Pengertian Novel : Ciri, Struktur, Unsur dan Jenis Novel

Posted on

Pengertian Novel – Apa yang dimaksud dengan novel? Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian novel menurut para ahli, ciri, struktur, unsur dan jenis novel secara lengkap.

Baca Juga : Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Dan Novel

Pengertian Novel Secara Umum

Kata novel berasal dari bahasa Italia yaitu “novella” yang berarti sebuah kisah atau cerita. Secara umum, pengertian novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang yang berada di sekelilingnya dan menonjolkan watak (karakter) dan sifat setiap pelaku. Novel terdiri dari bab dan sub-bab tertentu sesuai dengan kisah ceritanya. Penulis novel disebut novelis.

Definisi novel adalah suatu bentu karya sastra yang berbentuk prosa yang memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Novel mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Isi novel panjang dan memiliki permasalahan yang rumit atau kompleks.

Umumnya, dalam novel dimulai dari peristiwa penting yang dialami tokoh cerita yang nantinya akan mengubah nasib hidupnya. Berbeda dengan cerpen, perbedaan cerpen dan novel adalah cerpen ceritanya lebih pendek dan ringkas, sedangkan novel lebih panjang dan kompleks juga.

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pengertian novel menurut KBBI adalah sebuah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Aristoteles

Pengertian novel menurut Aristoteles, sastra bukanlah jiplakan dari kenyataan, melainkan sebuah ungkapan atau perwujudan mengenai universalia atau konsep-konsep umum.

Nurgiyantoro

Pengertian novel menurut Nurgiyantoro adalah sebuah karya prosa fiksi yang cukup panjang tidak terlalu panjang namun tidak terlalu pendek.

Abrams

Menurut Abrams, istilah novel berasal dari bahasa Italia “novella” yang mengandung makna harfiah sebuah barang baru yang kecil, yang kemudian diartikan sebagai cerita pendek dalam bentuk prosa.

Baca Juga : Membandingkan Novel Indonesia/Terjemahan Dengan Hikayat

Drs. Jakob Sumardjo

Pengertian novel menurut Drs. Jakob Sumardjo adalah suatu bentuk sastra yang sangat populer di dunia. Bentuk karya sastra ini paling banyak beredar dan dicetak karena daya komunitasnya yang sangat luas di dalam masyarakat.

Dr. Nurhadi & Dr. Dawud

Pengertian novel menurut Dr. Nurhadi & Dr. Dawud adalah suatu bentuk karya sastra yang nilai-nilai budaya, sosial, moral dan pendidikan.

Dr. Nurhadi

Pengertian novel menurut Dr, Nurhadi adalah suatu bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan moral.

Paulus Tukam

Pengertian novel menurut Paulus Tukam adalah karya sastra yang berbentuk prosa dan memiliki unsur-unsur intrinsik di dalamnya.

Agus Priantoro

Pengertian novel menurut Agus Priantoro adalah karya sastra yang memiliki dua unsur, yaitu intrinsik dan ekstrinsik keduanya saling terkait sebagai pengaruh timbal balik dalam literatur.

Dra. Abdul Roni, M. Pd

Pengertian novel menurut Abdul Roni adalah bentuk karya sastra yang nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan moral.

Esten

Menurut Esten, dalam proses penciptaan karya sastra, seorang pengarang berhadapan dengan kenyataan yang ditemukan dalam masyarakat realitas objektif dalam bentuk peristiwa-peristiwa, norma-norma atau tata nilai, pandangan hidup dan aspek lain dalam masyarakat.

Drs. Rostamaji, M.Pd

Pengertian novel menurut Rostamaji adalah sebuah karya sastra yang mempunyai dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik yang mana keduanya saling berkaitan dengan karena saling berpengaruh dalam sebuah karya sastra.

