Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap – Teks eksposisi adalah teks yang berisi paragraf atau karangan yang didalamnya terdapat sejumlah pengetahuan dan informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat dan mudah untuk dipahami. Teks eksposisi bersifat real, nyata dan Ilmiah atau dapat dikatakan sebagai teks non fiksi.

Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan teks ekposisi yaitu memaparkan atau menjelaskan sejelas-jelasnya sejumlah informasi tertentu pada pembaca sehingga pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian dengan membaca teks eksposisi.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi

Adapun ciri-ciri atau karakteristik teks eksposisi diantaranya yaitu:

Loading...
  • Menjelaskan informasi atau pengetahuan tentang suatu hal
  • Gaya informasi yang bersifat mengajak
  • Penyampaian menggunakan bahasa baku dan disampaikan secara lugas
  • Bersifat netral atau tidak memihak
  • Fakta digunakan sebagai alat kontritasi dan alat kontribusi

Struktur Teks Eksposisi

Adapun susunan atau struktur bagian teks eksposisi yaitu:

Pembukaan
Pembukaan atau orientasi yaitu bagian yang berisi pandangan awal penulis tentang sebuah permasalahan dengan rangkaian yang sangat relevan.

Isi (Thesis)
Thesis merupakan isi dari teks eksposisi yang berisi kumpulan pendapat orang lain yang dianggap lebih ahli terkait permasalahan dan pokok bahasan yang tengah dibahas. Untuk mengidentifikasi struktur teks eksposisi yang satu ini sangat mudah, kita dapat mengidentifikasi thesis dengan memperhatikan pemilihan katanya.

Argumentasi
Bagian ini memuat bukti-bukti relevan yang mendukung thesis atau isi teks eksposisi. Umumnya argumentasi akan mengandung fakta-fakta relevan yang berkaitan dengan pokok bahasan seperti tanggal, latar, narasumber, dan penggunaan angka angka yang umumnya bersifat konkrit.

Penegasan ulang
Bagian ini berisi kesimpulan yang meliputi pembukaan, thesis hingga argumentasi yang disampaikan penulis yang tentunya disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan lebih singkat.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi

Adapun ciri kebahasaan yang ada pada teks ekposisi, diantaranya yaitu

  • Menggunakan pronomina, yaitu jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.
  • Menggunakan konjungsi, konjungsi dapat digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.
  • Menggunakan kata leksikal tertentu (kata yang mengacu pada kamus), yaitu kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Berikut beberapa jenis teks eksposisi, diantaranya yaitu:

Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks ekposisi ini menggunakan penggambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu yang mempunyai kesamaan sifat. Menggunakan frasa penghubung.

Teks Eksposisi Berita

Teks ekposisi ini memberikan informasi dari suatu kejadian, teks ini sering dijumpai dalam berita atau surat kabar.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks ekposisi ini menerangkan ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi ini berisi tentang panduan atau tata cara membuat sesuatu.

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi ini berisi tentang pengertian dari suatu obyek.

Teks Eksposisi Pertentangan

Berisi pertentangan antara suatu obyek dengan obyek yang lain. Jenis eksposisi ini biasanya menggunakan frasa penghubung seperti: meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya.

Teks Eksposisi Analisis

Proses memisahkan masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub bagian, Lalu melakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh Teks Eksposisi

Berikut contoh teks eksposisi:

Manfaat Tanaman Obat Sambiloto

Tesis
Tanaman obat sambiloto suduh populer sejak zaman nenek moyang terdahulu. Tanaman obat sambiloto ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka serta dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga.

Argumetasi
Dengan banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman ini maka banyak sekali produk komersial yang dapat dihasilkan. Namun tidak banyak pula orang yang mengetahuinya. Menurut beberapa peneliti banyak sekali khasiat yang terkandung dalam tanaman obat sambiloto ini. Manfaat tanaman sambiloto ini meliputi :

Tanaman obat sambiloto terdapat bagian yang dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan luka. Hal tersebut dibuktikan dengan cepatnya penyebuhan luka akibat terbakar maupun cedera.
Tanaman obat sambiloto juga dapat menyembuhkan penyakit panas karena mengandung antiperetika bahkan dapat pula mengobati tekanan darah tinggi.

Jenis tanaman ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker seperti jenis penyakit trofoblas maupun tumor paru.

Tanaman obat sambiloto juga dapat mengbati beberapa penyakit seperti diare, malaria, gatal gatal, sakit perut, disentri basiler, tifoid dan sebagainya.

Penegasan Ulang
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tanaman obat sambiloto tidak hanya menyembuhkan luka tetapi dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan akibat tanaman ini karena bersifat alami. Tanpa anda ketahui bahwa alam menyediakan kebutuhan obat yang diperlukan oleh tubuh.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Teks Eksposisi, Tujuan, Ciri, Struktur Kebahasaan, Jenis dan Contoh Teks Eksposisi Lengkap Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.