Pengertian Tulang Tapis : Letak, Ciri, Bentuk, Jumlah dan Fungsi Tulang Tapis

Posted on

Fungsi Tulang Tapis – Apa itu tulang tapis? Apa fungsi tulang tapis? Berapa jumlah tulang tapis? Dimana letak tulang tapis? Bagaimana bentuk tulang tapis?

Baca Juga : Fungsi Tulang Baji

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang pengertian tulang tapis, ciri, letak, bentuk, jumlah dan fungsi tulang tapis pada manusia secara lengkap.

Pengertian Tulang Tapis

Tengkorak kepala atau rangka kepala adalah tulang yang berperan penting pada bagian kepala yang memberikan pelindungan terhadap organ otak yang mengatur berbagai sistem saraf dan sistem lain dalam tubuh manusia. Jika seseorang mengalami cedera pada bagian kepala, maka kemungkinan akan berisiko terjadi sejumlah gangguan.

Tulang tapis merupakan bagian dari rangka tengkorak atau kepala. Tulang tapis atau disebut juga tulang etmoid (Os ethmoidale) adalah jenis tulang penyusun rangka kepala yang lataknya berada didepan tulang baji dan diantara tulang mata. Ukuran tulang tapis kecil, bentuk tulang tapis pipih, dan jumlah tulang tapis ada 2 buah. Fungsi tulang tapis adalah membentuk dinding belakang lekuk mata dan berperan dalam proses penglihatan manusia juga menjaga kesehatan rongga nasal.

Selain itu, tulang tapis membentuk conchae yang mampu memperluas permukaan dalam hidung yang berperan meningkatkan sirkulasi udara pada hidung juga menghangatkan, membersihkan dan melembapkan udara sebelum masuk ke pulmo (paru-paru).

Ciri Ciri Tulang Tapis

Berikut ini ciri-ciri tulang tapis yang membedakannya dengan tulang penyusun tengkorak lainnya, diantaranya yaitu:

Letaknya Berada Diantara Kedua Mata

Letak tulang tapis berada diantara kedua mata. Oleh sebab itu, keberadaan dan fungsi tulang tapis berkaitan erat dengan kesehatan dan penjagaan mata.

Berjumlah Dua

Jumlah tulang tapis pada manusia ada dua yaitu pada bagian mata kanan dan mata kiri. Kedua tulang tapis tersebut akan menghubungkan mata dan menjaga mata dari berbagai ancaman kerusakan.

Memiliki Ukuran Yang Tidak Lebar

Meski secara umum tulang pipih memiliki ukuran yang lebar, tapi tidak dengan tulang tapis. Tulang tapis tidak lebar sama sekali sebab posisinya yang terhimpit diantara mata.

Baca Juga : Fungsi Tulang Pelipis

Memiliki Bentuk yang Pipih

Bentuk tulang tapis adalah pipih atau gepeng. Seringkali tulang tapis mirip dengan lempengan kecil jika dilihat. Sebagai tulang berbentuk pipih, tulang tapis tersusun atas dua lapisan tulang kompak.

Fungsi Tulang Tapis

Fungsi tulang tapis, antara lain:

Untuk Membentuk Lekukan Dinding Belakang Mata yang Melekuk

Pada struktur mata terdapat bagian mirip rongga yang memberikan pelindungan agar tetap tersimpan dan berlokasi. Bagian dinding belakang mata terbentuk dari berbagai lapisan tulang pipih. Oleh sebab itu, jika terjadi cedera pada bagian dinding belakang mata, kemungkinan tulang tapis akan mengirimkan sinyal pada kepala yang kemudian akan merespon dengan rasa sakit kepala disekitar mata.

Melindungi Struktur Mata

Mata adalah panca indera yang yang berfungsi sebagai organ penglihatan yang terletak di kepala. Jika mata tak terjaga maka kemungkinan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala. Adanya keterkaitan sakit kepala dengan mata tersebut, tulang tapis berfungsi melindungi mata dari gangguan penyebab sakit kepala tersebut.

Menjaga Kesehatan Rongga Nasal

Rongga nasal adalah struktur rongga pada hidung yang seringkali menyebabkan penyakit sinusitis. Tulang tapis juga melindungi rongga hidung tersebut sehingga penyakit seperti sinusitis pada rongga hidung dapat dicegah serta vertigo yang menyertai.

Sebagai Tempat Pembentukan Sel Darah

Bentuk tulang tapis yang pipih memudahkan pembuluh darah di sekitarnya dalam membentuk sel darah, maka jaga kesehatan tulang tapis agar membantu pembentukan sel darah menjadi meningkat.

Baca Juga : Fungsi Tulang Belikat

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian tulang tapis, ciri, letak, bentuk, jumlah dan fungsi tulang tapis pada manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat