Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran dan Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Lengkap

Posted on

Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran dan Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Lengkap – Produktivitas kerja adalah kemampuan karyawan dalam berproduksi dibandingkan dengan input yang digunakan, seorang karyawan bisa dikatakan produktif jika ia mampu menghasilkan barang atau jasa sesuai dengan diharapkan dalam waktu yang singkat atau tepat.

Pengertian produktivitas kerja yang lain yaitu, produktivitas kerja adalah perbandingan antara hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang dipergunakan per satuan waktu dengan mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia.

Produktivitas kerja merupakan salah satu masalah penting yang harus diperhatikan perusahaan/organisasi agar tujuan yang telah dibuat sebelumnya dapat tercapai.

Pengertian Produktivitas Kerja Menurut Para Ahli

Berikut beberapa pengertian produktivitas kerja menurut para ahli

Muchdarsyah Sinungan

Menurut Muchdarsyah Sinungan, Produktivitas kerja adalah tindakan efisiensi dalam memproduksi barang-barang atau jasa.

Riyanto (1986:22)

Menurut Riyanto, secara teknis produktivitas adalah suatu perbandingan antara hasil yang dicapai (out put) dengan keseluruhan sumber daya yang diperlukan (input). Produktivitas berarti perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran tenaga kerja persatuan waktu.

Payaman Simanjuntak

Menurut Payaman Simanjuntak, secara filosofis produktivitas mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan. Keadaan hari ini harus lebih baik dari kemarin, dan mutu kehidupan besok harus lebih baik dari hari ini. Pandangan hidup dan sikap mental yang demikian akan mendorong manusia untuk tidak cepat merasa puas, akan tetapi terus mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan sehingga akan dihasilkan produktivitas yang tinggi.

Hasibuan (1996:126)

Menurut Hasibuan, Produktivitas adalah perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan). Jika Produktivitas naik ini hanya dimungkinkan oleh adanya peningkatan efisiensi (waktu-bahan-tenaga) dan sisitem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilan dari tenaga kerjanya.

Sondang P. Siagian

Menurut Sondang P. Siagian, Produktivitas kerja adalah kemampuan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan output yang optimal, bahkan kalau bisa semaksimnal mungkin.

Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja, diantaranya yaitu:

Bersumber dari pekerjaan
Suatu pekerjaan yang banyak membutuhkan gerakan yang bisa mengakibatkan produktivitas kerja menjadi rendah. Untuk itu, agar gerakan dalam melakukan pekerjaan cepat dan tepat maka terlebih dahulu diadakan “Time and Motion Study”. Denganstudi tersebut bisa tercipta gerakan yang efektif dan bisa memperlancar pekerjaan sekaligus mengurangi kesalahan karyawan.

Bersumber dari karyawan
Semangat dan kegairahan kerja para karyawan merupakan unsur penting guna mencapai suatu produktivitas yang tinggi.Untuk itu, sebaiknya pimpinan memperhatikan unsur penting tersebut melalui hal-hal berikut:

  • Gaji yang memadai
  • Kebutuhan karyawan perlu diperhatikan
  • Penempatan karyawan pada posisi yang tepat

Pendidikan
Tingkat kecerdasan karyawan dilihat dari tingkat pendidikannya. Semakin tinggi pendidikan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan tujuan ke jenjang yang lebih baik. Oleh sebab itu, pendidikan berhubungan dengan produktivitas kerja staf dan karyawan.

Kesehatan jasmani dan rohani
Pimpinan perusahaan harus menjamin kesehatan karyawan dengan cara mengatur jam kerja, meniadakan lembur sehingga bisa menciptakan kegiatan kerja para karyawan. Karyawan yang sehat pasti akan bisa meningkatkan produktivitas kerjanya.

Lingkungan kerja
Lingkungan kerja yang baik akan berpengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas. Selain itu, lingkungan kerja yang bersih bisa mempengaruhi karyawan untuk bekerja lebih giat.

Faktor Manajerial
Gaya kepemimpinan yang efektif, memotivasi, mengarahkan dan menggerakan bawahannya perlu diterapkan agar para karyawan bekerja lebih semangat dan bergairah dalam menjalankan tugas.

Motivasi
Pemberian motivasi dari pimpinan yang baik akan membimbing dan melatih karyawannya. Memotivasi karyawan tidaklah mudah, karena setiap karyawan memiliki latar belakang, pengalaman, harapan dan keinginan yang berbeda.

Peralatan yang digunakan
Peralatan yang digunakan memiliki efek yang sangat penting dalam meningkatkan produktivitas kerja. Penggunaan sumber-sumber ekonomi yang digerakan secara efektif dan membutuhkan keterangan organisator dan teknik sehingga memiliki tingkat hasil guna yang tinggi.

Pengukuran Produktivitas Kerja

Pengukuran produktivitas kerja adalah sistem yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur kinerja karyawan apakah sudah melakukan pekerjaannya dengan baik sesuai yang diinginkan oleh perusahaan atau instansi.

Manfaat pengukuran produktivitas kerja yaitu untuk mengetahui kemampuan serta keterampilan setiap karyawan secara rutin setiap hari sebagai dasar pendayagunaan dan pengembangan karyawan seoptimal mungkin dan peningkatan mutu hasil kerja karyawan.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang “Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran dan Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Lengkap” Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.