Pengertian Agresi, Jenis, Bentuk dan Faktor Penyebab Agresi Lengkap

Posted on

Pengertian Agresi, Jenis, Bentuk dan Faktor Penyebab Agresi Lengkap – Agresi adalah semua tindakan atau perilaku, baik secara fisik maupun verbal, yang dilakukan secara sengaja dan terencana dengan tujuan untuk menyakiti, merusak, menyengsarakan orang lain (individu maupun kelompok manusia).

Dalam psikologi dan ilmu sosial lainnya, pengertian agresi merujuk pada perilaku yang bertujuan untuk membuat objeknya mengalami bahaya atau kesakitan. Agresi ini bisa dilakukan secara verbal atau fisik. Agresi tidak sama dengan ketegasan, tapi lebih kepada tindakan pengrusakan barang dan perilaku destruktif lainnya.

Sedangkan pengertian agresi militer adalah suatu tindakan menyakiti dan membahayakan jiwa manusia, perusakan barang dan tindakan destruktif lainnya yang dilakukan dengan kekuatan militer. Contohnya agresi militer Belanda I dan II di Indonesia.

Loading...

Pengertian Agresi Menurut Para Ahli

Buss dan Perry

Menurut Buss dan Perry, Agresi adalah suatu perilaku yang berniat untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikologis.

Harding

Menurut Harding, Agresi adalah kecenderungan seseorang untuk melakukan kekerasan yang dimanifestasikan dalam bentuk tindakan merusak.

Ramirez

Menurut Ramirez, Agresi adalah fenomena kompleks yang dimunculkan dalam berbagai bentuk perilaku.

Myers

Menurut Myers, Agresi adalah perilaku atau tindakan dalam bentuk fisik atau verbal yang bertujuan untuk menyakiti orang lain.

Berkowitz

Menurut Berkowitz, Agresi adalah perilaku yang dilakukan oleh individu atau kelompok manusia berlandaskan niat untuk melukai individu lain, baik secara fisik ataupun secara psikologis.

Atkinson

Menurut Atkinson, Agresi adalah tingkah laku yang bertujuan untuk merugikan orang lain, perilaku yang dimaksud untuk melukai orang lain, baik secara fisik atau verbal, atau merusak harta benda.

Murray

Menurut Murray, Agresi adalah cara yang dilakukan seseorang untuk mengatasi segala bentuk perlawanan atau konflik dari pihak lain.

Jenis-Jenis Agresi

Menurut Moyer (1968), ada tujuh bentuk agresi jika dilihat dari sudut pandang biologis dan evolusi, diantaranya yaitu:

  • Agresi Pemangsa, yaitu tindakan menyerang yang dilakukan oleh pemangsa terhadap mangsanya.
  • Agresi Akibat Ketakutan, yaitu tindakan menyerang untuk membela diri dan menghindari ancaman.
  • Agresi Teritorial, yaitu tindakan menyerang untuk mengusir penyusup dari daerah teritorial.
  • Agresi Antar Jantan, yaitu pertarungan antara dua spesies jantan untuk saling memperebutkan betina,
  • teritorial, dan sumber makanan.
  • Agresi Maternal, yaitu tindakan menyerang untuk melindungi anaknya dari ancaman bahaya.
  • Agresi Instrumental, yaitu suatu agresi yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu sebagai respon terhadap suatu situasi.

Bentuk Agresi

Adapun aspek bentuk perilaku agresi diantaranya yaitu:

a. Agresi Fisik, yaitu agresi yang dilakukan secara fisik untuk melukai orang lain, misalnya memukul, menendang, melukai orang lain.

b. Agresi Verbal, yaitu agresi yang dilakukan untuk menyakiti perasaan orang lain, mengganggu, menolak, atau mengancam secara verbal, misalnya seperti membentak, mengejek, mengumpat, mengancam.

c. Agresi Kemarahan, yaitu emosi negatif sebagai bentuk ekspresi karena harapan yang tidak terpenuhi. Kemarahan tersebut dapat menyakiti orang lain dan diri sendiri, misalnya seperti kesal, sebal, temperament, tidak bisa mengendalikan amarah.

d. Agresi Hostility, yaitu tindakan mengekspresikan kebencian, permusuhan, dan kemarahan pada orang lain. Agresi ini sering tidak terlihat, akan tetapi dapat berakibat buruk bagi orang lain.

Faktor Penyebab Agresi

Adapun beberapa faktor penyebab agresi diantaranya yaitu:

Faktor Biologis
Gen berpengaruh terhadap pembentukan sistem neural otak yang mengatur perilaku agresia. Sistem otak manusia berperan dalam menghambat atau memperkuat sirkuit neural yang mengontrol agresi. Kimia darah juga berperan terhadap perilaku agresi manusia.

Faktor Naluri
Manusia memiliki 2 (dua) jenis insting, yaitu eros (insting kehidupan) dan thanatos (insting kematian). Dan agresi merupakan ekspresi dari naluri thanatos.

Faktor Emosi
Amarah merupakan emosi yang menunjukkan perasaan tidak suka yang sangat kuat. Amarah dapat menimbulkan agresi pada manusia.

Faktor Frustasi
Seseorang merasa frustasi saat tidak dapat memenuhi kebutuhannya, atau tidak bisa mencapai tujuan dan keinginannya. Seringkali rasa frustasi tersebut memicu terjadinya agresi pada manusia.

Faktor Sosial Learning
Tindakan agresi pada anak dan remaja seringkali karena melihat adegan kekerasan melalui televisi, games, maupun kehidupan nyata.

Demikian artikel yang diberikan tentang Pengertian Agresi, Jenis, Bentuk dan Faktor Penyebab Agresi Lengkap semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan anda.