Pengertian Entrepreneur, Ciri dan Sifat Yang Harus Dimiliki Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Entrepreneur, Ciri dan Sifat Yang Harus Dimiliki Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap – Secara etimologi, Entrepreneur berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprendre yang berarti berusaha. Sedangkan secara terminologi, Entrepreneur terkadang disebut sebagai sebagai pengertian entrepreneurship secara istilah adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang dihadapinya.

Secara sederhananya, Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang memiliki ciri-ciri berbakat dalam mengelola dan memanajemen sustu bisnis usaha yang dijalankan.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Kamus Merriam-Webster

Menurut Kamus Merriam-Webster, Entrepreneur adalah seseorang yang mengorganir dan menanggung suatu risiko bisnis atau usaha.

Hendro dan Chandra W.W (2006)

Menurut Hendro dan Chandra W.W, Entrepreneur adalah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup anda di masa mendatang.

Hisrich (2004:9)

Menurut Hisrich, Entrepreneur adalah suatu kemampuan mengelola sesuatu yang ada dalam diri anda untuk dimanfaatkan dan ditingkatkan agar lebih optimal sehingga dapat meningkatkan taraf hidup anda di masa mendatang.

Andre J. Dubrin (2008)

Menurut Andre J. Dubrin, Entrepreneurship adalah seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usaha yang inovatif.

Thomas W. Zimmerer (2008)

Menurut Thomas W. Zimmerer, Entrepreneurship adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi setiap hari.

Suryana

Menurut Suryana, Entrepreneurship adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inoasi untuk memecahkan dan menari peluang dari masalah yang dihadpai oleh setiap orang dalma kehidupan sehari-hari.

Drucker

Menurut Drucker, Entrepreneur adalah seseorang yang mampu memanfaatkan peluang.

Schumpeter

Menurut Schumpeter, Entrepreneur adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Sarosa (2005:2)

Menurut Sarosa, Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki visi, semangat dan melakukan suatu tindakan yang dapat dibuktikan atau secara nyata dalam dunia usaha untuk menciptakan dan mengembangkan sendiri sumber pendapatan atau incomenya tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Ciri-Ciri Entrepreneur

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakteristik Entrepreneur yaitu seseorang yang memiliki jiwa kewirausahaan yang dibangun dan dikembangkan antara ilmu dengan kemampuan pasar.

Secara umum, ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang Entrepreneur yaitu:

  • Creation, yaitu menciptakan suatu peluang bisnis dan peluang yang ada.
  • Innovation, yaitu mengembangkan inovasi di lingkungan bisnisnya yang meliputi produk baru, proses, market, material dan organisasi.
  • Risk Undertake, setiap entrepreneur menerima dan mengambil risiko bahwa bisnis yang dijalankannya akan mengalami kerugian atau kegagalan.
  • General Management, pemilik bisnis harus bisa mengelola dan mengalokasikan seluruh sumber dayanya yang terbatas.
  • Performance Intention, menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan menghasilkan laba atau keuntungan.

Sifat-Sifat Entrepreneur

Menurut Alma (2008,53), Sifat yang harus dimiliki seorang entrepreneur agar berhasil dalam usaha atau bisnisnya yaitu:

Percaya diri
Seorang entrepreneur harus memiliki sifat percaya diri yang dimulai dari diri yang mantap, tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat dan saran orang lain tapi menggunakan saran sebagai masukkan.

Berorientasi pada tugas dan hasil
Seorang entreprenour harus fokus pada prestasi yang ingin dicapai, jangan mengutamakan prestige atau gengsi.

Berorientasi pada masa depan
Seorang Entrepreneur harus memiliki visi ke depan atau berpikir kedepan, hal tersebut karena dalam menjalankan usaha bukan hanya untuk didirikan sementara tapi selamanya, sehingga sebelum mendirikan usaha atau bisnis perlu dilakukan penyusunan rencana dan strategi yang matang.

Pengambilan risiko
Cara pengambilan resiko berpengaruh penting dalam dunia wirausaha yang penuh dengan resiko dan tantangan. Hal yang harus diperhatikan yaitu bahwa bagaimana seseorang entrepreneur mengambil resiko dengan penuh pertimbangan.

Kepemimpinan
Dalam diri seorang entrepreneur haruslah memiliki jiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik harus mendengar saran dan kritik dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.

Keorisinilan
Maksudnya, jadi entrepreneur yang tidak hanya menjadi pengekor bagi orang lain, memiliki pendapat sendiri, ide yang orisinil dan mampu merealisasikan ide tersebut.

Kreativitas dan Inovasi
Kreativitas adalah kemampuan mengembangkan ide baru dan menemukan cara baru dalam melihat peluang ataupun berupa permasalahan yang akan dihadapinya. Sedangkan Inovasi adalah kemampuan untuk menggunakan solusi kreatif dalam mengisi peluang hingga mampu membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Demikian artikel pembahasan tentang “Pengertian Entrepreneur, Ciri dan Sifat Yang Harus Dimiliki Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.