Pengertian Komunikasi : Unsur, Fungsi, Tujuan dan Jenis dan Contohnya

Posted on

Pengertian Komunikasi – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah komunikasi. Apa yang dimaksud dengan komunikasi? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian komunikasi, unsur, fungsi, tujuan dan jenis komunikasi secara lengkap.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Pengertian komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga mudah dipahami. Komunikasi berasal dari bahasa inggris yaitu communication atau communis yang berarti bersama atau sama.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Nonverbal

Definisi komunikasi adalah suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang bisa dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gestur tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

William J. Seller

Menurut William J. Seller, Komunikasi adalah suatu proses yang dimana simbol nonverbal dan verbal dikirimkan, diterima dan diberi makna.

Onong Uchjana Effendy

Menurut Onong Uchjana Effendy, Komunikasi adalah sebuah proses dalam menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain dengan memiliki tujuan untuk memberitahu, mengeluarkan pendapat, mengubah suatu pola sikap atau suatu perilaku baik langsung maupun tidak langsung.

Raymond Ross

Menurut Raymond Ross, Komunikasi adalah suatu proses yang menyortir, memiliki dan mengirim sebuah simbol simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa membantu pendengar dalam membangkitkan suatu daya respon atau pemaknaan dari sebuah pemikiran yang selaras dengan yang dimaksud oleh komunikator.

Carl I. Hovland

Menurut Carl I. Hovland , Komunikasi adalah suatu proses yang mungkin seseorang bisa menyampaikan suatu rangsangan atau dengan lambang verbal yang memiliki tujuan untuk mengubah pola tingkah laku orang lain.

Everett M. Rogers

Menurut Everett M. Rogers, Komunikasi adalah suatu proses yang dimana ide dialihkan dari satu sumber ke penerima lainnya dengan tujuan untuk mengubah suatu pola perilaku mereka.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Interpersonal

Forsdale

Menurut Forsdale, Komunikasi adalah sebuah proses yang dalam sistem membentuk dan dipelihara serta diubah dengan memiliki tujuan agar sinyal-sinyal yang dikirimkan dan bisa diterima dengan dilakukan sesuai dengan sebuah aturan yang telah ditetapkan.

Colin Cherry

Menurut Colin Cherry, Komunikasi adalah sebuah proses yang pihak-pihak saling menggunakan suatu informasi dalam mencapai suatu tujuan secara bersama dan mengaitkan sebuah hubungan antar penerus rangsangan dan pembangkitan balasannnya.

Deddy Mulyana

Menurut Deddy Mulyana, Komunikasi terdiri atas tiga konseptual yakni komunikasi sebagai suatu interaksi, komunikasi sebagai sebuah interaksi dan komunikasi sebagai suatu tindakan satu arah.

William I. Gorden

Menurut William I. Gorden, Komunikasi bisa dikategorikan menjadi empat yaitu komunikasi instrumental, komunikasi ritual, komunikasi sosial, dan komunikasi ekspresif.

Ruben dan Steward

Menurut Ruben dan Steward, Komunikasi adalah sebuah proses yang mengaitkan individu yang satu dengan individu yang lainnya dalam sebuah komunitas, kelompok, organisasi dan masyarakat yang menciptakan dan merespon pesan dengan mempunyai tujuan untuk beradaptasi dengan suatu lingkungan yang satu dengan lainnya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut KKBI, Komunikasi adalah suatu pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan tersebut dapat dipahami.

Baca Juga : Teori Komunikasi

James A. F. Stoner

Menurut James A. F. Stoner, Komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.

Prof. Drs. H. A. W. Widjaya

Pengertian komunikasi menurut Prof. Drs. H. A. W. Widjaya adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.

Anderson

Pengertian komunikasi menurut Anderson adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.

Lexicographer

Pengertian komunikasi menurut Lexicographer adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua belah pihak akan tercapai jika mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.

Aristoteles

Pengertian komunikasi menurut Aristoteles adalah usaha yang berfungsi sebagai alat warga masyarakat dalam berperan serta dalam demokrasi.

Hoben

Pengertian komunikasi menurut Hoben adalah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan secara lisan.

Redi Panuju

Pengertian komunikasi menurut Redi Panuju adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.

Murphy & Mendelson

Pengertian komunikasi menurut Murphy & Mendelson adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.

Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Pengertian komunikasi menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.

