Pengertian Dropship, Sistem Kerja, Kelebihan dan Kelemahan Dropship Lengkap

Posted on

Pengertian Dropship, Sistem Kerja, Kelebihan dan Kelemahan Dropship Lengkap – Dropship adalah suatu sistem pemasaran dimana penjual yang tidak menyimpan barang ingin dijualnya, tapi penjual akan meneruskan barang yang sudah dipesan ke distributor atau supplier. Setelah itu, suplier akan menerunskan atau mengirimkan barang yang sudah dipesan dengan nama penjual sehingga seakan-akan penjual yang mempunyai toko pribadi dan memiliki stok barang yang lengkap.

Dengan cara dropship ini, penjual akan memperoleh keuntungan jika menjadi seorang droshiper suatu barang. Dengan sistem dropship ini seseorang bisa mengembangkan jaringan atau pasar yang jauh lebih luas.

Pengertian Dropship adalah sistem bisnis online yang mana orang yang sebagai penjual meminta kepada distributor atau supplier untuk mengirimkan barang yang dipesan konsumen secara langsung.

Loading...

Sistem Kerja Dropship

Cara kerja droship tidak membutuhkan modal dalam menjalankannya. Orang yang bertindak sebagai droshiper hanya perlu memajang dan mempromosikan foto-foto yang diberikan dari supplier atau distributor kepada para konsumen.

Pada saat konsumen ada yang ingin membelinya, droshiper memberitahukan kepada supplier atau distributor untuk mengirimkan langsung barang yang dipesan konsumen secara langsung bahkan menggunakan nama toko online (online shop) sendiri.

Itulah cara kerja menjadi dropshiper, yaitu orang yang menjalankan bisnis online droship. Sederhananya, orang yang bertindak sebagai dropshiper hanya cukup mengupload foto di media sosial atau blog, awau website lalu mempromosikan pada channel tersebut. Lalu saat ada yang hendak membeli, dropshiper melanjutkan ke supplier atau bertanya terlebih dahulu apakah barang yang ingin dibeli konsumen stoknya masih ada atau sudah habis.

Ketika barang ada di supplier, maka supplier akan mengkonfirmasikan ke dropshiper dan dropshiper bisa langsung meminta supplier untuk mengirimkan ke alamat pembeli dan secara langsung akan diberi nama sesuai dengan nama toko online si dropshiper.

Kelebihan dan Kelemahan Dropship

Keuntungan Dropship

Adapun keuntungan atau kelebihan sistem pemasaran online sistem dropship, diantaranya yaitu

  • Nyaris tidak membutuhkan modal (modalnya paket internet dan siap menerima keluhan atau pertanyaan dari pembeli)
  • Tidak perlu melakukan stok barang karena barang sudah di stok oleh supplier atau distributor
  • Tidak memerlukan tempat atau toko saat berjualan. Karena kita hanya membutuhkan smartphone atau laptop untuk bisa berjualan.
  • Nama toko bisa dikenal orang banyak walaupun tidak ada toko fisiknya.
  • Bisa menentukan harga sendiri
  • Tidak perlu barang tidak habis terjual atau tidak laku
  • Dapat menjual produk tanpa memikirkan menggaji karyawan, produksi barang atau produk,
  • Dapat berjualan tanpa memiliki produk atau barang

Kelemahan Drophip

Adapun kelemahan atau kekurangan dropship diantaranya yaitu:

  • Harus berhati-hati dalam memilih supplier atau distributor yang jujur
  • Pilih supplier yang bisa dipercaya dan memastikan supplier mengirimkan barang atau produk kepada pembeli.
  • Harus mengecek atau wajib memastikan telah menerima uang dari pembeli karena tidak boleh mengirimkan barang tanpa menerima uang pembelian.
  • Pastikan tidak atau jangan sampai terkena penipuan secara online.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Dropship, Sistem Kerja, Kelebihan dan Kelemahan Dropship Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat.