Pengertian Autobiografi, Ciri, Tujuan dan Contoh Autobiografi Lengkap

Posted on

Pengertian Autobiografi, Ciri, Tujuan dan Contoh Autobiografi Lengkap – Autobiografi atau otobiografi adalah biografi yang ditulis oleh subjeknya atau  dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai “sebagaimana diceritakan” atau “dengan”. Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup dan γράφειν-graphein yang berarti menulis.

Pengarang auto biografi biasanya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumen, sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar, dan kadang-kadang agak sukar membedakan keduanya.

Secara singkat, pengertian autobiografi adalah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai keadaannya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri (sudut pandang orang pertama).

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang melewati masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa mencapai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.

Ciri-Ciri Autobiografi

Adapun ciri-ciri autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Autobiografi adalah sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri.
  • Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan.
  • Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik.
  • Autobiografi biasaya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

Tujuan Autobiografi

Adapun tujuan penulisan autobiografi, diantaranya yaitu:

  • Memperkenalkan diri sendiri secara lebih detail pada orang lain.
  • Memberikan gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang digeluti sekarang ini, baik itu dalam karir, bisnis, politik ataupun bidang lainnya.
  • Bahan pencitraan seseorang

Perbedaan Autobiografi dan Biografi

Adapun perbedaan autobiografi dan biografi, diantaranya yaitu:

  • Autobiografi adalah sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh itu sendiri. Sedangkan Biografi ditulis oleh orang lain.
  • Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan. Sedangkan subjek biografi yaitu tokoh terkenal dengan banyak jasa, karya maupun pemikiran yang bermanfaat bagi orang lain.
  • Autobiografi seringkali hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan seorang tokoh politik. Sedangkan, biografi biasanya dibuat dengan mengandalkan literatur, dokumen penting, atau bahkan narasumber, sebagai saksi dalam mengungkapkan peristiwa, dan fakta yang terjadi, di dalam perjalanan hidup (biografi) tersebut.
  • Autobiografi biasanya ditulis, agar masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama ia hidup, sehingga bisa diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya. Sedangkan, biografi biasanya berisikan informasi yang mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri teladan bagi yang membacanya

Contoh Autobiografi

Berikut contoh autobiografi, diantaranya:

Namaku Muhammad Mulkan Fauzi atau biasa dipanggil Mulkan oleh orang-orang disekitarku. Aku memiliki hobi membaca buku dan bermain futsal dan lahir di kota Semarang pada tanggal 30 Oktober 1997 dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas. Kakakku bernama Lusi Apriani yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Solo. Ia juga memiliki sepasang adik kembar perempuan bernama Sifa dan Isfi yang baru berusia 5 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2003-2009 di SDN Budi Mulya. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN 4 Karang Naga dari tahun 2010-2013. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN Tarakan 12 Semarang. di SMA ini dia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan aku sempat menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.

Aku adalah anggota tim futsal SMAN 12 Tarakan dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Semarang 2015, juara III futsal Hardiknas Cup 2015, juara pertama Kilimanjaro Cup 2016 dan lain sebagainya.

Aku memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Asia dan Dunia.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Autobiografi, Ciri, Tujuan dan Contoh Autobiografi Lengkap Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa