Pengertian Mindset, Komponen, Jenis dan Cara Membentuk Mindset Menuru Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Mindset, Komponen, Jenis dan Cara Membentuk Mindset Menuru Para Ahli Terlengkap – Mindset atau Pola Pikir adalah pandangan atau posisi mental seseorang yang mempengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatub fenomena. Ada pula yang mengartikan, mindset adalah pandangan mental individu yang memepengaruhi pendekatan orang tersebut dalam menghadapi suatu peristiwa/fenomena/kejadian.

Pengertian Mindset Menurut Para Ahli

Gunawan (2007:14)

Menurut Gunawan, Mindset adalah beliefs that affect somebody’s attitude; a set of beliefs a way of thinking that determine sombebody’s behavior and outlook (Kepercayaan-kepercayaan yang mempengaruhi sikap seseorang;sekumpulan kepercayaan atau suatu cara berfikir yang menentukan perilaku dan pandangan, sikap dan masa depan seseorang.

Mulyadi (2007:14)

Menurut Mulyadi, Minset adalah sikap mental mapan yang dibentuk melalui pendidikan, pengalaman dan prasangka.

Adi W Gunawan (2013)

Menurut Adi W Gunawan dalam Rachmat Soegiharto (2013), Mindset adalah sekumpulan kepercayaan (belief) atau cara berpikir yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, yang akhirnya akan menentukan level keberhasilan hidupnya.

Komponen Mindset

Menurut Carol S Dweck (2006), mindset terdiri atas 3 (tiga) komponen pokok, seperti:

Paradigma

Paradigma adalah cara yang digunakan seseorang dalam memandang sesuatu. Paradigma merupakan sistem keyakinan dasar atau cara memandang dunia yang membimbing peneliti tidak hanya dalam memilih metode tapi juga cara fundamental yang bersifat ontologis dan epistologis.

Suatu paradigma bisa dipandang sebagai seperangkat kepercayaan dasar yang bersifat sebagai prinsip utama atau pokok. Suatu paradigma bisa dicirikan oleh respon terhadap 3 pertanyaan mendasar seperti pertanyaan ontologi, epistologi dan metodologi.

Keyakinan Dasar

Keyakinan dasar adalah kepercayaan yang dilekatkan seseorang terhadap sesuatu. Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Jika melakukan sesuatu yang telah diyakini maka kita akan melakukannya sepenuh hati.

Nilai Dasar

Nilai Dasar adalah sikap, sifat dan karakter yang dijunjung tinggi seseorang, sehingga berdasarkan semua itu nilai-nilai tersebut seseorang dibatasi.

Jenis-Jenis Mindset

Menurut Carol Dweck (2006), ada 2 macam jenis mindset yaitu Fixed Mindset (Mindset Tetap) dan Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Fixed Mindset (Mindset Tetap)

Fixed Mindset atau Mindset Tetap ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Apabila seseorang memiliki sejumlah intelegensi, karakter dan kepribadian tertentu.

Adapun ciri-ciri orang dengan mindset tetap atau fixed mindset:

  • Memiliki keyakinan bahwa inteligensi, bakat, sifat sebagai fungsi hereditas atau keturunan.
  • Menghindari adanya tantangan
  • Mudah menyerah
  • Menganggap usaha yang dilakukan tidak ada gunanya
  • Mengabaikan kritik yang diberikan padanya
  • Merasa terancam dengan kesuksesan yang diraih  orang lain

Growth Mindset (Mindset Berkembang)

Growth Mindset atau Mindset Berkembang ini didasarkan pada kepercayaan bahwa kualitas dasar seseorang merupakan hal yang bisa diolah melalui upaya tertentu. Walaupun manusia mungkin berbeda dalam segala hal seperti bakat, kemampuan atau tempramen setiap orang dapat berubah dan berkembang melalui perlakukan dan juga pengalaman.

Ciri-Ciri Orang yang memiliki mindset berkembang atau growth mindset yaitu:

  • Memiliki keyakinan bahwa intelegensi, bakat dan sifat bukan fungsi hereditas atau keturunan.
  • Menerima tantangan dan bersungguh-sungguh menjalankannya
  • Tetap berpandangan ke depan dari kegagalan
  • Berpandangan positif terhadap usaha
  • Belajar dari kritik yang diterima
  • Menemukan pelajaran dan mendapatkan inspirasi dari kesuksesan orang lain

Cara Membentuk Mindset

Proses terjadinya mindset atau cara membentuk mindset dapat dilakukan melalui beberapa langkah atau tahap, sebagai berikut:

a. Trendwatching
Pada tahapan ini, manajemen puncak melakukan pengamatan berbagai tren pemacu perubahan yang akan terjadi di masa depan. Ada 4 pemacu perubahan yang berdampak pada lingkungan organisasi.

b. Envisioning
Envisioning merupakan kemampuan seseorang untuk menggambarkan dampak perubahan alam lingkungan bisnis yang diakibatkan oleh berbagai pemacu perubahan yang telah di amati dalam trendwatching.

c. Perumusan Paradigma
Karena lingkungan organisasi digambarkan karakteristiknya sebagai lingkungan di dalamnya customer, maka paradigma yang sesuai dengan lingkungan customer value strategy, suatu pandangan untuk bertumbuh di tentukan oleh kemampuan organisasi tersebut dalam menyediakan value terbaik bagi customer.

d. Perumusan Mindset
Mindset terdiri dari tiga komponen: paradigma, keyakinan dasar dan nilai dasar. Untuk itu, dalam merumuskan mindset; setelah paradigma dirumuskan, lalu rumuskan keyakinan dasar dan nilai dasar yang sesuai dengan paradigma tersebut.

Berdasarkan paradigma customer value strategy, lalu dibangun customer value mindset dan berdasarkan paradigma juga continious improvement dibentuk dalam dua mindset yaitu continious improvement mindset dan opportunity mindset.

Demikian artikel tentang”Pengertian Mindset, Komponen, Jenis dan Cara Membentuk Mindset Menuru Para Ahli Terlengkap“, semoga bermanfaat.