Baca Juga : Pengertian Gaya Komunikasi

Shannon dan Weaver

Pengertian komunikasi menurut Shannon dan Weaver adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja. Komunkikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.

Raymond S. Ross

Pengertian komunikasi menurut Raymond S. Ross adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.

William Albig

Pengertian komunikasi menurut William Albig adalah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.

William I. Gordon

Pengertian komunikasi menurut William I. Gordon adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.

Djenamar SH

Pengertian komunikasi menurut Djenamar SH adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

William F. Glueck

Pengertian komunikasi menurut William F. Glueck, definisi komunikasi dapat dibagi menjadi dengan dua bentuk, diantaranya:

  • Komunikasi Antar Pribadi (Interpersonal communications), yaitu proses saling bertukar informasi serta pemindahan pengertian antara dua individu atau lebih di dalam suatu kelompok kecil manusia.
  • Komunikasi Dalam Organisasi (Organization Communications), yaitu proses dimana pembicara memberikan informasi secara sistematis dan memindahkan pengertian kepada orang-orang di dalam organisasi dan juga kepada orang-orang dan lembaga-lembaga di luar organisasi namun masih terkait dengan organisasi tersebut.

Unsur atau Syarat Komunikasi

Terdapat beberapa unsur dalam komunikasi atau syarat komunikasi diantaranya yaitu:

Source

Source atau sumber adalah suatu dasar dalam penyampaian pesan guna memperkuat pesan itu sendiri. Sumber komunikasi yaitu orang, lembaga, buku dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Komunikasi

Komunikator

Komunikator adalah pelaku penyampai pesan berupa individu yang sedang berbicara atau penulis, Dapat juga berupa kelompok orang ataupun organisasi komunikasi seperti televisi, radio, film, surat kabar, dan sebagainya.

Pesan

Pesan adalah keseluruhan yang disampaikan oleh komunikator. Pesan tersebut memiliki tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah sikap dan tingkah laku orang lain.

Saluran

Saluran (channel) adalah sebuah komunikator yang digunakan menyampaikan pesan. Saluran komunkasi dapat berupa saluran formal dan saluran informal. Saluran formal adalah saluran yang mengikuti garis wewenang suatu organisasi, seperti komunikasi antara pimpinan dan bawahan, sedangkan saluran informal adalah saluran berupa desas-desus, kabar burung dan kabar angin.

Komunikan

Komunikan adalah penerima pesan dalam komunikasi baik berupa individu, kelompok dan massa

Effect

Effect atau Hasil adalah hasil akhir dari komunikasi dengan bentuk terjadinya perubahan sikap dan perilaku komunikan. Perubahan tersebut dapat sesuai dengan keinginan ataupun tidak sesuai dengan keinginan komunikator.

Fungsi Komunikasi

Fungsi komunikasi, diantaranya yaitu:

Komunikasi Sebagai Kendali

Fungsi komunikasi sebagai kendali artinya komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku orang lain atau anggota dalam beberapa cara yang harus dipatuhi.

Komunikasi Sebagai Motivasi

Komunikasi sebagai motivasi berarti komunikasi memberikan perkembangan dalam memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal-hal dalam sebuah kehidupan.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Massa

Komunikasi Sebagai Pengungkapan Emosional

Dalam hal ini berarti komunikasi memiliki peranan dalam mengungkapkan perasaan kepada orang lain, baik itu senang, gembira, kecewa, tidak suka dan lain sebagainya.

Komunikasi Sebagai Informasi

Dalam hal ini, berarti komunikasi memberikan informasi yang diperlukan setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pemilihan alternatif.

Tujuan Komunikasi

Tujuan dilakukan komunikasi, diantaranya yaitu:

  • Agar apa yang disampaikan komunikator dapat dimengerti komunikan. Agar dapat dimengerti komunikan maka komunikator perlu menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin.
  • Agar dapat memahami orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat memahami individu lain dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan orang lain.
  • Agar pengungkapan pendapat dapat diterima orang lain. Sebuah komunikasi dan pendekatan persuasif adalah salah satu cara agar gagasan diterima orang lain.
  • Untuk menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.
  • Komunikasi dan pendekatan persuasif ini
  • Agar bisa membangun persamaan persepsi dengan orang lalu menggerakkannya sesuai keinginan.

Jenis Jenis Komunikasi

Secara umum, ada 3 jenis komunikasi diantaranya yaitu:

Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan bisa terjadi baik secara langsung maupun tidak langsung yang dibatasi oleh jarak dan waktu. Jarak dan waktu sangat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas komunikasi. Komunikasi lisan bertujuan agar informasi yang disampaikan penyampai informasi (berita) dapat diterima dan dipahami penerima berita.

