20 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli, Elemen dan Jenis-Jenis Sistem Terlengkap

Posted on

20 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli, Elemen dan Jenis-Jenis Sistem Terlengkap – Pengertian sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) yaitu suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Istilah sistem seringkali digunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

Sistem juga diartikan sebagai kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.

Loading...

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Indrajit (2001:2)

Menurut Indrajit, Sistem adalah kumpulan-kumpulan dari komponen-komponen yang memiliki unsur keterkaitan antara satu dengan lainnya.

Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono Djojodihardjo, Sistem adalah gabungan suatu obyek yang mempunyai hubungan baik dari segi fungsi maupun hubungan tiap-tiap ciri-ciri obyek yang dengan keseluruhan menjadi kesatuan yang mempunyai fungsi.

John Mc Manama

Menurut John Mc Manama, Sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efisien.

Tata Sutabri

Menurut Tata Sutabri, Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Sedangkan sistem yang bersifat fisis adalah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Jogianto (2005:2)

Menurut Jogianto, Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata, seperti tempat, benda dan orang-orang yang betul-betul ada dan terjadi.

Murdick, R.G (1991:27)

Menurut Murdick, R.G, Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.

Davis, G.B (1991:45)

Menurut Davis, G.B, Sistem secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.

Jerry FutzGerald (1981:5)

Menurut Jerry FutzGerald, Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.

Lani Sidharta (1995:9)

Menurut Lani Sidharta, Sistem adalah himpunan dari bagian-bagian yang saling berhubungan yang secara bersama mencapai tujuan-tujuan yang sama.

Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo (1984:78)

Menurut Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo, Sistem adalah sekumpulan objek yang mencakup hubungan fungsional antara tiap-tiap objek dan hubungan antara ciri tiap objek, dan yang secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan secara fungsional.

Sumantri

Menurut Sumantri, Sistem adalah sekelompok bagian dimana bagian tersebut saling mengisi dan bekerjasama dalam menjalankan maksud tertentu. Apabila salah satu sistem sedang terganggu atau mengalami suatu kerusakan maka akan berpengaruh terhadap sistem yang lainnya. Sehingga keseluruhan bagian tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Prajudi

Menurut Prajudi, Sistem adalah jaringan yang terdiri dari prosedur-prosedur yang saling terikat antara prosedur yang satu dengan prosedur yang lainnya. Keterikatan tersebut didasarkan oleh pola yang bulat yang dapat menggerakkan fungsi utama maupun urusan.

R. Fagen dan A. Hall

Menurut R. Fagen dan A. Hall, Sistem adalah kumpulan dari objek yang mempunyai suatu hubungan antara masing-masing obyek termasuk hubungan mengenai sifat-sifat yang mereka miliki.

Arifin Rahman

Menurut Arifin, Sistem adalah kumpulan pendapat, prinsip, dan unsur lain yang sudah memiliki bentuk sebagai kesatuan yang berhubungan.

Colin Cherry

Menurut Colin Cherry, Sistem adalah keseluruhan yang dibentuk oleh berbagai bagian atau assambel yang berasal dari berbagai sifat serta bagian-bagiannya.

Pamudji

Menurut Pamudji, Sistem adalah suatu paduan himpunan dari berbagai hal sehingga membentuk suatu keseluruhan yang utuh.

Ludwig von Bertallanffy

Menurut Ludwig von Bertallanffy, Sistem adalah sekumpulan interaksi antara unsur yang berada dalam kondisi yang sama.

Prajudi

Menurut Prajudi, Sistem lebih menitikberatkan pada prosedur yang sudah direncanakan dengan mengikuti pola-pola tertentu. Dalam hal ini pola dibuat agar bisa menggerakkan suatu fungsi agar bisa bekerja dengan baik. Tanpa perencanaan yang matang, maka hasil kerja tidak akan maksimal.

Andri Kristanto

Menurut Andri Kristanto, Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama untuk dapat melakukan aktivitas atau menyelesaikan suatu target tertentu.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, Sistem adalah seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain.

Elemen dalam Sistem

Pada prinsipnya, terdapat 4 elemen pada setiap sistem diantaranya yaitu:

  • Objek, ini dapat berupa bagian, elemen, ataupun variabel. Objek ini bisa berupa benda fisik, abstrak, ataupun keduanya sekaligus; tergantung pada sifat sistem tersebut.
  • Atribut, ini merupakan elemen yang menentukan kualitas atau sifat kepemilikan sistem dan objeknya.
  • Hubungan internal, yaitu elemen di antara objek-objek di dalamnya.
  • Lingkungan, yaitu tempat di mana sistem berada.

Elemen Sistem

Terdapat beberapa elemen yang membentuk sebuah sistem, diantaranya yaitu:

Tujuan
Setiap sistem memiliki tujuan (Goal), baik itu hanya satu atau mungkin banyak. Tujuan ini yang nantinya menjadi pemotivasi yang mengarahkan sistem. Tanpa adanya tujuan, sistem menjadi tidak terarah dan tidak terkendali. Setiap sistem tentu saja berbeda-beda.

Masukan
Masukan (input) sistem merupakan segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses. Masukan ini bisa berupa hal yang berwujud atau tampak secara fisik (seperti bahan mentah) maupun tidak tampak (seperti informasi).

Proses
Proses yaitu bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai, misalnya seperti informasi dan produk, tapi juga bisa berupa hal yang tidak berguna, seperti sisa pembuangan atau limbah.

Keluaran
Keluaran (output) yaitu hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi, keluaran bisa berupa informasi, saran, cetakan laporan dan lain sebagainya.

Batas
Batas (boundary) sistem merupakan elemen pemisah antara sistem dan daerah di luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi, ruang lingkup atau kemampuan sistem. Batas suatu sistem tentu saja bisa dikurangi atau dimodifikasi sehingga akan mengubah perilaku sistem.

Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplik keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik itu masukan maupun proses. Tujuannya untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

Lingkungan
Lingkungan yaitu segala sesuatu yang berada di luar sistem. Lingkungan bisa berpengaruh terhadap operasi sistem dalam artian bisa merugikan atau menguntungkan sistem itu sendiri. Lingkungan yang merugikan tentu harus ditahan dan dikendalikan agar tidak mengganggu kelangsungan operasi sistem, sedangkan lingkungan yang menguntungkan tetap harus dijaga, karena akan memacu terhadap kelangsungan hidup sistem.

Jenis Sistem

Berdasarkan kategorinya, sistem dibagi menjadi beberapa tipe diantaranya yaitu:

Atas dasar keterbukaan, diantaranya:

  • Sistem terbuka, di mana pihak luar dapat mempengaruhinya.
  • Sistem tertutup.

Atas dasar komponen, diantaranya:

  • Sistem fisik, berisi komponen materi dan energi.
  • Sistem non-fisik atau konsep, berisi ide-ide.

Demikian artikel tentang 20 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli, Elemen dan Jenis-Jenis Sistem Terlengkap , semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.