Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) Terlengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) Terlengkap – Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) adalah kelompok tumbuhan berbiji yang bijinya tidak terlindung dalam bakal buah (ovarium).

Istilah gymnospermae sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu gymno yang berarti terbuka atau telanjang dan spermae yang berarti biji. Penamaan gymnospermae tersebut dikarenakan penampakan biji pada kelompok ini yang terbuka dikarenakan gymnospermae tidak memiliki ovarium yang merupakan tempat perkembangan biji. Organ reproduksi tumbuhan berbiji terbuka merupakan strobilus yang terbentuk dari daun yang khusus untuk menghasilkan sel gamet (sporofil).

Ciri-Ciri Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)

Adapun ciri-ciri tumbuhan berbiji terbuka yaitu:

Loading...

Tidak memiliki ovarium
Tidak seperti tumbuhan berbiji tertutup yang memiliki ovarium yang berfungsi sebagai tempat perkembangan biji, pada kelompok gymnospermae biji langsung berkembang pada bakal biji yang disebut dengan nusellus.

Tidak memiliki bunga, melainkan strobilus atau konus
Organ reproduksi gymnospermae yaitu daun yang terspesialisasi menjadi penghasil gamet (sporofil) membentuk strobilus atau konus. Gymnospermae tidak memiliki bunga sejati seperti pada angiospermae. Sel gamet jantan (mikrospora) dan sel gamet betina (megaspora) dihasilkan melalui strobilus atau konus. Pada gymnospermae, sporofil hanya akan menghasilkan satu jenis sel gamet. Untuk itu, terdapat sporofil jantan dan sporofil betina baik dalam satu pohon (monocious) atau terpisah (dioceous).

Pembuahan tunggal
Pembuahan pada kelompok gymnospermae disebut pembuahan tunggal karena hanya terjadi peleburan inti sperma dan inti ovum yang membentuk embrio (2n). Sementara endosperm (cadangan makanan) embrio berkembang dari jaringan gametofit betina yang tidak dibuahi (n).

Memiliki kambium
Tumbuhan berbiji terbuka memiliki jaringan kambium sebagai meristem sekunder. Sehingga, tuumbuhan berbiji terbuka mengalami pertumbuhan sekunder yaitu penambahan diameter batang.

Berakar Tunggang
Akar gymnospermae juga berkambium, sehingga akan terbentuk akar-akar lateral yang memiliki diameter besar untuk menunjang tegaknya tumbuhan gymnospermae.

Habitus: Semak, Perdu, Pohon
Penampakan atau habitus tumbuhan berbiji terbuka beragam mulai dari tumbuhan semak, perdu, hingga pohon yang menjulang tinggi menuju langit.

Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)

Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) diklasifikasikan menjadi menjadi empat kelas yaitu:

Cycadinae

Ciri-ciri tumbuhan dari kelas ini yaitu memiliki habitus seperti pohon palem tumbuhan angiospermae, berbatang berkayu, percabangan batang ialah roset, dan memiliki daun menyirip. Tergolong ke dalam tumbuhan dieoceous. Contoh tumbuhan dari kelas ini yaitu Cycas rumphii (pakis haji atau akar bunga karang).

Gnetinae

Ciri-ciri tumbuhan dari kelas Gnetinae memiliki habitus berupa semak, perdu, atau pohon. Batang berkayu dan merupakan tumbuhan dieoceous (tumbuhan berumah dua). Contoh tumbuhan dari kelas ini seperti Gnetum gnemon (melinjo/ tangkil).

Ginkgotinae

Ciri-ciri tumbuhan dari kelas ini yaitu memiliki habitus berupa semak, batang dan akar berkayu (berkambium) dan memiliki daun berbentuk seperti kipas berwarna keemasan. Contoh tumbuhan dari kelas ini yaitu Ginkgo biloba (merupakan tanaman asli tiongkok yang dimanfaatkan sebagai bahan obat) yang merupakan satu-satunya spesies Ginkgo yang tersisa.

Coniferae

Kelompok coniferae disebut juga dengan tumbuhan konifer yaitu kelompok tumbuhan yang memiliki organ reproduksi berupa konus (coniferae=conus (kerucut) dan ferre (membawa)) yakni organ reproduksi yang memiliki bentuk seperti sisik. Tumbuhan konifer disebut juga dengan tumbuhan evergreen atau tumbuhan yang selalu hijau. Contoh tumbuhan konifer diantaranya seperti pinus (Pinus merkusi), cemara (Araucaria sp.), damar (Agathis alba).

Demikian artikel tentang “Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Contoh Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) Terlengkap“, semoga bermanfaat.