Pengertian Otak Tengah : Fungsi, Struktur Bagian dan Gangguan Otak Tengah (Mesencephalon)

Posted on

Fungsi Otak Tengah – Apakah otak tengah itu ada? Otak tengah terkait dengan kecerdasan apa? Apa itu otak depan? Otak manusia terbagi menjadi berapa? Apa fungsi otak tengah?

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas materi tentang otak tengah mulai dari pengertian otak tengah, fungsi, struktur dan bagian, aktivasi dan gangguan otak tengah secara lengkap.

Baca Juga : Fungsi Otak Manusia

Pengertian Otak Tengah

Otak tengah (midbrain) merupakan bagian terkecil dari otak manusia. Dalam bahasa Inggris, otak tengah disebut dengan Mesencephalon. Letak otak tengah berada dibagian tengah otak, tepatnya didalam batang otak yakni diantara otak depan dan otak belakang. Fungsi utama otak tengah adalah sebagai stasiun relai untuk informasi pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).

Fungsi Otak Tengah

Fungsi otak tengah (mesencephalon) diantaranya yaitu:

  • Sebagai stasiun relai informasi penglihatan (visual) dan pendengaran (audio).
  • Sebagai pengatur tanggapan dari rangsangan yang berhubungan dengan informasi sensorik. Misalnya, ketika tangan memegang sesuatu yang panas maka otak tengah akan mengatur tangan untuk menjauhi pusat panas.
  • Berperan dalam gerakan otot.
  • Meningkatkan daya ingat bisa membuat individu dapat belajar dalam waktu yang lebih singkat.
  • Berperan dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi.
  • Meningkatkan intuisi dan daya tangkap.
  • Sebagai kontrol motorik, terutama gerakan mulut dan mata.
  • Berkaitan dengan gairah dan kewaspadaan.
  • Sebagai pengatur suhu.

Struktur dan Bagian Otak Tengah

Struktur anatomi otak tengah (mesencephalon) terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

Tegmentum

Tegmentum merupakan jaringan multisinapsis yang ikut berperan dalam sistem homeostasis atau keseimbangan juga lintasan refleks tubuh. Fungsi tegmentum yang utama adalah untuk mengatur kesadaran. Ada sejumlah struktur dalam tegmentum, diantaranya:

Nukleus Merah (Red Nucleus)

Nulekus merah adalah bagian dalam tegmentum yang berperan penting dalam mengatur koordinasi gerak tubuh.

Substansia Nigra

Substansia nigra merupakan lokasi tegmentum membentang, dimana tegmentum mengandung nukleus merah yang mengatur fungsi motorik. Substansia nigra adalah struktur berwarna gelap berisi banyak neuron yang memproduksi dopamin. Umumnya, berkurangnya neuron di substantia nigra mengakibatkan penyakit parkinson. Bagian ini juga berperan dalam pengontrolan gerakan badan.

Tectum

Tectum tersusun atas dua pasang colliculi yang disebut Corpora Quadrigemina.

  • Superior colliculi, yaitu jenis colliculi yang berperan dalam proses awal penglihatan (visual) dan mengendalikan gerakan mata.
  • Inferior Colliculi, yaitu jenis colliculi yang terlibat dalam proses pendengaran.

Pendukulus Serebri

Pendukulus serebri (cerebral peduncle) atau disebut juga crus serebri merupakan bundel saraf yang tersusun atas saraf sensoris dan saraf motoris yang membawa informasi antara otak besar dan pons.

Baca Juga : Pengertian Otak Besar

Cara Mengaktifkan Otak Tengah

Berikut tahapan aktivasi otak tengah yang bisa dilakukan, diantaranya:

Pada masa awal, otak tengah anak akan teraktivasi setelah ia mengikuti pelajaran sekitar satu setengah hari dan agar stabil maka perlu dilakukan latihan setiap hari. Stabil yang dimaksud yaitu anak bisa kapan saja mengenal benda, huruf, warna, membaca dan aktivitas lainnya dengan cara ditutup kedua matanya dengan kain.

Setelah melewati masa awal, kebanyakan orang tua berhenti sampai tahap tersebut tanpa melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu masa pendalaman. Anak-anak yang menggunakan otak tengah dengan benar mempunyai karakter yang seimbang, berhubungan baik dengan individu lain, pandai bergaul, suka menolong dan lainnya.

Gangguan dan Kelainan Pada Otak Tengah

Salah satu penyakit yang dapat menyerang otak tengah adalah penyakit parkinson. Parkinson atau penyakit parkinson merupakan gangguan sistem saraf pusat yang mempengaruhi gerakan tubuh mulai dari menulis, berjalan, berbicara dan lainnya.

Lebih tepatnya, penyakit parkinson ini berkaitan dengan adanya kematian atau kerusakan sel saraf pada bagian substantia nigra yang menyebabkan produksi dopamin menurun dan berakibat melambatnya gerakan tubuh.

Penyakit parkinson merupakan penyakit saraf yang secara bertahap dapat semakin memburuk dan semakin parah apabila telah mencapai stadium 5.

Gejala penyakit parkinson diantaranya tremor, hilangnya keseimbangan tubuh, kekakuan dan gerakan lambat.

Baca Juga : Pengertian Otak Kecil

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian otak tengah, fungsi, struktur dan bagian, aktivasi dan gangguan otak tengah secara lengkap. Semoga bermanfaat