Baca Juga : Menganalisis Novel Terjemahan Dan Novel Indonesia

Scholes

Pengertian novel menurut Scholes adalah sebuah cerita yang berkaitan dengan peristiwa nyata atau fiksional yang dibayangkan pengarang melalui pengamatannya terhadap realitas.

Sayuti

Menurut Sayuti, pengertian novel seringkali dibandingkan dengan cerpen, perbedaannya adalah cerpen menitikberatkan pada intensitas, sedangkan novel cenderung bersifat meluas atau expands. Novel yang baik cenderung menitikberatkan pada kemunculan complexity, yaitu kemampuan menyampaikan permasalahan yang kompleks secara penuh, mengkreasikan sebuah dunia yang “jadi”, berbeda dengan cerpen yang bersifat implisit yaitu menceritakan masalah secara singkat.

Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd, Dra. Abdul Roni, M. Pd

Pengertian novel menurut Dr. Nurhadi, Dr. Dawud, Dra. Yuni Pratiwi, M.Pd, Dra. Abdul Roni, M. Pd adalah suatu bentuk karya sastra yang didalamnya terdapat nilai-nilai budaya, sosial, pendidikan dan moral.

Drs. Rostamaji, M.Pd dan Agus Priantoro, S.Pd

Pengertian novel menurut Drs. Rostamaji, M.Pd dan Agus Priantoro, S.Pd adalah sebuah karya sastra yang memiliki dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik yang keduanya saling berkaitan karena berpengaruh dalam sebuah karya sastra.

Ciri-Ciri Novel

Ciri atau karakteristik novel diantaranya yaitu:

  • Jumlah kata yang digunakan lebih dari 35.000 kata
  • Berisi setidaknya 100 lembar/halaman
  • Cerita dalam novel lebih dari satu impresi, efek dan emosi
  • Alur cerita dalam novel lebih kompleks
  • Cerita di dalamnya lebih luas dibandingkan cerpen
  • Memiliki cerita yang panjang namun banyak kalimat yang diulang-ulang
  • Novel ditulis dengan narasi dan didukung dengan deskripsi untuk menggambarkan suasana yang ada di dalam novel tersebut.
  • Untuk membaca novel sampai habis dibutuhkan durasi waktu 2 jam atau 120 menit.

Baca Juga : Resensi Novel

Struktur Novel

Struktur novel terdiri dari:

Abstrak

Abstrak adalah ringkasan inti dari sebuah novel sebagai gambaran awal. Unsur ini bersifat opsional, bisa digunakan dan bisa juga tidak.

Orientasi

Orientasi adalah segala hal yang berkaitan dengan suasana, waktu, dan tempat yang terdapat di dalam cerita novel.

Komplikasi

Komplikasi adalah urutan beberapa kejadian yang dihubungkan berdasarkan sebab-akibat.

Evaluasi

Evaluasi adalah struktur konflik yang terdapat pada novel dimana konflik yang terjadi mengarah ke suatu titik tertentu.

Resolusi

Resolusi adalah bagian dimana terdapat solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh tokoh utama dalam novel.

Koda

Koda adalah bagian akhir suatu novel dimana di dalamnya biasanya terdapat pesan atau nilai moril yang ingin disampaikan kepada pembaca.

Unsur-Unsur Novel

Unsur Intrinsik Novel

Unsur Intrinsik merupakan unsur yang digunakan untuk membangun karya sastra dari dalam, diantaranya adalah sebagai berikut:

Alur

Alur adalah rangkaian peristiwa yang membentuk jalannya suatu cerita novel. Alur dibedakan menjadi 2 bagian yaitu Alur maju (Progesif) dan alur mundur (Flash Back Progesif).

Baca Juga : Pengertian Cerpen

Tokoh

Tokoh adalah para pelaku yang ada dalam novel.

Penokohan

Penokohan adalah pemberian watak atau karakter pada setiap pelaku dalam sebuh cerita. Misalnya melalui ciri fisik, tempat tinggal, dan cara bertindak.

