Pengertian Persepsi, Proses, Jenis dan Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Persepsi, Proses, Jenis dan Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Menurut Para Ahli Lengkap – Persepsi adalah suatu proses yang didahului oleh penginderaan, yaitu suatu proses yang diterima individu melalui alat reseptor berupa alat indera. Proses penginderaan tersebut tidak terlepas dari proses persepsi. Alat indera merupakan penghubung antara individu dengan dunia eksternal.

Persepsi adalah tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensoris guna memeberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan.

Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli

Robbins, S.P. (2003:88)

Menurut Robbins, S.P., Mendeskripsikan persepsi dalam kaitannya dengan lingkungan, yaitu sebagai proses dimana individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesan indera mereka agar memberi makna pada lingkungan mereka.

Loading...

Triato Dan Titik Triwulan, T. (2006:53)

Menurut Triato Dan Titik Triwulan, T., Persepsi adalah suatu proses pengenalan atau identifikasi sesuatu dengan menggunakan panca indera. Kesan yang diterima individu sangat tergantung pada seluruh pengalaman yang telah diperoleh melalui proses berpikir dan belajar, serta dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri individu.

Kotler (2004:193)

Menurut Kotler, Persepsi adalah suatu proses dimana seseorang bisa memilih, mengatur dan mengartikan informasi menjadi suatu gambar yang sangat berarti di dunia.

Kreitner Dan Kinicki (2005:208)

Menurut Kreitner Dan Kinicki, Persepsi adalah proses kognitif yang memungkinkan kita dapat menafsirkan dan memahami lingkungan sekitar kita.

Khairani (2012:62)

Menurut Khairani, Persepsi adalah suatu proses yang didahului stimulus yang diterima oleh individu melalui alat reseptor yaitu indera. Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Proses Terjadinya Persepsi

Menurut Hamka proses terjadinya persepsi melalui tahap-tahap berikut ini:

  • Tahap pertama yaitu tahap yang dikenal dengan nama proses kealaman atau proses fisik yaitu proses ditangkapnya suatu stimulus “objek” oleh panca indera.
  • Tahap kedua yaitu tahap yang dikenal dengan proses fisiologis yaitu proses diteruskannya stimulus atau objek yang telah diterima alat indera melalui syaraf sensoris ke otak.
  • Tahap ketiga yaitu proses yang dikenal dengan nama proses psikologis yaitu proses dalam otak, sehingga individu mengerti, menyadari, menafsirkan dan menilai objek tersebut.
  • Tahap keempat yaitu hasil yang diperoleh dari proses persepsi yaitu berupa tanggapan, gambaran atau kesan.

Jenis-Jenis Persepsi

Persepsi dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan proses pemahaman terhadap rangsangan yang diperoleh indera Manusia, diantaranya yaitu

  • Persepsi visual , yaitu persepsi yang didapatkan dari indera penglihatan.
  • Persepsi auditori, yaitu persepsi yang biasanya paling sering dibicarakan.
  • Persepsi perabaan, yaitu persepsi yang didapatkan dari indera peraba atau kulit.
  • Persepsi penciuman, yaitu persepsi yang didapatkan dari indera penciuman atau hidung.
  • Persepsi rasa, yaitu persepsi yang didapat dari indera perasa atau pengecap yaitu lidah.

Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi

Terdapat 2 faktor yang mempengaruhi persepsi yaitu:

Faktor Internal
Individu sebagai faktor internal saling berinteraksi dalam individu mengadakan persepsi. Mengenai keadaan individu yang bisa mempengaruhi hasil persepsi datang dari dua sumber yaitu berhubungan dengan segiĀ fisiologisĀ  dan segi psikologis.

Jika sistem fisiologis terganggu, hal tersebut akan berpengaruh dalam persepsi seseorang. Sedangkan segi psikologis diantaranya mengenai pengalaman, perasaan, kemampuan berpikir, kerangka acuan dan motivasi akan berpengaruh pada seseorang dalam mengadakan persepsi.

Faktor Eksternal
Adapun faktor eksternal dari persepsi yaitu

a. Stimulus
Agar stimulus dapat dipersepsi, maka stimulus harus cukup kuat. Kejelasan stimulus akan banyak berpengaruh dalam persepsi. Stimulus yang kurang jelas akan berpengaruh dalam ketepatan persepsi. Jika stimulus berwujud benda bukan manusia, maka ketepatan persepsi lebih terletak pada individu yang mengadakan persepsi, karena benda yang dipersepsi tersebut tidak ada usaha untuk mempengaruhi yang mempersepsi.

b. Lingkungan Atau Situasi
Lingkungan atau situasi khususnya yang melatarbelakangi stimulus akan berpengaruh dalam persepsi jika obyek persepsi adalah manusia. Obyek dan lingkungan yang melatarbelakangi obyek adalah kesatuan yang sulit dipisahkan. Obyek yang sama dengan situasi sosial yang berbeda bisa menghasilkan persepsi yang berbeda.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Persepsi, Proses, Jenis dan Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Menurut Para Ahli Lengkap semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.