Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-Ciri, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Jenis Karya Ilmiah Lengkap

Posted on

Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-Ciri, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Jenis Karya Ilmiah Lengkap – Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ciri-Ciri Karya Ilmiah

Adapun ciri-ciri karya ilmiah, diantaranya yaitu:

  • Penulisan karya ilmiah yaitu objektif, di sampaikan dengan gaya bahasa yang sifatnya tidak pribadi, dengan menggunakan bentuk pasif dan tidak menggunakan kata ganti orang pertama ataupun orang kedua.
  • Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa yang baku, resmi dapat terlihat dari struktur katanya dan juga kalimat yang efektif dan struktur yang baku.
  • Komponen pada karya ilmiah sangat bervariasi sesuai dengan jenisnya, namun umumnya setiap karya ilmiah memuat bagian pendahuluan, bagian inti, bagian penutup, daftar pustaka dan lampiran (jika dibutuhkan). Selain itu, biasanya terdapat abstrak pada jenis tertentu.
  • Strukturnya sangat ketat mulai dari bagian awal, isi dan penutup.

Tujuan Karya Ilmiah

Adapun tujuan karya ilmiah, diantaranya yaitu:

Loading...
  • Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  • Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
  • Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
  • Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
  • Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian dengan benar dan teratur.

Manfaat Karya Ilmiah

Adapun manfaat penyusunan karya ilmiah, yaitu:

  • Penulis melatih mengembangkan kemampuan membaca secara lebih efektif, sebab untuk meulis karya ilmiah harus mencari dulu teori.
  • Penulis dapat melatih menggabungkan hasil bacaan mengenai teori-teori tentang penelitian dari berbagai macam sumber.
  • Mengenalkan Penulis dengan kegiatan kepustakaan.
  • Dapat melatih penulis untuk meningkatkan kemampuan dalam penorganisasian dan juga menyajikan fakta secara jelas serta secara sistematis.
  • Hasil karya ilmiah dapat dijadikan acuan untuk penelitian selanjutnya jika ada yang ingin melanjutkan.
  • Membentuk budaya akademik pada pendidikan secara lebih baik bagi penulis.
  • Memperluas wawasan ilmu pengetahuan.
  • Penulis memperoleh kepuasan dari segi intelektual.

Syarat-Syarat Karya Ilmiah

Secara umum, syarat karya ilmiag yaitu:

a. Bagian awal
Secara umum, bagian ini memuat halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar lampiran, arti tentang lambang maupun singkatan dan intisari karya ilmiah tersebut.

b. Bagian inti
Bagian ini memuat bab, pendahuluan, kajian teori, pembahasan, kesimpulan dan saran hasil dari penelitian. Dalam bagian bab ini, terdapat beberapa sub bab penelitian mengenai tema yang di bahas, misalnya seperti latar belakang permasalahan, pokok permasalahan, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian, waktu dan tempat penelitian, sistematika penulisan dan sebagainya. Hal tersebut tergantung tema apa yang diteliti.

c. Bagian akhir
Bagian ini umumnya terdiri atas Daftar Pustaka mengenai teori atau materi yang digunakan dari mana saja di dapatnya dan ampiran dokumen (jika diperlukan).

Jenis-Jenis Karya Ilmiah

Berikut beberapa jenis karya ilmiah, diantaranya seperti:

a. Makalah
Makalah adalah salah satu jenis karya ilmiah yang pembahasannya berdasarkan data dari lapangan yang sifatnya empiris objektif. Makalah juga dapat berupa hasil penelitian yang disusun untuk dibahas dalam suatu pertemuan ilmiah seperti seminar, makalah memiliki halaman lebih kurang 15-25 halaman saja. Bagian makalah yaitu:

  • bagian awal, terdiri atas sampul, daftar isi, daftar tabel dan daftar gambar.
  • bagian inti, terdiri dari materi yang dibahas seperti latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, pembahasan, kesimpulan dan saran.
  • bagian akhir, terdiri dari rujukan dan lampiran (jika di butuhkan)

b. Skripsi
Skripsi merupakan suatu jenis karya ilmiah untuk memenuhi syarat kelulusan sarjana atau S1. Umumnya berisi penelitian lapangan ataupun penelitian berbentuk kualitatif atau kuantitatf yang sistematika penulisannya ditata secara ketat.

c. Disertasi
Disertasi adalah karya tulis ilmiah yang dibuat atau di susun untuk mendapatkan gelar akademis doktor (Dr.) atau S3. Disertasi berupaya untuk menciptakan suatu teori yang baru dengan melakukan pengujian terhadap hipotesis yang disusun berdasarkan teori yang ada.

d. Proposal Penelitian
Proposal adalah suatu karya tulis yang memuat suatu rencana untuk permohonan pengajuan suatu kegiatan kepada orang yang bersangkutan dengan rencana tersebut.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Karya Ilmiah, Ciri-Ciri, Tujuan, Manfaat, Syarat dan Jenis Karya Ilmiah Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.