Pengertian Emosi, Fungsi, Sumber dan Macam-Macam Jenis Emosi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Emosi, Fungsi, Sumber dan Macam-Macam Jenis Emosi Menurut Para Ahli Lengkap – Secara etimologi, emosi berasal dari kata bahasa latin yaitu movere yang berarti menggerakan, bergerak. Lalu ditambah awalan e- menjadi emovere yang berarti bergerak menjauh.

Pengertian emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Selain itu, emosi juga diartikan sebagai reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukan saat merasa senang terhadap sesuatu, marah kepada seseorang ataupun takut terhadap sesuatu.

Emosi juga dapat didefinisikan sebagai suatu gejala psiko-fiologis yang menimbulkan efek pada persepsi, sikap maupun tingkah laku dan dikeluarkan dalam bentuk ekspresi tertentu.

Menurut Mayer, orang cenderung menganut gaya-gaya khas dalam menangani dan mengatasi emosi mereka yaitu dengan sadar diri, tenggelam dalam permasalahan dan pasrah. Dengan melihat keadaan tersebut maka penting bagi setiap individu memiliki kecerdasan emosional agar menjadikan hidup lebih bermakna dan tidak menjadikan hidup yang di jalani menjadi sia-sia.

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

Daniel Goleman

Menurut Daniel Goleman, Setidaknya ada ratusan emosi bersama dengan variasi, campuran, mutasi dan nuansanya sehingga makna yang dikandungnya lebih banyak, lebih kompleks dan lebih halus dari pada kata dan pengertian yang digunakan untuk menjelaskan emosi.

Prawitasari (1995)

Menurut Prawitasari, Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia

Soergada Poerbakawatja

Menurut Soergada Poerbakawatja, Emosi adalah respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus. Respons demikian terjadi baik terhadap perasaan-perasaan eksternal maupun internal.

Chaplin

Menurut Chaplin, Emosi adalah suatu keadaan yang terangsang dari organisme yang mencakup perubahan-perubahan yang disadari yang sifatnya mendalam dari perubahan perilaku tersebut.

Daniel Goleman

Menurut Daniel Goleman, Emosi adalah setiap kegiatan atau pergolakan perasaa, pikiran, nafsu, setiap keadaan mental yang hebat dan meluap-luap. Menurutnya, emosi merujuk kepada suatu perasaan dan pikiran-pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dari serangkaian kecenderungan untuk bertindak.

Fungsi Emosi

Menurut Charles Darwin dalam bukunya yang berjudul “The Expression of the Emotions in Man and Animals, Emosi berkembang seiring waktu berfungsi untuk membantu manusia memecahkan masalah. Emosi ini sangat berguna karena memotivasi orang untuk terlibat dalam tindakan agar data bertahan hidup, tindakan tersebut diantaranya seperti mengumpulkan makanan, mencari tempat berlindung, memilih pasangan, menjaga diri terhadap pemangsa dan memprediksi perilaku. Emosi sangat berpengaruh terhadap tingkah laku manusia dan manusia lain.

Sumber-Sumber Emosi dan Suasana Hati

Emosi dan suasana hati dapat bersumber dari beberapa hal berikut ini, diantaranya yaitu:

a. Kepribadian
b. Hari dalam seminggu dan waktu dalam sehari
c. Kualitas tidur
d. Aktivitas sosial
e. Olahraga
f. Stres
g. Usia
h. Gender

Macam-Macam Emosi

Secara umum, emosi di klasifikasikan menjadi 2 bentuk yaitu Emosi Positif Dan Emosi Negatif.

Emosi Positif
Emosi positif berarti mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan menguntungkan, misalnya seperti bahagia, senang, ceria, damai, rasa syukur.

Emosi Negatif
Emosi negatif berarti mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan merugikan, misalnya seperti sedih, menangis, marah, kecewa, benci dan lain sebagainya.

Menurut Descrates, emosi terbagi menjadi beberapa jenis yaitu

  • Desire (hasrat)
  • Hate (benci)
  • Sorrow (sedih/duka)
  • Wonder (heran)
  • Love (cinta)
  • Joy (kegembiraan)

Menurut JB Watson, terdapat tiga macam emosi, yaitu:

  • Fear (ketakutan)
  • Rage(kemarahan)
  • Love (cinta)

Menurut Daniel Goleman (2002:411), adapun jenis-jenis emosi diantaranya:

  • Amarah: beringas, mengamuk, benci, jengkel, kesal hati
  • Kesedihan: pedih, sedih, muram, suram, melankolis, mengasihi diri, putus asa
  • Rasa takut: cemas, gugup, khawatir, was-was, perasaan takut sekali, waspada, tidak tenang, ngeri
  • Kenikmatan: bahagia, gembira, riang, puas, riang, senang, terhibur, bangga
  • Cinta: penerimaan, persahabatan, kepercayaan, kebaikan hati, rasa dekat, bakti, hormat dan kemesraan
  • Terkejut: terkesiap, terkejut
  • Jengkel: hina, jijik, muak, mual, tidak suka
  • Malu: malu hati, kesal

Demikian artikel tentang “Pengertian Emosi, Fungsi, Sumber dan Macam-Macam Jenis Emosi Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.