Pengertian Prestasi, Macam, Contoh, Sikap dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Lengkap

Posted on

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli, Macam, Contoh, Sikap dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Lengkap – Secara etimologi, prestasi berasal dari bahasa Belanda yaitu prestatie yang berarti hasil usaha. Prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan. Prestasi dapat dicapai dengan mengandalkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapai situasi segala aspek kehidupan.

Jadi dapat disimpulkan, pengertian prestasi diri adalah hasil atas usaha yang dilakukan seseorang.

Dalam mencapai keberhasilan, setiap orang akan menghadapi tantangan baik itu yang berasal dari diri sendiri (seperti bakat, potensi, kecerdasan atau intelektual, minat, motivasi, kebiasaan, emosi, kesehatan dan pengalaman pribadi) dan yang berasal dari lingkungan (seperti tantangan dari keluarga, sekolah, masyarakat, sarana dan prasarana, fasilitas, gizi, dan tempat tinggal).

Loading...

Pengertian Prestasi Menurut Para Ahli

Sumadi Suryabrata (2006:297)

Menurut Sumadi Suryabrata, Prestasi adalah nilai merupakan perumusan terakhir yang dapat diberikan oleh guru mengenai kemajuan atau prestasi belajar siswa selama masa tertentu.

Zaenal Arifin (2012:3)

Menurut Zaenal Arifin, Prestasi adalah hasil dari kemampuan, keterampilan dan sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu hal.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005:895)

Menurut KBBI, Prestasi adalah hasil yang telah dicapai (dari yang telah dilakukan, dikerjakan dan juga sebagainya).

Surya (2004)

Menurut Surya dalam Galih Ariwaseso (2011:5), Prestasi adalah hasil belajar atau perubahan tingkah laku yang menyangkut ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap setelah proses tertentu, sebagai hasil pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya.

Nana Sudjana (2000)

Menurut Nana Sudjana dalam Muhammad Nurdin (2003:7), Prestasi adalah suatu keberhasilan yang dicapai oleh seseorang siswa setelah mengikuti program pengajaran dalam kuran waktu tertentu sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Sukardi (1992)

Menurut Sukardi, Prestasi adalah hasil dari proses belajar mengajar yang merupakan tingkat penguasaan terhadap materi pelajaran.

Simanjuntak (1990)

Menurut Simanjuntak, Prestasi adalah kapasitas seseorang setelah mengikuti latihan tertentu, dan hasil dari latihan tersebut dapat diketahui dengan memberikan sebuah tes akhir.

Macam-Macam Prestasi

Terdapat beberapa jenis prestasi yang bisa dicapai oleh seseorang, diantaranya:

a. Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh atas usaha belajar. Contoh prestasi belajar yang ada disekolah seperti menjadi juara umum setiap tahunnya.

b. Prestasi Kerja
Prestasi kerja adalah hasil yang didapatkan dari usaha kerja yang dilakukan. Contoh prestasi kerja diantaranya naik jabatan atas kerja keras yang dilakukan selama bekerja.

c. Prestasi Seni
Prestasi seni adalah hasil yang diperoleh dari usaha seni. Contohnya prestasi yaitu seorang penyanyi atau seniman lainnya yang mendapatkan penghargaan.

d. Prestasi Olahraga
Prestasi olahraga adalah hasil yang diperoleh atas usaha dan kerja keras yang terdapat dibidang olahraga. Contoh prestasi olahraga, diantaranya seperti seorang olahragawan mendapatkan juara 1 dalam perlombaan.

e. Prestasi Lingkungan Hidup
Prestasi lingkungan hidup adalah prestasi yang didapatkan melalui usaha penyelamatan lingkungan hidup. Contohnya seperti individu atau kelompok mendapatkan penghargaan atas usaha yang dilakukan dengan melakukan penyelamatan lingkungan hidup yang berupa penanaman pohon kembali atau reboisasi di hutan.

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi

Prestasi yang dicapai oleh seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri (faktor internal) maupun dari luar diri (faktor eksternal) individu.

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari individu itu sendiri, ini meliputi:

a. Faktor Jasmaniah (fisiologis)
Faktor ini meliputi penglihatan, pendengaran, struktur tubuh dan sebagainya.

b. Faktor Psikologis
Faktor ini meliputi:

  • Intelektul (seperti taraf intelegensi, kemampuan belajardan cara belajar).
  • Non Intelektual (seperti motifasi belajar, sikap, perasaan, minat, kondisi psikis dan kondisi akibat keadaan sosiokultur).

c. Faktor kondisi fisik

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri individu. faktor ini meliputi:

a. Faktor pengaturan belajar disekolah; seperti kurikulum, disiplin sekolah, guru, fasilitas belajar dan pengelompokan siswa.

b. Faktor sosial disekolah; seperti sistem sosial, status sosial siswa, dan interaksi guru dan siswa.

c. Faktor situasional; seperti keadaan politi ekonomi, keadaan waktu dan tempat atau iklim.

Sikap dalam Berprestasi

Sikap yang mendukung seorang individu dalam berprestasi, diantaranya yaitu:

  • Berorientasi pada masa depan dan cita-cita
  • Berorientasi pada keberhasilan
  • Berani mengambil atau menghadapi risiko
  • Rasa tanggung jawab yang besar
  • Menerima dan menggunakan kritik sebagai umpan balik
  • Memiliki sikap kreatif dan inovatif, serta mampu memanajemen waktu dengan baik.

Demikian artikel tentang”Pengertian Prestasi, Macam, Contoh, Sikap dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Lengkap“, semoga bermanfaat.