Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping Lengkap

Posted on

Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping Lengkap – Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Metode ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1974 oleh Tony Buzan yaitu seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.

Mind Mapping dapat pula diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep permasalahan tertentu dari cabang sel saraf membentuk kolerasi konsep menuju suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan mudah dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga, tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung cara kerja koneksi di dalam otak.

Pengertian Mind Mapping Menurut Para Ahli

Tony Buzan (2008:4)

Menurut Tony Buzan, Mind Mapping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping mengembangkan cara berpikir divergen dan kreatif . Mind Mapping juga disebut juga dengan peta konsep merupakan alat berpikir organisasional yang sangat hebat, ini juga merupakan cara termudah untuk menempatkan informasi dalam otak dan mengambil informasi itu saat dibutuh. Mind Mapping dapat membantu dalam berbagai hal seperti merencanakan, berkomunikasi, menjadi lebih kreatif, menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, mengingat dengan baik, belajar lebih cepat dan efisien serta melatih gambar keseluruhan.

Loading...

Caroline Edward (2009:64)

Menurut Caroline Edward, Mind Mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia.

Melvin L. Silberman(2005:177)

Menurut Melvin L. Silberman, Mind Mapping adalah h cara kreatif bagi peserta didik secara individual untuk menghasilkan ide-ide, mencatat pelajaran atau merencanakan penelitian baru.

Bobby De Porter

Menurut Bobby De Porter, Mind Mapping (Peta Pikir) adalah pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan grafis lainnyauntuk membentuk kesan antara otak kiri dan otak kanan yang ikut terlibat sehingga mempermudah memasukkan informasi ke dalam otak.

Bobby De Porter dan Mike Hernacki (2003:153)

Menurut Bobby De Porter dan Mike Hernacki, Mind Mapping adalah suatu teknik mencatat yang dapat memetakan pikiran yang kreatif dan efektif serta memadukan dan mengembangkan potensi kerja otak baik belahan otak kanan atau belahan otak kiri yang terdapat didalam diri seseorang .

Manfaat Mind Mapping

Berdasarkan segi waktu, Mind mapping bisa mengefesiensikan penggunaan waktu dalam mempelajari suatu informasi. Hal tersebut terjadi karena metode ini bisa menyajikan gambaran suatu hal secara menyeluruh dalam weaktu yang singkat. Berikut ini, beberapa manfaat metode pencatatan menggunakan mind mapping:

  • Tema utama terdefinisi dengan sangat jelas karena dinyatakan ditengah
  • Level keutamaan informasi teridentifikasi dengan baik. Informasi yang memiliki kadar kepentingan lebih diletakkan dengan tema utama
  • Hubungan masing-masing informasi dengan mudah dapat dikenali
  • Informasi baru dapat segera digabungkan tanpa merusak keseluruhan struktur mind mapping sehingga dapat mempermudah pengingatan
  • Masing-masing mind mapping sangat unik sehingga mempermudah proses pengingatan
  • Mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci

Cara Membuat Mind Mapping

Mind map merupakan alat berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami. Mind map ini memungkinkan otak untuk menggunakan semua gambar dan asosiasi dalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang.

Berikut beberapa hal yang penting dalam membuat peta pikiran:

  • Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah.
  • Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
  • Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol
  • Gunakan huruf besar
  • Buat peta pikiran dikertas polos dan dihilangkan proses edit
  • Sisakan tuang untuk penambahan tema

Jenis-Jenis Mind Mapping

Berikut beberapa jenis mind mapping, diantaranya:

Mind Map Silabus

Mind Map Silabus atau mind map makro adalah jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apoa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding. Berikut contoh mind mapping silabus:

Mind Map Bab

Mind mapping ini dibuat berdasarkan masing-masing bab yang telah dipelajari, namun harus diringkas poin penting atau garus besarnya saja untuk mudah mengingatnya. Berikut contoh mind map bab:

Mind Map Paragraf

Jenis mind map ini dapat memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan setiap bab, bisa juga mengetahui ringkasan penjelasan. Berikut contoh mind map paragraf. Mind map ini dapat dibuat di buku teks kecil. Berikut contoh mind map paragraf:

Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping

Kelebihan Mind Mapping

Adapun kelebihan mind map, diantaranya:

  • Lebih mudah melihat gambaran keseluruhan
  • Membantu otak untuk mengatur, mengingat, membandingkan dan membuat hubungan
  • Memudahkan penambahan informasi baru
  • Pengkajian ulang dapat dilakukan lebih cepat
  • Setiap peta memiliki sifat yang unik

Kekurangan Mind Mapping

Adapun kekurangan mind map yaitu:

  • Waktu terbuang untuk mencari kata kunci pengingat, karena kata kunci pengingat terpisah oleh jarak
  • Waktu terbuang untuk menulis kata-kata yang tidak berhubungan dengan ingatan
  • Waktu terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak penting

Demikian artikel tentang”Pengertian Mind Mapping, Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangan Mind Mapping Lengkap“, semoga bermanfaat.