Pengertian Diferensiasi, Jenis-Jenis dan Strategi Diferensiasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on

Pengertian Diferensiasi, Jenis-Jenis dan Strategi Diferensiasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Diferensiasi atau proses pembedaan, ada beberapa jenis diferensiasi diantaranya seperti diferensiasi sosial dan diferensiasi produk.

Pengertian Diferensiasi Menurut Para Ahli

Kotler (2007:385)

Menurut Kotler, Diferensiasi produk adalah salah satu strategi perusahaan untuk membedakan produknya terhadap pesaing.

Porter

Menurut Porter, diferensiasi produk adalah perusahaan tertentu yang memiliki identifikasi merek dan keseimbangan pelanggan, yang disebabkan dari periklanan, pelayanan pelanggan, perbedaan produk dimasa lalu, atau juga sekarang karena perusahaan pertama yang memasuki industri. Sedangkan pengertian diferensiasi sosial adalah suatu pembeda antar masyarakat ke dalam golongan atau kelompok secara horizontal.

Loading...

Kartajaya

Menurut Kartajaya dalam Syafrizal (2007:183), diferensiasi adalah semua upaya yang dilakukan untuk membedakan diri dari pesaing lain baik konten (what to offer), konteks (how to offer) dan infrastruktur (enabler).

Kotler (2009:328)

Menurut Kotler, diferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing.

Kotler dan Susanto (2001)

Menurut Kotler dan Susanto, diferensiasi adalah cara merangsang perbedaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaingnya.

Aaker dalam Ferdinand (2003)

Menurut Aaker, diferensiasi yang sukses haruslah strategi yang mampu

  • Menghasilkan nilai pelanggan
  • Memunculkan persepsi yang bernilai khas
  • Tampil sebagai wujud berbeda yang sulit untuk ditiru

Lewit (1983)

Menurut Lewit, diferensiasi adalah salah satu jenis keunggulan bersaing yang dimiliki perusahaan untuk memenangkan persaingan di pasar global.

Mowen dan Miror (2005:55)

Menurut Mowen dan Miror, diferensiasi adalah proses manipulasi bauran pemasaran untuk menempatkan sebuah mereka sehingga para konsumen dapat merasakan perbedaan yang berarti antara mereka tersebut dengan pesaing.

Jenis-Jenis Diferensiasi

Menurut Rapliansyah (2012:20-21), secara umum diferensiasi terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

a. Diferensiasi Psikologis
Pengertian diferensiasi psikologis adalah diferensiasi yang dibuat berdasarkan pesaingnya melalui penciptaan kreasi yang bisa diasumsikan oleh konsumen bahwa terdapat produk yang sesuai dengan harapan konsumennya.

b. Diferensiasi Fisik
Pengertian diferensiasi fisik adalah diferensiasi yang dibuat ulang berdasarkan bentuk atas suatu perbedaan secara fisik.

Strategi Diferensiasi

Diferensiasi membutuhkan beberapa tahap yang diperlukan, sehingga diferensiasi membutuhkan strategi yang dilancarkan. Strategi deferensiasi adalah suatu strategi yang mampu memelihara loyalitas pelanggan ataupun juga dari konsumen melalui strategi diferensiasi, pelanggan atau konsumen mendapat nilai lebih dibandingkan dengan produk yang lainnya.

Menurut Aaker dalam ferdinad (2003:87), strategi diferensiasi harus mampu:

  • Menghasilkan nilai pelanggan atau konsumen
  • Memunculkan perspepsi yang memiliki nilai khas yang baik.
  • Menampilkan wujud yang berbeda yang sulit untuk ditiru.

Sehingga dapat disimpulkan, kunci untuk strategi diferensiasi yang sukses atau dapat terlaksana sebagaimana mestinya haruslah mengembangkan point of differentiation khususnya dalam pandangan pelanggan dari pada pandangan operasi bisnis.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Diferensiasi, Jenis-Jenis dan Strategi Diferensiasi Menurut Para Ahli Terlengkap  semoga bermanfaat . Sampai jumpa di postingan selanjutnya.