Pengertian Efektifitas, Rumus, Aspek dan Contoh Efektifitas/Efektivitas Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Efektifitas, Rumus, Aspek dan Contoh Efektifitas/Efektivitas Menurut Para Ahli Terlengkap – Efektifitas/Efektivitas adalah suatu keadaan yang menunjukkan seberapa jauh suatu target yang telah dicapai oleh manajemen seperti kualitas, kuantitas, dan waktu, dimana target tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu. Atau lebih singkatnya, efektifitas adalah usaha tertentu atau suatu tingkat keberhasilan yang bisa dicapai oleh seseorang atau suatu perusahaan.

Pengertian Efektifitas/Efektivitas Menurut Para Ahli

Amin Tunggul Widjaya (1993:32)

Menurut Amin Tunggul Widjaya, Efektivitas adalah hasil membuat keputusan yang mengarahkan melakukan sesuatu dengan benar, yang membantu memenuhi misi suatu perusahaan atau pencapaian tujuan.

Permata Wesha (1992:148)

Menurut Permata Wesha, Efektivitas adalah keadaan atau kemampuan berhasilnya suatu kerja yang dilakukan oleh manusia untuk membrikan guna yang diharapakan untuk melihat efektivitas kerja pada umumnya dipakai empat macam pertimbangan yaitu : Pertimbangan ekonomi, Pertimbangan fisiologi, Pertimbangan Psikologi dan Pertimbangan Sosial.

Sondang dalam Othenk (2008:4)

Menurut Sondang dalam Othenk, efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah barang atas jasa kegiatan yang dijalankannya.

Abdurahmat dalam Othenk (2008:7)

Menurut Abdurahmat dalam Othenk, efektivitas adalah pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana dalam jumlah tertentu yang secara sadar ditetapkan sebelumnya untuk menghasilkan sejumlah pekerjaan tepat pada waktunya.

Prasetyo Budi Saksono

Menurut Prasetyo Budi Saksono, Efektifitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan output (keluaran) yang dicapai dengan output yang diharapkan dari jumlah input (masukan) dalam suatu perusahaan atau seseorang.

Hidayat

Menurut Hidayat, Efektifitas adalah suatu ukuran perusahaan yang menyatakan seberapa target yakni kuantitas, kualitas, dan waktu telah tercapai secara jauh, dimana makin besar persentase target yang dicapai maka akan makin tinggi efektifitasnya.

Schemerhon John R. Jr.

Menurut Schemerhon John R. Jr.,Efektifitas adalah pencapaian target keluaran (output) yang akan diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau OA (seharusnya) dengan output realisasi atau OS (sesungguhnya). Jika OA > OS maka akan disebut dengan efektif.

Sondang

Menurut Sondang, Efektifitas adalah suatu pemanfaatan sarana prasarana, sumber daya dalam jumlah tertentu yang sebelumnya telah ditetapkan untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang akan dijalankan oleh seseorang atau suatu perusahaan.

Siagaan

Menurut Siagaan, Efektifitas adalah suatu yang menekankan pada hasil yang akan dicapai oleh suatu perusahaan atau seseorang.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Efektifitas adalah daya guna, keaktifan, serta adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang ingin dicapai.

Rumus Efektifitas

Untuk mencapai suatu efektifitas maka bisa digunakan rumus efektifitas berikut ini:

Efektifitas = Output Target/Output Aktual > = 1

a. Apabila output (keluaran) aktual berbanding output yang diinginkan < 1 maka tidak tercapai efektifitas
b. Apabila output (keluaran) aktual berbanding output yang diinginkan > 1 atau = 1 maka akan tercapai efektifitas.

Aspek-Aspek Efektifitas

Berikut beberapa aspek efektifitas suatu program, diantaranya yaitu:

Aspek peraturan dan ketentuan
Efektifitas dalam suatu kegiatan bisa dianggap tercapai dengan melihat berfungsi atau tidaknya aturan yang sudah dibuat dalam menjaga kelangsungan proses kegiatan tersebut. Aturan tersebut berkaitan dengan aturan baik yang berhubungan dengan peserta didik maupun berhubungan dengan guru, jika aturan tersebut berjalan dengan baik maka aturan atau ketentuan tersebut sudah berjalan dengan efektif.

Aspek fungsi atau tugas
Suatu perusahaan dapat dikatakan efektifitas jika melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik begitu juga dengan model pembelajaran akan mencapai efektifitas jika fungsi dan tugasnya berjalan dengan baik dan proses pembelajaran pada beserta didik berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.

Aspek program atau rencana
Maksud dari aspek ini yaitu rencana pembelajaran pada siswa yang terprogram dengan baik, jika seluruh rencana bisa dilaksanakan dengan baik maka akan dikatakan telah mencapai efektifitas.

Aspek kondisi ideal atau tujuan
Dalam aspek ini suatu program atau kegiatan bisa dikatakan mencapai efektifitas dilihat dari sudut hasil, jika kondisi ideal atau tujuan program atau kegiatan dicapai dengan baik. Penilaian pada aspek ini dapat dilihat dari keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Efektifitas sering dikaitkan dengan efisiensi, meskipun terlihat sama, sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Efektifitas lebih menekankan pada hasil yang dicapai seseorang atau suatu perusahaan sedangkan efesiensi lebih melihat pada proses untuk mencapai hasil tersebut dengan baik.

Contoh Efektifitas

Media pembelajaran dalam pendikan yaitu jika media pembelajaran memenuhi kriteria yang diinginkan seperti memberi hasil, ada perubahan dan memberi pengaruh bagi peserta didik nantinya.

Saat merumuskan tujuan instruksional media pembelajaran tersebut, jika tujuan instruksionalnya bisa dicapai dengan baik maka dapat dikatakan hal tersebut sudah mencapai efektifitasnya. Semakin banyak tujuan yang bisa tercapai maka akan semakin efektif pula media pembelajaran tersebut.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang “Pengertian Efektifitas, Rumus, Aspek dan Contoh Efektifitas/Efektivitas Menurut Para Ahli Terlengkap” Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.