Pengertian Time Budget Pressure, Indikator dan Dampak Time Budget Pressure Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Time Budget Pressure, Indikator dan Dampak Time Budget Pressure Menurut Para Ahli Lengkap – Time Budget Pressure atau Tekanan Anggaran Waktu merupakan suatu bentuk tekanan yang muncul dari keterbatasan sumber daya untuk melakukan dan menyelesaikan tugas audit dimana auditor dituntut melakukan efisiensi pada anggaran waktu. Sumber daya yang terbatas di berbagai situasi, termasuk masalah profitabilitas, keterbatasan personil dan kendala biaya.

Penerapan Time Budget Pressure yang dilakukan dengan baik bisa memberikan keuntungan yang sangat efisien untuk melakukan penjadwalan staff, menjadi panduan dalam melakukan hal penting dari berbagai area audit, membantu staff auditor untuk mencapai kinerja yang efektif dan efisien.

Adanya time pressure memaksa auditor untuk menyelesaikan tugas secepatnya sesuai dengan anggaran waktu yang telah ditetapkan. Pelaksanaan prosedur audit ini tentu hasilnya tidak akan sama jika prosedur audit dilakukan dalam kondisi tanpa time pressure.

Loading...

Time budget pressure yang diberikan oleh KAP pada auditornya bertujuan untuk mengurangi biaya audit. Semakin cepat waktu pengerjaan audit, maka biaya pelaksanaan audit akan semakin kecil.

Pengertian Time Budget Pressure Menurut Para Ahli

Alderman dkk (1990)

Menurut Alderman dkk, Time Budget Pressure adalah suatu bagian dari perencanaan yang digunakan auditor yang menetapkan panduan dalam satuan waktu jam untuk setiap seksi dari audit. Jumlah jam harus dialokasikan dengan persiapan scedule kerja yang menunjukkan siapa yang melaksanakan serta apa dan berapa lama hal tersebut dilakukan. Kemudian total jam tersebut dianggarkan pada kategori utama di prosedur audit dan disusun dalam bentuk skedul mingguan.

Herningsih (2006)

Menurut Herningsih, Time budget pressure adalah keadaan dimana auditor dituntut untuk melakukan efisiensi terhadap anggaran waktu yang telah disusun, atau terdapat pembatasan waktu dalam anggaran yang sangat ketat.

Rahayu dan Suhayati (2010)

Menurut Rahayu dan Suhayati, Time budget pressure adalah suatu audit disusun dengan memprediksi waktu yang dibutuhkan pada setiap tahap dalam program audit untuk berbagai tingkat auditor dan menjumlahkan prediksi tersebut, yaitu dengan mengestimasi jumlah jam yang dibutuhkan oleh setiap level staf dan mengestimasi out of pocket cost.

Nirmala dan Cahyonowati (2013)

Menurut Nirmala dan Cahyonowati, Time Budget Pressure adalah keadaan yang menunjukkan auditor dituntut untuk melakukan efisiensi terhadap anggaran waktu yang telah disusun atau terdapat pembahasan waktu anggaran yang sangat ketat dan kaku.

Indikator Time Budget Pressure

Menurut Lautania (2011), indikator Time Budget Pressure diantaranya yaitu:

Indikator Tingkat Pengetatan Anggaran

  • Efisiensi terhadap anggaran waktu yaitu auditor bertindak dengan cara meminimalisir kerugian atau pemborosan waktu dalam melaksanakan audit.
  • Pembatasan waktu yang ketat dalam anggaran yaitu auditor ketika membuat anggaran waktu dengan klien harus memikirkan batasan waktu dalam penyelesaian audit sehingga KAP memperoleh hasil yang terbaik.

Indikator Ketercapaian Anggaran

  • Menyelesaikan audit tepat pada waktunya yaitu auditor melaporkan hasil audit sesuai dengan anggaran yang direncanakan, seehingga memaksa auditor untuk menyelesaikan audit tepat pada waktunya.
  • Tingkat pemenuhan pencapaian time budget auditor yaitu seberapa besar dan seberapa banyak auditor memenuhi pencapaian target time budget dalam melakukan audit.

Menurut Willett (2006), indikator time budget pressure diantaranya yaitu:

Pemahaman Auditor atas Time Budget
Pemahaman mengenai time budget penting karena bisa mengetahui seberapa besar auditor merasakan tekanan yang ditimbulkan time budget. Apabila pemahaman auditor mengenai time budget sangat tinggi maka tekanan yang ditimbulkan atas time budget tersebut akan rendah dan begitu sebaliknya.

Tanggung Jawab Auditor atas Time Budget
Seorang auditor harus mengetahui tanggung jawab yang harus diselesaikan dan target yang harus dicapai serta bertanggung jawab untuk menjaga agar proses audit berjalan efisien dan sesuai dengan time budget yang diterapkan. Tanggung jawab tersebut harus diketahui sebelum proses audit berjalan dengan tujuan agar tekanan yang ditimbulkan oleh time budget dapat diantisipasi oleh auditor sehingga tidak berpengaruh pada kualitas audit yang dihasilkan.

Penilaian Kinerja yang dilakukan oleh Atasan
Time budget merupakan suatu alat bagi manajer untuk mengukur kinerja seorang auditor, penilaian kinerja tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana auditor telah memenuhi time budget yang telah ditetapkan, penilaian kinerja yang telah diberikan atasan pada auditor terkadang menimbulkan tekanan bagi auditor untuk menajalankan tugas audit dan bisa berpengaruh pada kualitas audit yang dihasilkan.

Penentuan Fee Auditor
Penentuan fee akan berpengaruh pada kualitas audit.  Penentuan fee ini akan sangat memberikan tekanan bagi auditor. Maka perlu adanya ketentuan khusus yang mengatur mengenai penentuan fee agar nantinya tidak berdampak negatif terhadap pemberian opini pada laporan audit.

Dampak Time Budget Pressure

Menurut DeZoort dan Lord (1997), ada 3 (tiga) dampak time budget pressure, diantaranya yaitu:

  • Impacting attitudes, yang termasuk ke dalam impacting attitudes diantaranya yaitu: stress, feeling of failure, job dissatisfaction, undesired turnover.
  • Impacting intention, yang termasuk ke dalam impacting intention diantaranya yaitu: underreporting time dan accepting weak from of evidence during the audit.
  • Impacting behavior, yang termasuk ke dalam impacting behavior diantaranya yaitu: premature sign-off dan neglect needed research an accounting standards.

Demikian artikel tentang”Pengertian Time Budget Pressure, Indikator dan Dampak Time Budget Pressure Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.