Pengertian, Fungsi dan Contoh Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan Dalam Perusahaan

Posted on

Pengertian, Fungsi dan Contoh Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan Dalam Perusahaan – Setiap perusahaan dagang melakukan kegiatan utamanya yaitu jual beli secara terus menerus dan kemungkinan tidak semua transaksi baik itu pembelian maupun penjualan dilakukan secara tunai. Maka penting bagi perusahaan menggunakan jurnal pembelian dan jurnal penjualan. Jurnal khusus pembelian dan jurnal khusus penjualan ini berfungsi memudahkan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan.

Pengertian Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan

Jurnal pembelian adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagang atau barang lain secara kredit. Sehingga pembelian barang secara tunai akan dicatat dalam jurnal khusus pengeluaran kas.

Setiap terjadi pembelian kredit barang dagang, maka akan dicatat pada debet akun pembelian dan kredit akun utang dagang. Jika transaksi ini terjadi berulang-ulang, maka akan lebih praktis disediakan kolom khusus untuk pembelian dan utang dagang.

Loading...

Sedangkan transaksi pembelian kredit barang lainnya, misalnya untuk pembelian perlengkapan dan peralatan, maka akan dicatat pada kolom debet akun perlengkapan dan kredit akun utang dagang. Jika transaksi ini terjadi berulang-ulang pula maka bisa dibuatkan kolom tersendiri untuk perlengkapan. Lalu, untuk pembelian barang lain yang bersifat tidak berulang-ulang, tidak perlu dibuatkan kolom khusus, tapi cukup ditampung pada kolom serba-serbi. Berikut contoh tabel jurnal pembelian:

Jurnal penjualan adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan barang secara kredit. Sehingga setiap penjualan barang secara kredit akan dicatat dalam jurnal penjualan. Dalam transaksi penjualan barang dagang secara kredit menyebabkan terjadi penambahan piutang dagang dan penambahan penjualan.

Saat terjadi penambahan piutang dagang maka akan dicatat pada posisi debet karena piutang merupakan salah satu jenis harta dan sebaliknya saat terjadi penambahan pendapatan dari hasil penjualan maka dicatat pada posisi kredit. Berikut contoh tabel jurnal penjualan:

Contoh Soal Jurnal Pembelian dan Penjualan Perusahaan

1. Berikut ini transaksi pembelian yang terjadi pada Usaha Dagang Cahaya pada bulan Juli.


2. Berikut ini transaksi penjualan kredit pada Usaha Dagang Cahaya pada bulan Juli.

Demikian artikel tentang “Pengertian, Fungsi dan Contoh Jurnal Pembelian dan Jurnal Penjualan Dalam Perusahaan“, semoga bermanfaat.