18 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

18 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap – Sosialisasi politik adalah bagian penting dari suatu sistem politik karena dengan adanya sosialisasi politik maka seorang individu bisa mempelajari politik baik secara disadari ataupun tidak disadari oleh masing-masing individu tersebut. Pengertian sosialisasi politik adalah proses dimana orang belajar tentang politik dan mengembangkan orientasi pada politik.

Sosialisasi politik bersifat laten dan manifes. Sosialisasi politik laten berlangsung dalam transmisi informasi, nilai atau perasaan terhadap peran, input dan output sistem sosial (seperti keluarga) yang mempengaruhi sikap terhadap peran, input, dan output sistem politik. Sedangkan, sosialisasi politik manifes berlangsung dalam bentuk transmisi informasi, nilai atau perasaan terhadap peran, input, dan output sistem politik.

Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli

Gabriel Almond (2000)

Menurut Gabriel Almond, Sosialisasi politik adalah proses tempat sikap dan pola tingkah laku politik diperoleh atau dibentuk. Sosialisasi politik juga merupakan sarana bagi suatu generasi untuk menyampaikan patokan politik dan keyakinan politik pada generasi berikutnya.

Loading...

Ramlan Surbakti (1992)

Menurut Ramlan Surbakti, Sosialisasi politik adalah proses pembentukan sikap dan orientasi politik anggota masyarakat.

Kenneth P. Langton (1969)

Menurut Kenneth P. Langton, Sosialisasi politik adalah suatu cara masyarakat meneruskan kebudayaan politik yang telah mengakar dan mendarah daging di negaranya.

Richard E. Dawson (1992)

Menurut Richard E. Dawson, Sosialisasi politik adalah pewarisan pengetahuan, nilai dan pandangan politik dari orang tua, guru, dan sarana sosialisasi lainnya kepada warga negara baru dan mereka yang menginjak dewasa.

Michael Rush dan Philip Althoff

Menurut Michael Rush dan Philip Althoff, Sosialisasi politik adalah suatu proses bagaimana memperkenalkan sistem politik pada seseorang. Tidak hanya memperkenalkan saja tetapi juga bagaimana orang tersebut menentukan tanggapan serta reaksinya terhadap gejala politik yang ada.

S.N Eisentadt

Menurut S.N Eisentadt, Sosialisasi politik adalah suatu komunikasi dengan dan dipelajari oleh manusia. Komunikasi ini terjadi oleh manusia satu terhadap manusia yang lainnya yang berlangsung secara bertahap dan membentuk hubungan atau relasi umum.

David Easton dan Jack Dennis

Menurut David Easton dan Jack Dennis, Sosialisasi politik adalah suatu proses perkembangan seseorang untuk mendapatkan orientasi-orientasi politik dan pola-pola tingkah lakunya.

Irvin L. Child

Menurut Irvin L. Child, Sosialisasi politik adalah segenap proses yang ditempuh oleh suatu individu yang dilahirkan dari berbagai potensi tingkah laku. Selain itu, individu tersebut juga dituntut untuk mengembangkan tingkah lakunya secara nyata sehingga menjadi kebiasaan dan dapat diterima berdasarkan standar kelompok yang telah ditetapkan.

Kweit

Menurut Kweit, Sosialisasi politik adalah suatu proses melalui mana individu belajar tentang politik.

Richard E. Dawson

Menurut Richard E. Dawson, Sosialisasi politik adalah sutu warisan. Maksud warisan ini berupa pengetahuan, nilai-nilai, pandangan dan sarana politik kepada warga negara yang baru atau bagi mereka yang sudah menginjak dewasa.

Danis Kavanagh

Menurut Danis Kavanagh, Sosialisasi politik adalah suatu proses dimana seseorang belajar untuk menumbuhkan pandangan politiknya.

Hyman

Menurut Hyman, Sosialisasi politik adalah proses belajar yang berlangsung secara terus-menerus serta melibatkan emosional (emotional learning) dan indoktrinasi politik yang manifes. Proses belajar ini didasarkan pada partisipasi dan pengalaman individu yang menjalani proses belajar tersebut.

Kenneth P. Langton

Menurut Kenneth P. Langton, Sosialisasi politik adalah suatu cara oleh masyarakat untuk meneruskan budaya politik yang dimilikinya.

David F. Aberlee

Menurut David F. Aberlee, Sosialisasi politik adalah suatu pola yang menunjukkan aksi sosial atau segala aspek tingkah laku dimana pola ini ditanamkan kepada individu baik untuk keterampilan, ilmu pengetahuan, motif maupun sikap yang perlu ditampilkan secara berkelanjutan dalam kehidupan manusia sejauh peranan yang baru masih harus dipelajari.

Miriam Budiarjo

Menurut Miriam Budiarjo, Sosialisasi politik adalah sarana bagi partai politik untuk mengenalkan nilai dan norma yang dianut oleh partai politik tersebut secara berkesinambungan, agar nilai dan norma tersebut terus dikenal dan dianut oleh setiap generasi.

Ramlan Surbakti

Menurut Ramlan Surbakti, Sosialisasi politik merupakan proses pembentukan sikap dan orientasi politik para anggota masyarakat. Melalui proses sosialisasi politik inilah para masyarakat memperoleh sikap dan orientasi terhadap kehidupan politik yang berlangsung dalam masyarakat.

Alfian

Menurut Alfian, Sosialisasi politik adalah suatu proses dimana anggota masyarakat mengenal, memahami, menghayati nilai-nilai politik tertentu yang oleh karena itu mempengaruhi sikap dan tingkah laku politik sehari-hari.

M. Natsir

Menurut M. Natsir, Sosialisasi politik lebih ditekankan pada aspek pembinaan warga negara ke arah kehidupan dan cara berpikir yang sesuai dengan pola yang ditentukan oleh partai.

Demikian penjelasan  tentang 18 Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Ahli Terlengkap , semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.