Pengertian Pons Otak, Struktur Bagian dan Fungsi Pons Otak Lengkap

Posted on

Pengertian Pons Otak, Struktur Bagian dan Fungsi Pons Otak Lengkap – Pons adalah bagian otak yang merupakan bagian dari batang otak yang terletak di atas medula oblongata dan dibawah otak tengah. Pons ini memiliki panjang sekitar 2,5 cm. Dapat dikatakan, pons merupakan batang berisi serabut saraf yang berfungsi untuk menghubungkan otak besar dengan sumsum tulang belakang serta menghubungkan bagian otak kecil kiri dengan kanan. Meski terbilang berukuran cukup kecil, namun pons memiliki fungsi yang sangat penting.

Struktur dan Bagian-Bagian Pons Otak

Adapun struktur dan bagian-bagian pons otak diantaranya yaitu:

Secara garis besar, pons dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian utama, diantaranya yaitu bagian basilar pons dan pontine tegmentum.

Loading...
  • Bagian Basilar Pons, bagian ini terletak pada bagian ventral, bagian ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan aktivitas motorik tubuh.
  • Bagian Pontine Tegmentum, bagian ini terletak pada bagian dorsal, bagian ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan sistem homeostasis dan lintasan refleks.

Pada pons terdapat beberapa nukleus saraf yang memilliki peran penting dalam tubuh, diantaranya yaitu:

  • Nukleus Sensorik dan Motorik dari nervus trigeminal.
  • Nukleus dari nervus abdusen.
  • Nukleus dari nervus fasial.
  • Nukleus dari nervus vestibulocochlear.

Dari segi struktur, pons menjadi muara bagi beberapa saraf kranial. Saraf trigeminus (trigeminal) yang merupakan saraf kranial terbesar yang mengatur gerak mengunyah dan sensasi pada wajah juga bermuara di pons. Selain itu, saraf kranial lain seperti saraf abdusen yang mengatur abduksi mata, saraf fasialis yang mengatur gerakan wajah dan ekspresi, saraf vestibulokoklearis yang berfungsi mengatur pendengaran dan keseimbangan juga terletak di pons. Bagian batang otak ini juga membantu kita merasakan sensasi sentuhan dan menelan.

Pons juga berperan dalam pernapasan dengan membantu medula oblongata dalam mengendalikan laju pernapasan. Bagian ini pula terlibat dalam pengendalian siklus tidur dan mengatur tidur nyenyak. Pons bisa mengaktifkan pusat penghambatan di medula oblongata yang menghambat pergerakan saat tidur.

Fungsi Pons Otak

Fungsi utama pons otak adalah bertindak sebagai jalur transfer sinyal antara otak besar dengan sumsum tulang belakang, dan juga otak kecil. Selain itu, fungsi pons otak yaitu:

  • Saraf Trigeminal, pada pons terdapat nukleus sensorik dan motori saraf trigeminal. Fungsinya yaitu untuk mengatur sensai dan gerakan pada wajah, juga bertanggung jawab dalam proses mengunyah dan menelan.
  • Saraf Abdusen, fungsi dari saraf abdusen ini adalah untuk mengatur gerakan mata.
  • Saraf Fasial, berfungsi untuk mempengaruhi otot-otot wajah, sehingga kita mampu untuk tersenyum, mengangkat alis, dan menunjukkan berbagai ekspresi pada wajah.
  • Serabut Vestibulocochlear, saraf ini berfungsi untuk mengatur transmisi suara dari telinga ke otak dan membantu menjaga keseimbangan serta koordinasi tubuh.
  • Pons juga berperan dalam mengatur fungsi tak sadar seperti pernapasan. Suatu daerah pada bagian pons, yang dikenal dengan sistem retikular juga mengatur siklus tidur manusia.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Pons Otak, Struktur Bagian dan Fungsi Pons Otak Lengkap . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa