Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen dan Jenis Internet Marketing Lengkap

Posted on

Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen dan Jenis Internet Marketing Menurut Para Ahli Lengkap – Internet Marketing atau Pemasaran Internet atau Pemasaran Elektronik adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau internet.

Menurut Kotler dan Amstrong (2008:237), Internet marketing atau online marketing merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet.

Tujuan Dan Manfaat Internet Marketing

Menurut Strauss dan Frost (2012), tujuan dan manfaat internet marketing yaitu:

Loading...
  • Mampu menjangkau calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.
  • Mampu melacak dan mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
  • Mampu menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  • Menyajikan promosi yang lebih menarik.
  • Mempermudah proses pembelian dibandingkan dnegan sistem offline.
  • Persinalisasi pemasaran untuk tiap calon konsumen.
  • One-on-one marketing.
  • Twenty-four-hour marketing.

Komponen Internet Marketing

Menurut Mohammed dkk (2003:4), ada 5 (lima) komponen internet marketing, diantaranya yaitu:

Proses
Program pemasaran melalui Internet melibatkan proses. Terdapat 7 (tujuh) tahap proses program pemasaran melalui internet diantaranya yaitu membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, membangun hubungan antar muka dengan pelanggan, merancang program pemasaran, meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi dan mengevaluasi hasil program pemasaran secara keseluruhan.

Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan
Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan merupakan tujuan pemasaran. Ada 3 (tiga) tahapan hubungan dengan pelanggan yaitu awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran bisa dikatakan berhasil jika mampu untuk mengarahkan pelanggan hingga pada tahap komitmen pada perusahaan. Tujuan pemasaran melalui Internet yaitu menjalin hubungan dengan pelanggan, baik secara online maupun offline.

Online
Sesuai definisinya, Internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan dalam dunia Internet, akan tetapi tetap terkait dengan program pemasaran tradisional.

Pertukaran
Dampak dari program pemasaran online yaitu pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet atau online, tapi juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata.

Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak
Dengan adanya Internet marketing, pemenuhan kepuasan kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan Internet marketing dapat mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dna lain sebagainya. Dari segi pelanggan yaitu terpenuhinya kebutuhan seperti mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat.

Jenis Internet Marketing

Adapun beberapa jenis aplikasi internet marketing, diantaranya yaitu:

Iklan (Advertising)
Iklan ditampilkan pada situs web pihak ketiga atau blog untuk mengarahkan lalu lintas situs web perusahaan. Dengan melakukan pemasangan iklan secara langsung akan meningkatkan produksi perusahaan.

Search Engine Marketing (SEM)
Bentuk pemasaran ini yaitu untuk berusaha mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencari “SERPs” seperti Google, Bing, Yahoo dan lain sebagainya.

Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization adalah proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di mesin pencari.

Social Media Marketing
Pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan lalu lintas dalam social media website seperti facebook, twitter atau media sosial yang lain.

Email Marketing
Pemasaran melalui email dilakukan dengan melibatkan langsung pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik.

Blog Marketing
Situs blog perusahaan yang dimanfaatkan untuk promosi.

Refferal Marketing
Metode Refferal ini untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui referensi, metode ini biasanya dari mulut ke mulut.

Inbound Marketing
Pemasaran inbound ini melibatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi.

Viral Marketing
Teknik pemasaran yang prinsipnya mirip dengan word-of-mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya secara berkelanjutan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen dan Jenis Internet Marketing Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.