Pengertian Kecerdasan Buatan, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) Lengkap

Posted on

Pengertian Kecerdasan Buatan, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)  Menurut Para Ahi Lengkap – Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yaitu kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah.

Kecerdasan buatan adalah kawasan penelitian aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang merupakan dalam pandangan manusia adalah cerdas. Kecerdasan buatan dapat pula diartikan sebagai sesuatu sistem yang dibuat oleh manusia yang sifatnya juga dapat berfikir dan bertindak seperti manusia.

Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

H. A Simon

Menurut H. A Simon, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) adalah sebuah study tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Loading...

Rich Dan Knight

Menurut Rich Dan Knight, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin “komputer” dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik dari pada yang dilakukan oleh manusia.

John McCarthy (1956)

Menurut John McCarthy, Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah Memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar menirukan perilaku manusia.

H. A. Simon (1987)

Menurut H. A. Simon, Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) adalah sebuah tempat sebuah penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas.

Encyclopedia Britannica

Menurut Encyclopedia Britannica, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) adalah cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Tujuan Kecerdasan Buatan

Adapun tujuan kecerdasan buatan, diantaranya yaitu:

a. Dapat membantu pekerjaan manusia salah satu contoh program atau sistem buatan manusia ialah robot yang sudah ada di super market yang bisa bicara dan memberikan pelayanan layaknya seperti manusia.

b. Membuat mesin menjadi lebih pintar, salah satu contoh komputer dulunya hanya bisa mengetik saja, tapi seiring perkembangan zaman maka komputer juga bisa digunakan untuk chatting, bermain game dan yang lainnya.

c. Membantu memecahkan masalah, salah satu contoh komputer memiliki program kalkulator yang dimana didalamnya bisa memecahkan masalah perhitungan mulai dari hitungan biasa sampai hitungan logika, sehingga dalam tahap ini kecerdasan buatan dapat bermanfaat sekali bagi semua orang.

Menurut Winston dan Prendergast (1984), tujuan kecerdasan buatan, diantaranya yaitu:

  • Membuat mesin menjadi lebih pintar
  • Memahami apa itu kecerdasan
  • Membuat mesin lebih bermanfaat

Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)

Kelebihan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
Ada kelebihan AI, diantaranya yaitu:

  • AI bersifat netral tanpa pandang bulu, maksudnya dimana mengambil keputusan tersebut lebih nyata dan benar, berbeda seperti manusia yang masih memiliki berbagai pertimbangan.
  • Kecerdasan buatan bersifat permanen maksudnya tidak bisa diubah kembali, tapi bisa digunakan berulang-ulang.

Kerugian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence)
Adapun kerugian AI diantaranya yaitu:

  • Menurunkan kinerja manusia dalam berbagai pekerjaan, karena sudah terganti oleh kecerdasan buatan.
  • Kemampuan kecerdasan buatan terbatas, maksudnya sistem tersebut terbatas bisa melakukan hal tertentu, tidak bisa melakukan hal yang lebih seperti manusia.

Demikian artikel tentang “Pengertian Kecerdasan Buatan, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegence) Lengkap“, semoga bermanfaat.