Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Persuasi Lengkap

Posted on

Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Persuasi Lengkap – Paragraf Persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan atau bujukan kepada pembaca agar melakukan atau mengikuti apa yang dituliskan dalam paragraf tersebut. Paragraf persuasi dibuat berdasarkan pemahaman atau asumsi bahwa setiap pandangan atau pendirian umat manusia bisa berubah-ubah.

Tujuan paragraf persuasi yaitu untuk membujuk dan mempengaruhi pembaca agar mempercayai dan melakukan apa yang penulis sampaikan di dalam paragraf. Agar dipercaya, paragraf persuasi harus disertai dengan bukti dan data pendukung yang kuat. Di dalam paragraf persuasi banyak ditemukan kata-kata yang bersifat mengajak seperti “ayo”, “mari”, dan “lakukanlah”. Paragraf ini banyak ditemukan di dalam iklan, himbaun atau propaganda di media masa.

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Adapun ciri-ciri paragraf persuasif, yaitu:

  • Sering menggunakan alasan-alasan yang kuat disertai dengan data dan fakta yang menunjang tujuan ajakan, mengingat paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca.
  • Berusaha meyakinkan pembacanya untuk melakukan atau mempercayai yang ditulis oleh penulis.
  • Banyak menggunakan kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah dan lain sebagainya.
  • Biasanya menghindari konflik agar kepercayaan pembacanya tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca tercapai.

Jenis-Jenis Paragraf Persuasi

Berdasarkan fungsinya, paragraf persuasi dibedakan menjadi 4 (empat) jenis diantaranya yaitu:

Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik adalah jenis paragraf persuasi yang isinya berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk menentukan pilihan pada calon atau partai politik tertentu. Biasanya di media cetak ditandai dengan judul “Advertorial” dibagian kiri atas wacana yang memuat paragraf tersebut.

Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan banyak digunakan oleh intansi atau dalam dunia pendidikan untuk menunjang tujuan pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan bisa berupa himbauan, motivasi maupun anjuran.

Paragraf Persuasi Advertensi/Periklanan

Paragraf persuasi advertensi adalah paragraf persuasi yang memiliki tujuan komersil. Paragraf advertensi biasanya digunakan oleh produsen perusahaan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk tertentu dengan harapan konsumen tertarik untuk membelinya.

Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf persuasi propaganda biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi dengan tujuan agar pembacanya mau mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan oleh penulis di dalam paragraf tersebut. Persuasi propaganda banyak ditemukan di media cetak seperti majalah, portal berita online, surat kabar dan lain sebagainya.

Contoh Paragraf Persuasi

Berikut beberapa contoh paragraf persuasi:

Contoh 1

Hutan merupakan paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan kita tidak akan bisa hidup di bumi ini. Pohon-pohon yang ada di hutan setiap harinya memproduksi oksigen yang sangat kita butuhkan untuk bernafas. Jika hutan kita tak terselamatkan dari penebangan liar dan pembakaran maka cepat atau lambat pohon-pohon di hutan akan habis. Hal tersebut berdampak pada kelangsungan hidup makhluk hidup temasuk diri kita. Jika hutan habis maka tak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Lalu bagaimana kita akan hidup? Marilah bersama-sama kita kampanyekan program one man one tree. Satu orang wajib menanam minimal satu pohon. Mari selamatkan, lestarikan, dan jaga hutan kita. Untuk adanya masa depan untuk kita dan anak cucu kita.

Contoh 2

Membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan membaca, ilmu dan wawasan kita akan semakin luas, sehingga kita tidak akan tertinggal oleh jaman yang semakin maju ini. Selain bermanfaat, membaca juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Membaca buku ternyata juga bisa merefresh otak-otak kita yang tegang. Oleh karena itu, marilah menciptakan budaya membaca karena membaca bisa memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.

Demikian artikel tentang “Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Persuasi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.