Pengertian Karangan Semi Ilmiah, Ciri, Macam dan Contoh Karangan Semi Ilmiah Lengkap

Posted on

Pengertian Karangan Semi Ilmiah, Ciri, Macam dan Contoh Karangan Semi Ilmiah Lengkap – Karangan semi ilmiah adalah jenis karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, gaya bahasa formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang bisa dibuktikan benar atau tidaknya. Dengan kata lain, pengertian karangan semi ilmiah adalah suatu penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya pun tidak semi formal namun tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan karangan non ilmiah.

Biasanya karya tulis semi ilmiah digunakan dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen. Bentuk karangan semi ilmiah diantaranya artikel, editorial, tips, reportase dan resensi buku.

Ciri-Ciri Karangan Semi Ilmiah

Adapun ciri-ciri karangan ilmiah atau karangan populer diantaranya yaitu:

Loading...
  • Ditulis berdasarkan fakta pribadi
  • Fakta yang disimpulkan subjektif
  • Gaya bahasa formal, sederhana dan popular
  • Tidak memuat hipotesis
  • Penyajian fakta dibarengi dengan sejarah
  • Bersifat imajinatif
  • Situasi didramatisir
  • Bersifat persuatif

Macam-Macam Karangan Semi Ilmiah

Berikut ini macam-macam jenis karangan semi ilmiah, diantaranya yaitu:

Artikel

Artikel adalah suatu karya tulis yang lengkap dan terdapat di dalam majalah, surat kabar, dan media massa lainnya. Tema-tema yang terkandung di dalam artikel bisa berupa pengalaman pribadi, imajinasi penulis, pengetahuan umum, dan juga penelitian ilmiah. Semua tema tersebut harus ditulis secara menarik dan menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa, agar menarik perhatian pembaca dan juga agar lebih tertata secara kaidah bahasa.

Editorial

Editorial adalah salah satu rubrik khusus yang ada pada media cetak yang didalamnya berisi tanggapan dari pihak media terhadap suatu isu yang tengah terjadi di masyarakat. Penentuan topik dan penulisan editorial biasanya dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk oleh pihak media massa tersebut. Topik yang ditulis dalam editorial merupakan hasil dari jajak pendapat antara tim khusus editorial dengan seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu media massa. Tapi, biasanya topik yang ditulis dalam editorial yaitu isu yang tengah hangat diperbincangkan di tengah masyarakat.

Feature

Feature adalah salah satu karangan semi ilmiah dan karya jurnalistik yang ditulis dengan gaya bahasa yang khas serta bersifat subjektif. Feature disebut juga karangan khas. Biasanya, gaya bahasa khas yang digunakan pada feature yaitu gaya bahasa sastrawi yang mengandung macam-macam majas di dalamnya. Tema feature ini bisa berupa sejarah, pemandangan alam atau tempat wisata, human interest, profil seorang tokoh atau biografi, petunjuk praktis dalam melakukan sesuatu, serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Resensi

Resensi adalah ulasan buku, film, lagu, dan album musik yang dimana semuanya diulas mulai dari kelebihan hingga kekurangannya. Tujuan resensi yaitu untuk mengetahui seberapa jauh kualitas dari buku, film, lagu, ataupun album musik. Selain itu, resensi juga menjadi sarana untuk memberikan masukan bagi para penulis buku, pembuat film, pencipta lagu, serta para musisi yang membuat sebuah album musik.

Opini

Opini adalah karangan yang berisi pendapat subjektif seseorang terhadap peristiwa atau isu yang diperkuat dengan fakta dan data. Opini bisa dijumpai pada rubrik khusus yang disediakan media cetak dan media daring (online).

Cara Membuat Karangan Semi Ilmiah

Berikut ini langkah-langkah membuat karangan semi ilmiah, diantaranya yaitu:

  • Memilih topik yang kita sukai dan diminati oleh pembaca
  • Mencari sumber yang autoratif
  • Membatasi topik yang dibicarakan dan didukung dengan hal-hal yang konkret dan spesifik
  • Menentukan suatu tesis percobaan yang menjadi arah dan tujuan yang hendak dicapai
  • Mencari sumber dari topik yang ingin ditulis
  • Mengumpulkan semua buku dan bacaan yang menjadi sumber
  • Mencatat tiap judul pada kartu bibliography
  • Membuat kutipan atau ringkasan dari sumber tersebut
  • Mengadakan pengamatan atau wawancara dengan narasumber
  • Merumuskan tesis final
  • Menyusun kerangka karangan yang final

Contoh Karangan Semi Ilmiah

Berikut ini contoh karangan semi ilmiah: Opini

Agar bangsa ini maju, mau tidak mau kita harus mengubah mindset kita. Kita harus tetap berkeyakinan bahwa inovasi dan kreativitas merupakan persoalan yang sangat penting bagi kemajuan bangsa. Kita harus memberikan ruang yang memadai bagi pengembangan pemikiran dan berbagai temuan demi kebaikan bangsa dan negara. Agar pemikiran segar selalu melahirkan inovasi da kreativitas, cara pandang kita terhadap mereka yang berprestasi pun harus berubah. Mereka harus kita anggap sebagai pahlawan yang membela bangsa dan negara.

Demikian artikel tentang”Pengertian Karangan Semi Ilmiah, Ciri, Macam dan Contoh Karangan Semi Ilmiah Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.