Teknologi komunikasi lisan adalah berkomunikasi dengan menggunakan alat yang menghasilkan suara berbahasa lisan, contohnya telepon. Komunikasi lisan langsung artinya komunikasi terjadi antara pemberi informasi langsung ke penerima informasi tanpa melalui perantara baik itu orang atau alat.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Tulis

Pengertian komunikasi tulis disampaikan secara tidak langsung, contoh komunikasi tulis yang sering digunakan seperti surat kabar atau koran, majalah, artikel, dan lain sebagainya. Teknologi komunikasi tulis adalah berkomunikasi menggunakan tulisan, huruf atau gambar. Melalui tulisan, pengguna dapat mengkomunikasikan ide, pesan dan informasi lainnya, misalnya surat menyurat.

Komunikasi Isyarat

Pengertian komunikasi isyarat adalah komunikasi dengan menggunakan kode isyarat yang telah disepakati dan dimengerti oleh masing-masing pihak baik pemberi ataupun penerima informasi. Salah satu kode yang umum digunakan yaitu kode Morse. Komunikasi ini dilakukan melalui media lambang, simbol atau gambar. Model komunikasi ini dapat kita temukan di pinggir jalan atau pada tempat-tempat tertentu yang lebih dikenal dengan rambu-rambu.

Jenis Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Komunikasi Verbal (Lisan)

Pengertian komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjalin secara langsung tanpa adanya jarak yang berarti. Contoh komunikasi lisan misalnya; meeting dengan klien, wawancara kerja, atau dua orang yang sedang berbicara.

Komunikasi lisan bisa juga terjadi secara jarak jauh. Misalnya pembicaraan melalui teleconference, berbicara melalui telepon, dan video call.

Komunikasi Tertulis

Saat ini komunikasi dengan tertulis biasanya dilakukan melalu aplikasi atau media teknologi, misalnya mengirim pesan melalui email, chatting melalui aplikasi WhatssApp, LINE, Facebook Messenger dan lain sebagainya.

Jenis Komunikasi Berdasarkan Maksud

Komunikasi bisa dibedakan berdasarkan maksud komunikator. Kemauan komunikator merupakan unsur utama dalam proses penyampaian pesan. Berikut ini beberapa jenis komunikasi berdasarkan maksud komunikator, diantaranya yaitu:

  • Pidato.
  • Wawancara.
  • Memberi perintah.
  • Memberi ceramah.
  • Pemberian saran dan kritik.

Baca Juga : Pengertian Komunikasi Bisnis

Jenis Komunikasi Berdasarkan Ruang Lingkup

Berdasarkan ruang lingkupnya, komunikasi bisa dibedakan menjadi:

Komunikasi Internal

Pengertian komunikasi internal adalah jenis interaksi yang berada dalam batas ruang lingkup organisasi dimana interaksi hanya terjadi antar individu di dalam organisasi itu saja. Komunikasi internal ini bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Komunikasi vertikal; berupa perintah atasan, teguran, arahan, dan lainnya.
  • Komunikasi horizontal; berupa diskusi atau bertukar pikiran antar anggota organisasi yang posisinya sama.

Komunikasi Eksternal

Pengertian komunikasi eksternal adalah jenis komunikasi yang dilakukan sebuah organisasi kepada publik, seperti jumpa pers, program tv dan radio, pameran dan publikasi serta bakti sosial.

Jenis Komunikasi Berdasarkan Aliran Informasi

Berdasarkan arah penyampaiannya diantaranya yaitu:

  • Komunikasi satu arah yaitu komunikasi yang datang dari satu pihak, misalnya guru dan murid.
  • Komunikasi dua arah yaitu komunikasi yang sifatnya dua arah dimana dua individu saling memberikan pesan dan feedback satu dengan yang lain.
  • Komunikasi ke atas yaitu komunikasi yang berasal dari bawah ke atas, misalnya informasi yang di sampaikan bawahan kepada atasan.
  • Komunikasi ke samping yaitu komunikasi yang tercipta karena adanya kesamaan kedudukan, atau komunikasi antara dua individu yang posisinya sejajar.

Baca Juga : Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

Demikian pembahasan tentang pengertian komunikasi, unsur, fungsi, tujuan dan jenis komunikasi secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.