Tema

Tema adalah poko permasalahan yang terdapat dalam sebuah cerita novel.

Gaya Bahasa

Gaya bahasa adalah cara pengarang dalam menyampaikan cerita di dalam novel, misalnya menggunakan majas atau diksi tertentu. Berikut beberapa jenis majas yang biasa digunakan dalam novel, diantaranya:

  • Personifikasi adalah suatu gaya bahasa yang mendeskripsikan macam-macam benda mati dengan cara memberikan berbagai macam sifat-sifat seperti manusia.
  • Simile (perumpamaan) adalah suatu gaya bahasa yang mendeskripsikan sesuatu dengan pengibaratan.
  • Hiperbola adalah suatu gaya bahasa yang mendeskripsikan sesuatu dengan cara berlebihan dengan maksud memberikan efek yang berlebihan.

Latar/Setting

Latar atau setting adalah gambaran terjadinya peristiwa-peristiwa dalam sebuah cerita meliputi waktu, tempat, sosial budaya dan keadaan lingkungan.

Sudut Pandang

Sudut pandang adalah penempatan diri pengarang dan juga cara pengarang dalam melihat macam kejadian-kejadian dalam cerita yang di paparkan.

Amanat

Amanat adalah pesan yang disampaikan yang terdapat dalam sebuah cerita dalam novel.

Baca Juga : Pengertian Cerita Fiksi

Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur ekstrinsik adalah unsur yang membangun karya sastra yang berasal dari luar, diantaranya kapan karya tersebut dibuat, latar belakang kehidupan pengarang, latar belakang sosial pengarang, latar belakang penciptaan, biografi pengarang, sejarah dan lain sebagainya. Lebih jelasnya, unsur ekstrinsik novel diantaranya yaitu:

  • Latar Belakang Pengarang, yaitu semua hal yang terkait dengan pemahaman dan motivasi pengarang novel dalam membuat karyanya. Misalnya; biografi, kondisi psikologis, aliran sastra.
  • Latar Belakang Masyarakat, yaitu segala hal di masyarakat yang mempengaruhi alur cerita pada novel. Misalnya; kondisi sosial, politik, ekonomi, dan ideologi.
  • Nilai yang Terdapat Pada Novel, yaitu nilai-nilai yang terkandung pada sebuah novel (nilai budaya, moral, sosial, agama).

Jenis-Jenis Novel

Secara umum, novel dikelompokkan menjadi beberapa jenis diantaranya:

Jenis Novel Berdasarkan Nyata atau Tidaknya Kejadian

Novel Fiksi

Pengertian novel fiksi adalah novel yang tidak nyata atau tidak terjadi pada kehidupan nyata.

Novel Non-Fiksi

Pengertian novel non fiksi adalahnovel yang pernah ada atau nyata adanya

Jenis Novel Berdasarkan Genre Ceritanya

Novel Romantis

Pengertian novel romantis adalah novel yang isinya berupa kisah kasih sayang dan percintaan.

Novel Horor

Pengertian novel horor adalah novel yang berisi tentang hal yang menyeramkan.

Novel Komedi

Pengertian novel komedia adalah novel yang berisi cerita lucu.

Novel Inspiratif

Pengertian novel inspiratif adalah novel yang berisi kisah inspiratif.

Baca Juga : Pengertian Fabel

Jenis Novel Berdasarkan Isi dan Tokoh

Novel Teenlit

Pengertian novel teenlit adalah novel yang berisi cerita tentang remaja.

Novel Chicklit

Pengertian novel chicklit adalah novel yang berisi tentang perempuan muda.

Novel Songlit

Pengertian novel songlit adalah novel yang diambil dari sebuah lagu.

Novel Dewasa

Pengertian novel dewasa adalah novel yang berisi cerita orang dewasa.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian novel menurut para ahli, ciri, struktur, unsur dan jenis novel secara lengkap. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.