Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap – Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang berisi pendapat atau sikap yang disertai dengan alasan, conto0h dan bukti yang meyakinkan sehingga pembaca akan membenarkan isi paragraf tersebut.

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi sang penulis. Tujuan paragraf argumentasi yaitu untuk menyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan penulis. Agar tujuan tersebut tercapai, maka paragraf argumentasi harus disertai dengan fakta aktual seperti data, hasil research,teori ahli, contoh, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat yang dijabarkan.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Berikut ciri-ciri atau karakteristik paragraf argumentasi, diantaranya yaitu:

Loading...
  • Berisi pendapat, pandangan, atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  • Memiliki data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  • Menjabarkan permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

Cara Membuat Paragraf Argumentasi

Berikut langkah-langkah menulis paragraf argumentasi:

  • Menentukan tema atau topik permasalahan yang akan dibahas,
  • Merumuskan tujuan penulisan,
  • Mengumpulkan data atau bahan. Data tersebut dapat berupa bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung.
  • Membuat kerangka paragraf tersebut
  • Mengembangkan kerangka yang telah dibuat sehingga menjadi paragraf.

Jenis-Jenis Paragraf Argumentatif dan Contohnya

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat ini diawali dengan pendapat yang berupa sebab-sebab dari permasalahan tertentu yang akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum yang disebut dengan akibat dari sebab-sebab tersebut. Berikut contoh paragraf argumentasi sebab akibat:

Pendidikan di Indonesia masih tertinggal jauh dengan pendidikan negara-negara lain di dunia. Bahkan Negara kita masih kalah dengan Negara tetangga kita, Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan masih jauh tertinggal, apa lagi di daerah-daerah tertinggal seperti papua, NTT, NTB, dan masih banyak lagi. Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah seperti itu disebabkan oleh tidak meratanya pendidikan di Negara kita. Pemerintah hanya membangun fasilitas-fasilitas pendidikan di daerah-daerah perkotaan. Selain itu, minimnya jumlah guru di daerah tersebut ikut membuat semakin jauhnya akses pendidikan di tempat itu. Akibatnya, pendidikan di Indonesia tidak merata dan tertinggal, sehingga tidak bisa bersaing dengan Negara-negara lain di dunia.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf argumentasi ini diawali dengan pendapat-pendapat yang berupa akibat dari suatu permasalahan tertentu dan pada bagian akhir paragraf dijabarkan apa yang menjadi penyebab akibat-akibat tersebut. Berikut contoh paragraf argumentasi akibat sebab:

Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam. Bahkan lebih parah dari lima tahun terakhir. Menurut data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan di jalan hanya mencapai 4.500 kasus, bandingkan dengan tahun ini yang sudah mencapai 5.300 kasus pada H+ 2 lebaran, sehingga dipastikan akan semakin bertambah jumlahnya. Dari 5. 300 kasus tersebut, persentase yang paling banyak adalah kendaraan bermotor. Melonjaknya angka kecelakaan ini disebabkan oleh bertambahnya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

Paragraf Argumentatif Rincian

Paragraf argumentatif rincian adalah paragraf argumentatif yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian. Berikut contoh paragraf argumentatif rincian:

Penggalian pasir yang terjadi di area dataran tinggi yang terdapat di aliran hulu sungai seharusnya mendpatkan perhatian dari pemerintah, karena jika dibiarkan berlarut-larut akan terjadi kerusakan alam yang bisa menyebabkan bencana yang dapat merugikan masyarakat setempat. bukti bencana alam akibat penggalian pasir di area perbukitan terbukti sebagai penyebab bencana alam antara lain:

  • Banjir bandang, salah satu contoh terbaru adalah banjir bandang di daerah garut yang teridentifikasi disebabkan oleh rusaknya area dataran tinggi di daerah hulu sungai cimanuk
  • Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi adalah rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan.
  • Pencemaran lingkungan, asap kendaraan proyek penggalian pasir dan pengolahan batu menyebabkan penyakit ispa yang dialami oleh warga terdekat.
  • Dan lain sebagainya.

Paragraf Argumentatif Contoh

Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak bisa disangkal lagi oleh pembaca. Berikut contoh paragraf argumentasi paragraf:

Facebook memang dibuat khusus untuk media pertemanan secara online namun pada kenyatannya media sosial yang satu ini tidak selamanya memberikan dampak positif, ini dibuktikan dengan adanya beberapa tindakan kriminal yang bersumber dari media sosial ini contohnya, misalnya penculikan, penipuan dan dampak negatif lainnya yang berhasil diungkap oleh kepolisian, oleh karena itu bijak dan selalu berhati-hatilah ketika menggunakan aplikasi ini.

Demikian artikel tentang “Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.