yang lengkap terperinci, artinya semua transaksi dengan sumbernya harus dicatat tanpa ada yang ketinggalan.
c. Fungsi analisis, ini berarti bahwa jurnal menganalisis transaksi untuk menentukan akun yang harus di Debet maupun yang di Kredit.
d. Fungsi instruktif, ini berarti bahwa jurnal merupakan perintah memposting dalam buku besar baik yang di Debet maupun yang di Kredit sesuai hasil analisis dalam jurnal.
e. Fungsi informatif, ini berarti bahwa jurnal memberikan keterangan kegiatan perusahaan secara jelas.

Manfaat Jurnal Umum

Adapun manfaat jurnal umum, yaitu:

  • Guna mengetahui timbulnya pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan.
  • Untuk mengetahui jumlah yang akan dicacar pada satu atau lebih perkiraan.
  • Untuk mengetahui jumlah atau nominal yang didebet atau dikredit harus seimbang.
  • Dibuat tanda (referensi) agar bisa diketahui jumlah yang telah di posting ke perkiraan yang tepat di buku besar sesuai perkiraan.
  • Dibuat referensi (tanda) agar diketahui jumlah telah dilakukan posting ke perkiraan yang tepat di buku besar sesuai nomor perkiraan.

Prinsip Dasar Jurnal Umum

Adapun prinsip dasar pembuatanĀ  jurnal umum yaitu:

  • Melakukan identifikasi bukti transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Contohnya seperti kuitasi, nota, faktur, memo dan lain sebagainya.
  • Memilih akun yang terpengaruh dengan transaksi yang terjadi dan membaginya dalam jenis mode hutang atau harta.
  • Memilih penambahan dan pengurangan atas akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan.
  • Memilih debit atau kredit akun yang terkait dengan transaksi yang dilakukan.
  • Mencatat transaksi ke dalam jurnal umum sesuai dengan bukti transaksi.

Bentuk Jurnal Umum


Keterangan:
No. 1 diisi tanggal, bulan dan tahun kejadian transaksi. Penulisan bulan dan tanggal cukup satu kali saja setiap halaman judul, kecuali ada pergantian bulan atau tahun.
No. 2 diisi nomor bukti dokumen transaksi.
No. 3 diisi akun yang terkait dengan transaksi yang terjadi, yang akan didebetkan atau dikreditkan.
No. 4 diisi kode akun yang angkanya telah tertera dibuku besar
No. 5 diisi nilai nominal akun yang didebet.
No. 6 diisi nilai nominal akun yang dikredit.
No. 7 disi keterangan singkat transaksi (optional)

Saat proses pencatatan sudah selesai, lalu proses pencatatan selanjutnya yaitu pemindahan masing-masing akun ke buku besar.

Contoh Jurnal Umum

Berikut contoh jurnal umum singkat.

PT. Maju Sejahtera, melakukan transaksi pada bulan Januari 2018, diantaranya:

Tanggal 1: Pembelian peralatan kantor tunai sebesar Rp. 3.500.000
Tanggal 3: Pembayaran sewa gedung tunai sebesar Rp. 250.000

Demikian artikel tentang “Pengertian Jurnal Umum, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Bentuk dan Contoh Jurnal Umum Dalam Akuntansi Terlengkap“, semoga bermanfaat.