Pengertian, Macam-Macam Jenis dan Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Lengkap

Posted on

Pengertian, Macam-Macam Jenis dan Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Lengkap – Alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia berupa barang dan jasa. Pengertian barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud, dapat dilihat dan di raba oleh indera. Contohnya seperti buku, tas, baju, sepatu, perumahan, dan kendaraan. Sedangkan, jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud (abstrak) , tapi dapat dirasakan manfaatnya sebagai alat pemuas kebutuhan. Contohnya seperti jasa guru, jasa pengacara, jasa hakim, jasa dokter, jasa perawat, jasa tukang becak, jasa tukang ojek, dan jasa taksi.

Macam-Macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat pemuas kebutuhan manusia diklasifikasi atau dibagi menjadi beberapa kelompok/jenis, diantaranya yaitu:

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Wujudnya

Barang Konkrit
Barang konkrit, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dilihat, diraba maupun dirasakan. Contohnya seperti makanan, pakaian, rumah, mobil, tas, dan lain sebagainya.

Loading...

Barang Abstrak
Barang abstrak, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat dilihat maupun diraba namun bisa dirasakan. Contohnya seperti jasa supir taksi, jasa guru, jasa dokter, jasa petani, dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Cara Memperolehnya

Barang Ekonomi
Barang ekonomi, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia itu sendiri dan untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk biaya. Contohnya seperti rumah, sepatu, emas, lemari, laptop, dan lain sebagainya

Barang Bebas
Barang bebas, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya banyak sehingga tidak diperlukan pengorbanan tertentu dan cara memperolehnya bisa mengambilnya secara bebas. Contohnya seperti air laut, es di kutub, pasir di padang pasir, sinar matahari, angin, dan lain sebagainya.

Barang Illith
Barang illith, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya berlimpah sehingga berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Contohnya : Air, jika air jumlahnya berlebihan maka akan mengakibatkan banjir; dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Kegunaannya

Barang Konsumsi
Barang konsumsi, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang secara langsung bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sehingga dapat dirasakan dan dinikmati kegunannya tanpa melalui proses pengolahan. Barang ini juga sering disebut barang siap pakai atau barang jadi. Contohnya seperti buah-buahan, roti, sepatu, pakaian, jam tangan, minuman kaleng, dan lain sebagainya.

Barang konsumsi bisa dibedakan menjadi barang konsumsi tahan lama dan barang konsumsi tidak tahan lama. Barang konsumsi tahan lama yaitu barang yang tidak sekali habis dipakai. Contohnya seperti pakaian, sepatu, perabotan rumah tangga, dan lainnya. Sedangkan, barang konsumsi tidak tahan lama yaitu barang yang sekali dipakai sekaligus habis. Contohnya seperti buah-buahan, roti, minuman kaleng, dan lain sebagainya.

Barang Produksi
Barang produksi, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak secara langsung bsa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, namun harus melalui proses pengolahan dan menghasilkan barang lain. Barang produksi ini biasanya disebut juga barang modal. Contohnya seperti kain yang akan digunakan untuk membuat pakaian, dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Proses Pembuatannya

Barang Mentah
Barang mentah, yaitu alat pemuas kebutuhan berupa barang baku yang belum melalui proses pengolahan. Contohnya seperti kapas, padi, rotan, tembakau, dan lain sebagainya.

Barang Setengah Jadi
Barang setengah jadi yaitu alat pemuas kebutuhan berupa barang yang sudah melalui proses pengolahan namun belum bisa digunakan karena prosesnya belum selesai. Contohnya seperti benang dari kapas untuk membuat kain, dan lain sebagainya.

Barang Jadi
Barang jadi yaitu alat pemuas kebutuhan berupa barang yang sudah melalui proses pengolahan dan siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya seperti pakaian, lemari, tas, televisi, dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Hubungannya dengan Benda Lain

Barang Subtitusi
Barang Subtitusi, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang dalam pemakaiannya dapat saling menggantikan antara barang satu dengan barang lainnya. Barang subtitusi disebut juga barang pengganti. Contohnya seperti beras dengan singkong, bus dengan mikrolet, kopi dengan teh, gelas dengan cangkir, dan lain sebagainya.

Barang Komplementer
Barang komplementer, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang dalam penggunaannya bisa saling melengkapi. Barang ini bisa dimanfaatkan jika dipakai bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya. Barang komplementer biasanya disebut barang pelengkap. Contohnya seperti gula dan kopi dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

Barang Bergerak
Barang bergerak, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka pendek. Contohnya seperti mobil, motor, dan lain sebagainya.

Barang Tidak Bergerak
Barang tidak bergerak, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan kredit jangka panjang. Contohnya seperti rumah, tanah, dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Kualitasnya

Barang Superior
Barang superior, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki kualitas yang tinggi dan kualitas tersebut ditunjukkan dengan harganya yang mahal sehingga barang ini biasanya dikonsumsi oleh orang yang berpenghasilan menengah keatas. Contohnya seperti pakaian mahal, mobil mewah, dan lain sebagainya.

Barang Inferior
Barang inferior, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang memiliki kualitas harga rendah dan biasanya barang ini dikonsumsi oleh orang yang berpenghasilan rendah. Contohnya seperti barang loak, pakaian bekas, dan sebagainya.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian, Macam-Macam Jenis dan Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Lengkap“, semoga bermanfaat.