Pengertian Akuntansi Anggaran, Tujuan dan Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting) Terlengkap

Posted on

Pengertian Akuntansi Anggaran, Tujuan dan Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting) Terlengkap – Anggaran (Budget) adalah sejumlah uang yang dihabiskan dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program. Tidak ada perusahaan yang memiliki anggaran yang tidak terbatas, sehingga proses penyusunan anggaran penting dilakukan dalam proses perencanan.

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

Munandar (2001:11)
Menurut Munandar, Anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit atau kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu yang akan datang.

Welsch (2000:5)
Menurut Welsch, Anggaran adalah perencanaan untuk pengendalian laba menyeluruh dapat didefenisikan secara luas sebagai suatu anggaran sistematis dan formal untuk perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian tanggung jawab manajemen.

Loading...

Nafarin (2000:11)
Menurut Nafarin, Anggaran adalah rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang maupun jasa.

Sofyan (1996:14)
Menurut Sofyan, Anggaran adalah suatu pendekatan yang sistematis dan formal untuk tercapainya pelaksanaan fungsi perencanaan sebagai alat membantu pelaksanaan tanggung jawab manajemen.

Berbicara tentang anggaran kali ini, kita akan membahas tentang akuntansi anggaran mulai dari pengertian, tujuan dan tugas akuntansi anggaran lengkap.

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting) adalah bidang akuntansi yang bertujuan menyusun perencanaan keuangan untuk periode dimasa mendatang dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang ditetapkan.

Akuntansi anggaran (Budgetary Accounting) adalah suatu teknik akuntansi yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dan yang terdapat pada setiap anggaran mulai dari anggaran yang disahkan, anggaran yang dialokasikan hingga anggaran yag dilaksanakan sampai penutupan buku anggaran akhir tahun.

Setiap perusahaan, instansi, ataupun organisasi lain yang menggunakan dana atau anggaran didalamnya, teknik akuntansi ini sangatlah penting digunakan untuk memanajemen anggaran yang ada. Jika tidak dilakukan pembukuan yang tepat, maka kemungkinan terjadinya over budget atau kelebihan dana yang tak terduga sangat besar.

Pengertian akuntansi anggaran yang lain yaitu, Akuntansi anggaran adalah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang kemudian bertujuan membandingkan dengan pengeluaran yang sebenarnya (aktual). Akuntansi anggaran akan menguraikan aktivitas keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dijalankan melalui sistem analisa dan pengawasan. Akuntansi anggaran ini merupakan bagian dari akuntansi manajemen.

Dalam penerapannya pada perusahaan, akuntansi anggaran ini merupakan teknik akuntansi yang berperan untuk mencatat setiap peristiwa transaksi yang terjadi dan terdapat pada setiap anggaran yaitu mulai sejak pengesahan anggaran, dialokasikan ataupun yang dilaksanakan hingga saat penutupan buku anggaran akhir periode.

Tujuan dan Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Tujuan dilakukan akuntansi anggaran yaitu untuk mencegah terjadinya kelebihan dana yang terduga atau over budget. Dampak atau efek dari over budget tersebut yaitu neraca yang tidak seimbang akibat pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Jika hal tersebut terjadi maka dikhawatirkan perusahaan akan mengalami kebangkrutan.

Selain itu, data yang dihasilkan dari pembukuan akuntansi anggaran yang tepat bisa digunakan sebagai dasar atau acuan untuk membantu perusahaan dalam merencanakan dan mengestimasi anggaran untuk periode bulan atau tahun berikutnya.

Sedangkan tugas akuntansi anggaran yaitu menguraikan keuangan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dengan berdasarkan sistem pengawasan dan analisa. Akuntansi anggaran ini dapat disebut sebagai bagian dari akuntansi manajemen.

Demikian artikel tentang”Pengertian Akuntansi Anggaran, Tujuan dan Tugas Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting) Terlengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.