Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Fungsi dan Proses Manajemen Strategi Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Proses dan Tahapan Manajemen Strategi Menurut Para Ahli Lengkap – Manajemen Strategi atau Strategic Management adalah keputusan dan tindakan yang dapat digunakan untuk menformulasikan serta mengimplementasikan strategi yang memiliki daya saing yang tinggi yang sesuai dengan perusahaan maupun lingkungan untuk mencapai target atau sasaran dari organisasi.

Manajemen Strategi adalah ilmu dalam penyusunan, penerapan dan pengevaluasian untuk keputusan fungsional yang bisa memungkinkan perusahaan mencapai tujuannya. Pengertian manajemen strategi yang lainnya yaitu suatu proses atau rangkaian kegiatan pengambilan suatu keputusan yang memiliki sifat mendasar dan menyeluruh, disertai dengan penetapan cara melaksanakannya yang dibuat oleh pemimpin lalu diterapkan semua jajaran yang ada dalam suatu organisasi untuk mencapai target atau sasarannya.

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

David (2011:6)

Menurut David, Manajemen strategi adalah seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan sebuah organisasi untuk mencapai tujuan.

Loading...

Bambang Haryadi (2003:3)

Strategi Manajemen adalah suatu proses yang dirancang secara sistematis oleh manajemen untuk merumuskan strategi, menjalankan strategi dan mengevaluasi strategi dalam rangka menyediakan nilai yang terbaik bagi seluruh pelanggan untuk mewujudkan visi organisasi.

Thomas Wheelen dkk (2010:105)

Menurut Thomas Wheelen dkk, Manajemen strategi adalah serangkaian dari pada keputusan manajerial dan kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dari perumusan/perencanaan strategi, pelaksanaan/implementasi dan evaluasi.

Mulyadi (2001:40)

Menurut Mulyadi, Manajemen strategi adalah suatu proses yang digunakan oleh manajer dan karyawan untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi dalam penyediaan costumer value terbaik untuk mewujudkan visi organisasi.

Tujuan Manajemen Strategi

Adapun tujuan manajemen strategi yaitu:

  • Untuk menjalankan dan mengevaluasi strategi yang telah dipilih secara efektif dan secara efisien.
  • Untuk mengevaluasi kinerja, meninjau, mengkaji ulang, malakukan penyesuaian dan menkoreksi jika terdapat kesalahan atau penyimpangan dalam pelaksanaan strategi.
  • Untuk memperbaharui strategi yang dirumuskan supaya sesuai dengan perkambangan lingkungan eksternal.
  • Untuk meninjau kembali dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bisnis yang ada.
  • Untuk dapat melakukan inovasi atas produk atau barang supaya sesuai dengan selera dari konsumen.

Menurut Suwandiyanto (2010:02), tujuan manajemen strategi yaitu:

  • Memberikan arah pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
  • Membantu memikirkan kepentingan berbagai pihak.
  • Mengantisipasi setiap perubahan kembali secara merata.
  • Berhubungan dengan efisiensi dan efektivitas.

Fungsi dan Manfaat Manajemen Strategi

Adapun fungsi dan manfaat manajemen strategi yaitu:

  • Dapat menghasilkan keputusan terbaik
  • Dapat mempertinggi kemampuan perusahaan dalam menghadapi berbagai permasalahan yang ada.
  • Dapat memperbaiki pengertian pegawai atas penghargaan produktivitas dalam setiap perencanaan strategi.
  • Dapat membuat manajemen perusahaan menjadi lebih peka terhadap ancaman eksternal.
  • Dapat mencegah timbulnya masalah yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan serta dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghadapi masalah.
  • Membuat perusahaan dapat melaksanakan semua aktivitas operasional secara lebih efisien dan efektif.
  • Dapat membuat perusahaan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.
  • Membuat perusahaan lebih profitable.

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

Menurut David (2011:6), tahapan atau proses manajemen strategis diantaranya yaitu:

Perumusan Strategi (Strategy Formulation)
Perumusan strategi adalah tahap awal yang mencakup pengembangan visi misi, pengidentifikasian peluang eksternal organisasi dan ancaman, penentuan kekuatan dan kelemahan internal, penetapan tujuan jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif dan memilih strategi tertentu untuk mencapai tujuan.

Implementasi Strategi (Strategy Implemented)
Setelah perumusan strategi yang ditetapkan, tahap selanjutnya yaitu implementasi strategi. Penerapan strategi membutuhkan keputusan pihak berwenang dalam mengambil keputusan untuk menetapkan tujuan tahunan, menyusun kebijakan, memotivasi karyawan, dan mengalokasikan sumber daya sehingga strategi yang dirumuskan dapat dilaksanakan. Pada tahap implementasi strategi, dilakukan pengembangan strategi pendukung budaya, merencanakan struktur organisasi yang efektif, mengatur ulang usaha pemasaran yang dilakukan, mempersiapkan budget, mengembangkan dan utilisasi sistem informasi serta menghubungkan kompensasi karyawan terhadap kinerja organisasi.

Evaluasi Strategi (Strategy Evaluation)
Tahap terakhir yaitu evalusi strategi. Evaluasi strategi ini merupakan alat utama untuk memperoleh informasi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan penilaian atau melakukan proses evaluasi strategi. Dalam penilaian strategi terdapat tiga aktivitas penilaian yang mendasar, yaitu: Peninjauan ulang faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan bagi strategi saat ini, Pengukuran kinerja dan Pengambilan langkah korektif. Penilaian strategi sangat diperlukan suatu perusahaan karena strategi yang berhasil untuk saat ini tidak selalu berhasil untuk di masa yang akan datang.

Demikian artikel tentang “Pengertian Manajemen Strategi, Tujuan, Fungsi dan Proses Manajemen Strategi Menurut Para Ahli Lengkap“, semoga bermanfaat.