Pengertian Tulang Pelipis : Letak, Bentuk, Ciri, Jumlah dan Fungsi Tulang Pelipis

Posted on

Fungsi Tulang Pelipis – Apa itu tulang pelipis? Apa fungsi tulang pelipis? Dimana letak tulang pelipis? Berapa jumlah tulang pelipis? Bagaimana bentuk tulang pelipis?

Baca Juga : Fungsi Tulang Belikat

Agar lebih memahaminya, kali ini kita akan membahas tentang tulang pelipis mulai dari pengertian tulang pelipis, letak, ciri-ciri, jumlah dan fungsi tulang pelipis pada manusia secara lengkap.

Pengertian Tulang Pelipis

Tulang pelipis atau tulang temporal (Os. temporale) merupakan salah satu anggota tulang tengkorak manusia yang terletak pada bagian kepala belakang tepatnya samping dahi juga mata atau bagian samping dan dasar (kranium) dan disamping bagian otak (cerebral cortex). Lebih sederhananya, tulang pelipis berada pada bagian atas tulang pipi yakni bagian yang membentuk lengkungan khusus yang disebut zigomatik. Tulang pelipis berasal dari bahasa latin “tempus” yang artinya waktu.

Secara anatomi, letak tulang pelipis berada didepan telinga. Jumlah tulang pelipis ada 2 (dua) buah yang masing-masing terletak di sisi kepala. Bentuk tulang pelipis gepeng atau tipis

Tulang pelipis yang terdapat dibagian samping kanan dan samping kiri sisi kepala dengan bentuk dan ukuran yang sama serta struktur yang kuat yang melindungi area otak juga bagian kepala yang ada disekitar tulang pelipis.

Ciri-Ciri Tulang Pelipis

Ciri tulang pelipis mudah diamati yakni letaknya tepat di sisi samping kepala, namun tulang pelipis sering kali dikira sebagai tulang baji sebab letak keduanya berdampingan dan saling melekat. Akan tetapi, kedua tulang tersebut bisa dibedakan dari ukurannya, tulang baji mempunyai ukuran yang pipih dan kecil sedangkan tulang pelipis mempunyai ukuran yang besar dan luas.

Baca Juga : Fungsi Tulang Selangka (Clavicula)

Fungsi Tulang Pelipis

Tulang pelipis memiliki bentuk yang lebar dan juga pipih, namun memiliki peran yang penting dan vital. Fungsi tulang pelipis, antara lain:

Melindungi Otak

Bentuk tulang pelipis yang lebar dan berstruktur kuat dan letaknya disisi kanan dan kiri memungkinkannya melindungi otak secara luas dan menjaga otak dari berbagai trauma dari luar tubuh.

Melindungi Saraf

Dalam otak terdapat saraf-saraf yang melekat dan mempunyai peran untuk mengatur segala aktivitas dalam tubuh. Selain itu, tulang pelipis juga melindungi saraf otak dari trauma sehingga memungkinkan sistem saraf tetap dapat menghubungkan semua respon dalam tubuh dengan otak secara sempurna.

Sebagai Tempat Melekatnya Otot dan Melindungi Otot

Dalam tulang pelipis juga terdapat otot-otot yang berperan dalam menjaga dan mempertahankan kekuatan dari tulang tengkorak serta berdampak pada aktivitas kepala individu, otot-otot tersebut yaitu musculus temporalis dan musculus ekstrinsik.

Baca Juga : Fungsi Tulang Rusuk

Selain itu, tulang pelipis juga melindungi otot sehingga dapat menciptakan gerakan respon seperti kontraksi dan relaksasi otot yang menempel pada rangka mampu menggerakkan rangka, mempertahankan postur dan posisi kepala tetap seimbang, seperti mempertahankan posisi kepala ketika membaca buku, berjalan dengan posisi tegak dan lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang pengertian tulang pelipis, letak, ciri-ciri, jumlah dan fungsi tulang pelipis pada manusia secara lengkap. Semoga bermanfaat