Pengertian Target Pasar (Targeting), Manfaat, Faktor Yang Mempengaruhi dan Contoh Target Pasar Terlengkap

Posted on

Pengertian Target Pasar (Targeting), Manfaat, Faktor Yang Mempengaruhi dan Contoh Target Pasar Terlengkap – Target pasar (Targeting) adalah sekelompok pembeli yang memiliki sifat sama yang membuat pasr berdiri sendiri. Target pasar adalah kelompok pelanggan yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mau membeli produk yang dipasarkannya. Atau lebih singkatnya, target pasar memiliki kelompok konsumen mana yang akan dilayani.

Dalam penentuan target pasar ini, perusahaan harus menilai berbagai mecam jenis segmen dengan hati-hati untuk nantinya ditentukan berapa ukuran segmen serta segmen mana yang akan dimasuki perusahaan. Pemilihan segemen yang terlalu sempit bisa berakibat pada kegagalan dalam mencapai volume penjualan dan laba yang diinginkan. Sebaliknya, jika segmen terlalu luas maka akan berakibat pada biaya yang akan melebihi kenaikan penjualana dan laba.

Adapula pengertian target pasar menurut para ahli, diantaranya:

Loading...
  • Menurut Solomon dam Elnora (2003:232), Target market adalah Group that a firm selects to turn into customers as a result of segmentation and targeting.

Target pemasaran dan segementasi pemasaran saling berkaitan, setelah segmentasi dilakukan maka penetapan target pasar sangat mudah dilakukan. Penetapan target pasar ini merupakan proses mengevaluasi daya taril tiap segemen dan memilih satu atau lebih segemen yang akan dimasuki.

Manfaat Target Pasar

Dengan penerapan target pasar, perusahaan bisa berkembang pada posisi produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) untuk setiap target pasar yang berkaitan. Target pasar sangat bermanfaat terutama dalam hal berikut ini:

  • Memudahkan dalam penyesuaian produk dan strategi marketing mix (bauran pemasaran) yang dilakukan dengan target pasar.
  • Mengembangkan posisi produk dan strategi marketing mix
  • Dengan menjalankan identifikasi pada pasar yang akan dilayani dengan efektif, maka perusahaan bisa berasa pada posisi yang lebih baik.
  • Mengantisipasi adanya persaingan
  • Menggunakan sumber perusahaan yang terbatas secara efisien dan efektif
  • Menargetkan peluang pasar yang lebih luas.

Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Menentukan Target Pasar

Adapun faktor yang perlu diperhatikan dalam sebelum menetapkan segmen pasar yang akan dituju, diantara seperti:

a. Ukuran Segmen
Perkiraan ukuran segmen pasar yang akan dituju merupakan faktor penting dala menentukan apakah segmen pasar tersebut cukup bagus untuk ditindaklanjuti. Pada umumnya, perusahaan besar akan memilih segmen dengan volume penjualan yang besar dan menghindari segemen bervolume penjualan kecil. Sementara, perusahaan kecil cenderung menghindari segemen pasar yang besar karena perusahaan tersebut membutuhkan sumber daya yang terlalu banyak.

b. Pertumbuhan Segmen
Pertumbuhan segemen juga termasuk faktor penting dalam penentuan target pasar. Meskipun ukuran segemen saat ini relatif kecil, namun tidak menutup kemungkinan akan berkembang pada masa yang kana datang. Karena pada dasarnya, segmen kecil merupakan segmen yang potensial.

c. Sumber Daya Perusahaan
Perusahaan mendapatkan sumber daya dari dalam perusahaan maupun dengan bekerja sama dengan pihak luar perusahaan. Konsekuensi dari sumber daya yang didapatkan dari kerja sama dengan pihak luar adalah penghasilan dan resiko perusahaan ditanggung bersama. Bentuk kerja sama dengan pihak luar dapat dijalankan dengan ventura atai product sharing.

d. Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Mencapai Segmen
Suatu segemen harus disesuaikan demham aktivitas pemasaran perusahaan. Jika segmen yang dikehendaki tidak cocok maka sebaiknya tidak perlu dilakukan. Untuk itu, identifikasi mengenai segmen yang akan dituju dilakukan dengan teliti.

e. Analisis Situasi
Perusahaan harus melakukan analisis situasi dengan teliti dan cermat terlebih dahulu. Analisis situasi ini, diantaranya berkaitan dengan konsumen, permasok dam distributor.

Contoh Target Pasar

Misalnya kita memiliki bisnis dibidang fashion untuk anak-anak, maka target pasarnya yaitu:

a. Produk yang dijual
pakaian anak-anak, penjualan secara online

b. Target Pasar
Kota Besar seperti Palembang, Medan, Padang, Lampung dan Kota lain di pulau Sumatera yang bisa dijangkau oleh kurir pengirim barang maksimal dalam 4 hari.

c. Target demografi konsumen
Wanita yang sudah berkeluarga dan memiliki anak kecil dengan umur sekitar 25-40 tahun yang memiliki pendapatan keluarga diatas 5 juta rupiah per bulan.

d. Karakteristik psikologis konsumen
Konsumen sering menggunakan komputer, email dan sosial media; mengikuti trend fashion anak dan hobi membaca majalah fashion anak.

Demikian penjelasan mengenai  semoga bermanfaat Pengertian Target Pasar (Targeting), Manfaat, Faktor Yang Mempengaruhi dan Contoh Target Pasar Terlengkap . Sampai jumpa di postingan selanjutnya.