Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur dan Langkah-Langkah Debat Aktif Lengkap

Posted on

Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur dan Langkah-Langkah Debat Aktif Lengkap – Debat adalah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih baik itu perorangan ataupum kelompok dalam mendiskusikan dan memutusakan masalah dan perbedaan. Menurut Hendri Guntur Tarigan, Debat adalah saling adu argumentasi antar pribadi atau antar kelompok manusia dengan tujuan mencapai kemenangan satu pihak.

Pengertian debat aktif adalah suatu bentuk retorika atau argumen baik lisan maupun tulisan antara dua orang atau kelompok yang berbeda pendapat, dengan cara saling menyerang atau mempengaruhi agar mau melaksanakan, bertindak, mengikuti atau sedikitnya memiliki kecenderungan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pembicara atau penulis. Kelebihan metode debat yaitu mampu membangkitkan keberanian mental dalam berbicara dan bertanggung jawab atas pengetahuan yang dikuasai.

Tujuan Debat Aktif

Tujuan metode debat aktif yaitu untuk melatih seseorang atau peserta duduk agar mencari argumentasi yang kuat dalam memecahkan suatu masalah yang kontroversial serta memiliki sikap demokratis dan saling menghormati terhadap perbedaan pendapat.

Loading...

Selain itu, tujuan dilakukan metode debat aktif di kelas yaitu untuk melatih peserta didik berpikir kritis, melatih peserta didik untuk mengemukakan pendapat secara baik dan benar, melatih peserta didik untuk memahami alur pikir orang lain yang berseberangan dengannya, serta melatih peserta didik untuk menumbuhkan ide atau gagasan baru dari hasil kajiannya.

Manfaat Debat Aktif

Menurut Hall (2011:5), manfaat debat aktif yaitu:

  • Merangsang kemampuan berpikir kritis melalui berbagai cara.
  • Merangsang penelitian terhadap topik kontroversial.
  • Menyimak dan mencari tahu sisi positif dan negatif dari suatu isu.
  • Belajar berpikir sistematis dan analitis.
  • Belajar mengkomunikasikan hasil pemikiran pada orang lain.

Unsur-Unsur Debat Aktif

Menurut Arifin (2007:45), terdapat beberapa unsur debat aktif diantaranya yaitu:

Tema
Tema adalah masalah atau persoalan yang akan dibahas dan dikembangkan dalam debat. Tema debat ini sebaiknya ditentukan dan dipublikasikan terlebih dahulu sebelum debat dilakukan.

Moderator
Moderator adalah orang yang memimpin jalannya debat. Sebagai pemimpin debat, moderator bertindak memandu, menengahi atau semacam mewasiti pembicaraan dalam debat.

Peserta
Peserta adalah orang yang mengambil peran dan terlibat langsung untuk menyumbangkan gagasan dalam debat. Peserta debat bisa terdiri dari perorangan atau kelompok yang besebrangan yaitu pihak yang mendukung dan yang menyangkal.

Pendengar
Pendengar harus bisa mengembangkan dirinya agar menjadi pendengar yang baik, biasanya pendengar akan diminta menyampaikan opini pada hasil debat.

Waktu
Pihak penyelenggara harus merancang alokasi waktu debat sesuai dengan kebutuhan, para peserta harus diberi kesempatan secukupnya untuk memaparkan usul mereka secara jelas. Hendaknya penjabaran alokasi waktu dijabarkan kepada peserta debat terlebih dahulu sebelum debat dimulai.

Langkah-Langkah Debat Aktif

Menurut Silberman (2014:141), langkah-langkah debat aktif diantaranya yaitu:

  • Menyusun pernyataan yang berisi pendapat mengenai isu kontroversial yang terkait dengan mata pelajaran.
  • Mengelompokkan siswa ke dalam kelompok pro dan kontra dengan jumlah sama banyak.
  • Membuat dua sampai empat sub kelompok dalam masing-masing kelompok pro dan kontra. Pada setiap sub kelompok terdiri dari siswa yang memiliki prestasi sangat baik hingga kurang baik. Dengan kata lain, sub kelompok dibuat heterogen.
  • Meminta tiap sub kelompok menyusun daftar argumen atau pendapat yang akan disampaikan pada saat debat aktif berlangsung.
  • Debat aktif dimulai dengan meminta perwakilan setiap sub kelompok menyampaikan argumen pembuka.
  • Meminta tiap sub kelompok memberikan argumen tandingan terhadap argumen kelompok lawan.
  • Penyampaian argumen tandingan dilakukan secara bergiliran sesuai panduan guru. Siswa diminta memberikan tepuk tangan pada sub kelompok yang telah menyampaikan argumen tandingan.
  • Jika sudah cukup, maka kegiatan debat aktif bisa dihentikan. Siswa diminta duduk melingkar dan duduk bersebelahan dengan siswa yang berasal dari pihak lawan debatnya. Siswa dan guru mendiskusikan kembali persoalan yang diperdebatkan serta meminta siswa mengenali argumen terbaik yang dikemukakan kedua belah pihak.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Debat Aktif, Tujuan, Manfaat, Unsur dan Langkah-Langkah Debat Aktif Lengkap .  Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.