Pengertian Customer Service, Fungsi, Tugas, Etika dan Syarat Customer Service Lengkap

Posted on

Pengertian Customer Service, Fungsi, Tugas, Etika dan Syarat Customer Service Lengkap – Customer service (CS) adalah setiap kegiatan yang ditujukan untuk memberikan kepuasan melalui pelayanan yang diberikan seseorang kepada kliennya dalam menyelesaikan masalah. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.

Pengertian customer service atau pelayanan pelanggan adalah setiap kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atas pelayanan yang diberikan (customer satisfaction) sehingga kebutuhan pelanggan bisa terpenuhi. Seorang customer service diharapkan bisa memberikan pelayanan yang cepat, akurat, baik dan ramah terhadap pelanggan.

Seorang customer service memegang peran penting dalam perusahaan, selain memberikan pelayanan, seorang customer service berfungsi membina hubungan dengan masyarakat (public relation). Selain itu, seorang customer service harus memiliki kemampuan dan etika pelayanan yang berfungsi untuk mempertahankan pelanggan lama untuk terus menggunakan produk di perusahaan dan menarik calon pelanggan baru untuk membeli produk yang ditawarkan.

Loading...

Pengertian Customer Service Menurut Para Ahli

Kasmir (2005)

Menurut Kasmir, pengertian customer service adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan kepada nasabah, melalui pelayanan yang dapat memenuhi kegiatan dan kebutuhan nasabah.

Moenir (2008)

Menurut Moenir, pengertian customer service adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang berlandaskan faktor materialnya melalui sistem, prosedur, dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai hak-haknya.

Fungsi Customer Service (CS)

Adapun fungsi customer service yaitu:

Resepsionis. Sebagai resepsionis, seorang customer service berfungsi sebagai penerima tamu (siapa saja seperti pelanggan, supplier atau pihak lain yang berkepentingan terhadap perusahaan). Dalam hal ini customer service harus bersikap ramah, sopan dan menyenangkan.

Deskman. Sebagai deksman, customer service berfungsi sebagai orang yang melayani berbagai permohonan yang diajukan pelanggan atau calon pelanggan mulai dari pengisian formulir hingga kelengkapan data yang dibutuhkan.

Salesman. Sebagai salesman, customer service berfungsi menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan produk agar pelanggan atau calon pelanggan tertarik membelinya.

Customer Relation Officer. Sebagai customer relation officer, customer service berfungsi membina hubungan baik dengan pelanggan termasuk membujuk pelanggan untuk bertahan dan tidak lari dari perusahaan bersangkutan jika menghadapi masalah.

Komunikator. Sebagai komunikator, costomer service berfungsi menghubungi pelanggan dan memberikan informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dan pelanggan.

Tugas Customer Service

Menurut Kasmir (2005), tugas customer service yaitu:

Receptionis. Artinya customer service sebagai penerima tamu atau nasabah yang datang ke perusahaan dengan ramah, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan. Dalam hal ini customer service harus bersikap memberi perhatian, berbicara dengan suara lembut dan jelas dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Deskmen. Artinya customer service sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan pelanggan atau calon pelanggan. Untuk memberikan informasi mengenai produk, manfaat, lalu menjawab pertanyaan mengenai produk baru serta membantu pelanggan mengisi formulir aplikasinya.

Salesman. Artinya, customer service sebagai orang yang menjual produk sekaligus mengadakan pendekatan dan mencari pelanggan.

Customer service relation officer. Artinya customer service merupakan orang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh pelanggan.

Comunikator. Artinya customer service sebagai orang yang menghubungi pelanggan dan memberikan informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan antara perusahaan.

Etika Customer Service

Menurut Tjiptono (2006), etika dasar yang harus dimiliki customer service dalam melayani pelanggan diantaranya yaitu:

  • Mengenal nasabah atau pelanggan dengan baik.
  • Mengetahui atau memahami kemauan nasabah/pelanggan.
  • Menginformasikan produk-produk perusahaan/bank.
  • Melayani sampai tuntas dengan prinsip kepuasan pelanggan/nasabah nomor satu.
  • Menjamin rahasia nasabah/pelanggan.
  • Melayani pelanggan dengan ceria dan senyum.
  • Tidak berprasangka negatif pada pelanggan/nasabah.
  • Menerima keluhan nasabah/pelanggan.
  • Mengucapkan terima kasih.

Syarat Customer Service

Syarat umum yang harus dimiliki atau dipenuhi seorang customer service diantaranya yaitu:

a. Syarat Fisik, diantaranya yaitu:

  • Menarik baik dari segi wajah dan penampilan.
  • Memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional.
  • Memiliki kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

b. Syarat Mental, customer service harus memiliki mental yang kuat dalam melayani klien, karena akan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, bisa memberikan keyakinan dan menimbulkan sifat kejujuran maupun tanggung jawab yang besar terhadap apa saja yang dilakukannya.

c. Syarat Kepribadian, diantaranya yaitu:

  • Energik dan gesit.
  • Memiliki rasa humor dan selalu ingin maju.
  • Mampu mengendalikan diri sendiri.
  • Tidak mudah marah atau tempramental.
  • Tidak terpancing untuk berkata-kata maupun berbuat kasar.

d. Syarat Sosial, diantaranya yaitu:

  • Memiliki jiwa sosial yang tinggi.
  • Bijaksana.
  • Memiliki budi pekerti yang tinggi.
  • Pandai bergaul dan bersosialisasi dengan siapapun.
  • Dapat bekerjasama dan berkomitmen dengan berbagai macam pihak.

Demikian penjelasan tentang “Pengertian Customer Service, Fungsi, Tugas, Etika dan Syarat Customer Service Lengkap”¬†¬†Semoga bermanfaat.