Pengertian Analisis SWOT, Komponen, Manfaat, Faktor dan Contoh Analisis SWOT Lengkap

Posted on

Pengertian Analisis SWOT, Komponen, Manfaat, Faktor dan Contoh Analisis SWOT Lengkap – SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktir tersebut membuat akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Setiap perusahaan tentu saja menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, Setelah itu menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya yaitu bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Jadi, pengertian analisis SWOT adalah suatu teknik yang digunakan dalam proses perencanaan suatu strategi yang akan digunakan dalam menganalisis dan mengoreksi segala kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang ada dalam perusahaan secara detail dan terperinci dimana tujuan tersebut agar perusahaan dapat berkembang maju.

Loading...

Komponen Analisis SWOT

Adapun komponen-komponen dasar yang ada dalam analisis swot, yaitu:

Strength (S)
Strength atau kekuatan adalah komponen yang menjadi suatu bentk karakteristik atas suatu perusahaan atau organisasi dimana mampu memberikan keuntungan.

Weakness (W)
Weakness atau kelemahan komponen yang menjadi ciri suatu kelemahan yang ada di perusahaan atau organisasi dibandingkan dengan yang lain.

Opportunities (O)
Opportunities atau peluang adalah berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi untuk dapat berkembang di masa depan.

Threats (T)
Threats atau ancaman adalah komponen yang berbentuk ancaman dimana kemungkinan besar akan dihadapi perusahaan atau organisasi yang akibatnya bisa menghambat laju perkembangan suatu perusahaan atau organisasi tersebut.

Manfaat Analisis SWOT

Metode analisis SWOT dapat dianggap sebagai metode analisi yang paling dasar, analisis swot bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun permasalahan dari 4 sisi yang berbeda. Hasil analisis SWOT biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahanakan kekuatan dan menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sembari mengurangi kekuarangan dan juga menghindari ancaman. Apabila digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu melihat sisi yang terlupakan atauyang selama ini tidak terlihat.

Jadi dapat disimpulkan, Analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis tersebut berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang ada dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang muncul dan harus dihadapi.

Faktor Yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Dalam menyusun strategi menggunakan analisis SWOT, tentu ada faktor yang mempengaruhi komponen analisis SWOT. Faktor tersebut dapat berasal dari dalam (faktor internal) dan berasal dari luar (faktor eksternal).

Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam perusahaan dimana terdapat 2 komponen yaitu kekuatan dan kelemahan. Kedua komponen tersebut berdampak pada lebih baiknya suatu penelitian jika kekuatan lebih besar daripada kelemahan.

Sehingga, jika kekuatan internal perusahaan ini menjadi lebih maksimum maka akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik. Berikut faktor internal yang mempengaruhi analisi SWOT, diantaranya yaitu:

  • Sumber daya yang dimiliki
  • Keuangan atau finansial yang dimiliki perusahaan
  • Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan
  • Pengalaman yang pernah dialami perusahaan sebelumnya baik yang berhasil maupun yang gagal.

Faktor Eksternal
Dalam faktor eksternal, apa yang diteliti tidak secara langsung terlibat. Faktor eksternal terbagi dalam 2 komponen yaitu ancaman dan peluang. Adanya kedua komponen tersebut maka akan memberikan data yang perlu dimasukkan dalam jurnal penelitian sehingga akan menghasilkan strategi untuk menghadapinya. Faktor eksternal yang mempengaruhi analisis SWOT, diantaranya yaitu:

  • Trend
  • Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian
  • Sumber permodalan
  • Peraturan pemerintah
  • Perkembangan teknologi
  • Peristiwa yang terjadi
  • Lingkungan

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Dalam melakukan analisis SWOT, perlu dibuat beberapa pertanyaan dan jawaban terlebih dahulu dimana harus sesuai dengan kondisi perusahaan. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang bisa gunakan:

Contoh Analisis SWOT

Perhatikan contoh analisis SWOT berikut ini:

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Analisis SWOT, Komponen, Manfaat, Faktor dan Contoh Analisis SWOT Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.