Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur dan Bagian-Bagian Talamus/Thalamus Lengkap

Posted on

Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur dan Bagian-Bagian Talamus/Thalamus Lengkap – Talamus atau Thalamus dalam bahasa Yunani berarti ruang bagian dalam. Talamus adalah salah satu struktur yang terletak di tengah otak, tepatnya diantara korteks serebral dan otak tengah. Thalamus merupakan struktur terbesar yang ada di diencephalon, yaitu bagian dari otak yang terletak antara otak tengah (mesencephalon) dan otak depan (telencephalon). Fungsi kelenjar talamus yaitu untuk menyampaikan sinyal sensorik dan motorik yang berhubungan dengan kesadaran, tidur dan kewaspadaan ke korteks otak. Atau lebih singkatnya, fungsi talamus yaitu mengirim pesan sensorik estafet dari tubuh ke otak serta mengatur tingkat kesadaran. Thalamus merupakan suborgan dari diencephalon.

Talamus merupakan bagian sistem limbik dan menghubungkan daerah dari korteks serebral yang bertanggung jawab untuk kontrol gerak dan persepsi sensorik dengan bagian lain dari otak yang terlibat dalam fungsi yang sama.

Fungsi Talamus/Thalamus

Fungsi utama kelenjar talamus/thalamus yaitu menyampaikan informasi yang berhubungan dengan kesadaran, siklus tidur dan juga kewaspadaan. Selain itu, talamus/thalamus berfungsi sebagai pemancar dan meneruskan informasi mengenai reseptor indera seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan dan rasa, kecuali penciuman.

Loading...

Talamus sering digambarkan sebagai stasiun relay. Hal tersebut karena hampir semua informasi sensorik (kecuali bau) yang dilanjutkan ke korteks pertama berhenti di talamus sebelum dikirim ke tujuan. Talamus dibagi menjadi beberapa inti yang memiliki spesialisasi fungsional untuk menangani jenis informasi tertentu. Informasi sensorik melakukan perjalanan ke talamus dan dialihkan ke inti disesuaikan dengan berperan dalam jenis data indrawi. Selanjutnya, informasi tersebut dikirim dari inti yang ke daerah yang tepat dalam korteks di mana informasi tersebut diproses lebih lanjut.

Struktur dan Bagian-Bagian Talamus/Thalamus

Letak Thalamus atau Talamus yaitu di bagian atas batang otak, dekat pusat dari otak. Thalamus terdiri dari mass berbentuk bola lampu yang terbagi dua dengan panjang sekitar 5,7 vm dan simetris antara kiri dan kanan. Talamus menerima nutrisi dan oksigen dari 4 cabang pembuluh darah cerebral posterior. Kelenjar Thalamus mengandung Lamella yaitu serabut saraf bermielin.

Thalamus merupakan salah satu bagian dari sistem nukleus kompleks, bersama dengan Hypothalamus, Epithalamus, dan Prethalamus (Ventral Thalamus) dan Dorsal Thalamus. Beberapa nukleus yang terdapat pada thalamus/talamus, diantaranya yaitu:

a. Nukleus Thalamus Anterior, ini termasuk sistem limbik yang menyalurkan rangsangan ke korteks cinguli
b. Nukleus Ventralis Anterior, ini berhubungan dengan korpus striatum
c. Nukleus Ventralis Lateralis, ini berfungsi menerima saraf dari globus pallidus dan serebelum serta mengeluarkan serabut-serabut saraf yang berjalan ke korteks motoris serebri
d. Nukleus Ventralis Posterolateralis, yaitu stasiun tempat sinapsis traktus spinotalamikus dan lemniskus medialis, yang selanjutnya berjalan menuju korteks serebri.
e. Sentrum Medianum, ini berhubungan dengan korpus stratum
f. Nukelus Medial, ini berhubungan dengan hipotalamusdan lobus frontalis
g. Nukleus Pulvinar, ini berhubungan dengan lobus oksipitalis dal lobus parietalis
h. Korpus Genikulatum Mediale, yaitu stasiun penghubung penghantar rangsang pendengaran
i. Formasi Retikularis, ini merupakan subtrat anatomi kesadaran.

Thalamus berhubungan langsung dengan hipokampus (yaitu bagian dari otak besar yang terletak di lobus temporal) melalui jalur mammillo thalamic. Juga berhubungan korteks serebral melalui saluran Thalamokortikal.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur dan Bagian-Bagian Talamus/Thalamus Lengkap . Semoga postingan ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa