Pengertian Musik, Fungsi, Unsur dan Jenis Genre Musik Lengkap

Posted on

Pengertian Musik, Fungsi, Unsur dan Jenis Genre Musik Lengkap – Musik adalah suara yang disusun demikianrupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Seni musik berasal dari dua kata, yaitu “seni” dan “musik”. Seni adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang diwujudkan dalam berbagai sarana. Sedangkan musik adalah hasil pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.

Fungsi Musik

Adapun fungsi musik, diantaranya yaitu:

  • Sebagai media untuk mengungkapkan emosi, musik berfungsi untuk meluapkan emosi baik bagi penulis lagu maupun para penikmat musik.
  • Sebagai sarana hiburan, musik yang dimainkan secara bersama-sama akan menghasilkan suara yang ramai dan menghibur.
  • Sebagai sarana bisnis, saat ini industri musik adalah salah satu industri kreatif yang paling menguntungkan.
  • Menenangkan jiwa, musik juga digunakan sebagai salah satu sarana relaksasi dan penenangan jiwa.
  • Sebagai sarana komunikasi, contohnya jika suatu upacara telah dimulai maka akan dibunyikan musik khusus sebagai isyarat bahwa upacara telah dimulai.
  • Menyambut tamu, contohnya menyambut pemain sepakbola yang masuk ke lapangan.
  • Meningkatkan kecerdasan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa bermain musik bisa meningkatkan kecerdasan.
  • Sebagai pengiring tarian, musik banyak digunakan sebagai pengiring tarian.
  • Sebagai pengiring pertunjukan, pentas drama dan film selalu diiringi musik yang disesuaikan dengan suasana adegannya.
  • Sebagai sarana pendidikan, musik juga digunakan sebagai sarana penyampaian nasehat untuk mendidik anak.
  • Sebagai ciri khas kebudayaan setempat, contohnya Indonesia memiliki berbagai musik tradisional sebagai ciri khas kebudayaan yang dimiliki.

Unsur-Unsur Musik

Adapun unsur-unsur musik yang membentuk sebuah lagu, diantaranya yaitu:

Melodi
Melodi adalah suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Melodi menjadi daya tarik dari suatu musik.

Irama
Irama adalah pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama merupakan penentu ketukan dalam musik.

Birama
Birama adalah unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang yang muncul secara teratur di waktu yang bersamaan. Birama yang nilai penyebutnya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil disebut birama tenair.

Harmoni
Harmoni adalah sekumpulan nada yang jika dimainkan bersama-sama akan menciptakan sebuah bunyi yang enak dinikmati atau didengar.Selain itu, harmoni bisa diartikan sebagai suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

Tangga Nada
Tangga nada adalah deret nada yang disusun bertingkat, ada 2 jenis tangga nada yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis.Tangga nada diatonis tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1), sedangkan pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

Tempo
Tempo adalah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut.Ada 8 kategori tempo, antara lain:

  • Largo (Lambat Sekali)
  • Lento (Lebih Lambat)
  • Adagio (Lambat)
  • Andante (Sedang)
  • Moderato (Sedang Agak Cepat)
  • Allegro (Cepat)
  • Vivace (Lebih Cepat)
  • Presto (Cepat Sekali).

Dinamika
Dinamika adalah tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika dalam musik penting karena ini dapat menunjukan nuansa sebuah lagu (sedih, senang, riang, agresif, datar, dan lain sebagainya).

Timbre
Timbre adalah kualitas atau warna bunyi. Adanya timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar nya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup akan berbeda dengan alat musik petik, meskipun dimainkan di nada yang sama.

Ekspresi
Ungkapan perasaan yang berasal dari dalam hati dapat ditunjukkan melalui ekspresi, apakah gembira, sedih, romantis dan lainnya. Karena itu, penyanyi harus bernyanyi secara total agar pendengar terbawa suasana.

Jenis-Jenis Musik

Berikut beberapa jenis genre musik, diantaranya yaitu:

Pop (Populer)
Pop merupakan bentuk modern dari rock and roll. Jenis musik ini terbentuk tahun 1950-an. Jenis musik ini merupakan genre paling populer.

RnB
RnB merupakan singkatan dari “rhythm & blues” adalah genre yang cukup populer yang berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Satu band RnB biasanya terdiri dari pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saxophone.

Rock
Rock merupakan jenis musik populer yang berasal dari musik rock and roll di AS tahun 1950-an. Musik ini mendapat pengaruh dari blues, jazz, klasik, dan lain sebagainya. Musik rock fokus pada gitar listrik. Grup band rock didominasi oleh lelaki.

Dangdut
Dangdut merupakan genre musik yang populer di Indonesia. Bentuk musik ini berpusat dari musik Melayu pada tahun 1940-an. Penyanyi yang paling terkenal dengan ratusan lagunya yaitu raja dangdut Rhoma Irama.

Blues
Genre musik blues berasal dari Afrika-Amerika dan muncul pada abad ke 19. Ciri musik blues yaitu lirik awalnya yang terdiri dari 1 baris yang diulang 4 kali.

Country
Country merupakan jenis musik yang berasal dari AS selatan di Atlanta dan Georgia tahun 1920. Ciri khas musik country yaitu sebagian besar menggunakan instrumen string.

Musik ini identik dengan koboi. Musik ini enak didengar saat melakukan perjalanan jauh dan mengawali hari. Taylor Swift merupakan salah satu contoh artis populer dalam jenis musik ini.

Electronic
Ini merupakan jenis musik yang sepenuhnya menggunakan teknologi elektronik, contoh alat musiknya yaitu seperti gitar listrik, telharmonium, dan organ hammond.

Hip Hop
Hip Hop merupakan jenis musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu seperti membaca biasa tapi dengan ritme tertentu.

Jazz
Musik jazz adalah aliran musik yang berasal dari Afrika-Amerika di akhir abad ke-19. Musik ini dikenal memiliki alunan yang merdu. Jazz mendapatkan pengaruh besar dari budaya Afrika Barat dan Eropa.

Klasik
Musik klasik merupakan jenis musik yang berakar pada tradisi musik Barat dan sudah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal seperti Beethoven dan Johann Sebastian Bach.

Reggae
Reggae merupakan genre musik ini berasal dari Jamaika di akhir tahun 1960-an. Reggae terpengaruh oleh musik jazz Amerika dan RnB. Salah satu elemen yang paling mudah dikenali dari musik reggae yaitu ritme offbeat yang berasal dari gitar atau piano.

Demikian artikel tentang Pengertian Musik, Fungsi, Unsur dan Jenis Genre Musik Lengkap  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya, sampai jumpa.