Pengertian Tulang Baji : Letak, Ciri, Bentuk, Jumlah dan Fungsi Tulang Baji

Posted on

Fungsi Tulang Baji – Apa yang dimaksud dengan tulang baji? Tulang baji ada berapa? Apa fungsi tulang baji? Dimana letak fungsi tulang baji? Bagaimana bentuk tulang baji?

Baca Juga : Fungsi Tulang Pelipis

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian tulang baji, letak, ciri, jumlah dan fungsi tulang baji pada manusia secara lengkap.

Pengertian Tulang Baji

Tulang Baji atau tulang sfenoid (Os Sfenoidalis) adalah jenis tulang yang berada pada bagian tengah dasar tengkorak manusia dengan bentuk anatomi seperti kupu-kupu dengan tiga pasang sayap.

Letak tulang baji berada diantara tulang pelipis dan tulang dahi dahi sehingga ukuran tulang baji dalam tulang tengkorak cukup kecil dibanding tulang lain yang ada disekitarnya.

Ciri-Ciri Tulang Baji

Ciri atau karakteristik tulang baji, diantaranya yaitu:

  • Bentuk tulang baji pipih atau gepeng.
  • Memiliki ukuran yang kecil, tidak lebar atau tidak besar.
  • Jumlah tulang baji pada manusia ganya satu.
  • Secara anatomi, letaknya agak cekung kedalam sebab terhimpit dua tulang.

Baca Juga : Fungsi Tulang Belikat

Fungsi Tulang Baji

Fungsi tulang baji pada tulang tengkorak manusia, antara lain:

Merupakan Bagian Spenoid

Tulang baji menjadi salah satu bagian pusat dasar (spenoid) kotak otak. Bagian otak manusia berfungsi mengatur sistem saraf dalam tubuh manusia. Dalam hal ini, tulang baji berperan sebagai tempat pelekatan dan penyangga serta pelindung bagi pusat dasar kotak otak yang berfungsi sebagai pusat saraf dan mengatur pembuluh darah di semua bagian tubuh. Oleh sebab itu, meski ukuran tulang baji kecil dan letaknya tersembunyi namun tidak bisa disepelekan benar-benar tidak bisa diremehkan sebab memiliki fungsi erat dalam keberlangsungan hidup manusia.

Mempunyai Fungsi yang Berhubungan dengan Otak

Otak merupakan organ vital dalam kepala manusia yang harus dilindungi seba itu otak dikelilingi tulang tengkorak yang kuat dan dapat mempertahankan keseimbangan otak tetap pada posisinya. Bagian samping otak dilindungi oleh tulang baji.

Bentuk tulang baji yang cekung ke dalam membuatnya dekat dengan otak dan melindungi otak dari trauma atau benturan akibat gerak tubuh dari bawah, seperti ketika terdorong atau terlempar, adanya otak baji berperan penting sebagai pelindung otak dari hal seperti itu sehingga setiap titik sudut otak akan tetap aman.

Sebagai Penguat Struktur Tulang Lain

Tulang baji menjadi salah satu anggota tulang penyusun tengkorak manusia yang mempunyai kekuatan dan manfaat mandiri, letaknya yang berada ditengah dengan bentuk cekung membuatnya diperlukan sebagai penguat struktur tulang yang ada disekitarnya karena tulang baji mampu menyangga dan mempertahankan tulang lain agar tetap seimbang dalam posisinya.

Baca Juga : Fungsi Tulang Rusuk

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian tulang baji, letak, ciri, jumlah dan fungsi tulang baji pada manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat