Pengertian Indikator Secara Umum dan Menurut Para Ahli serta Jenis-Jenis Indikator Lengkap

Posted on

Pengertian Indikator Secara Umum dan Menurut Ahli serta Jenis-Jenis Indikator Lengkap – Secara umum, pengertian indikator adalah variabel kendali yang dapat digunakan untuk mengukur perubahan yang terjadi pada sebuah kejadian ataupun kegiatan. Indikator juga dapat diartikan sebagai setiap ciri, karakteristik atau ukuran yang bisa menunjukkan perubahan yang terjadi pada sebuah bidang tertentu. Indikator bisa digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau kemungkinan dilakukan pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Suatu indikator tidak selalu menjelaskan keadaan secara keseluruhan, akan tetapi lebih sering hanya sebagai pemberi petunjuk atau indikasi mengenai keadaan keseluruhan tersebut sebagai suatu pendugaan.

Pengertian Indikator Menurut Para Ahli

KBBI

Menurut KBBI, Indikator/in·di·ka·tor/ n sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan: seseorang yang akan melakukan suatu pekerjaan sebaiknya menggunakan -yang sudah ada; kenaikan harga dapat menjadi-adanya inflasi.

Loading...

WHO (1981)

Menurut WHO, Pengertian Indikator adalah variabel yang bisa membantu kita dalam kegiatan pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Green (1992)

Menurut Green, Pengertian Indikator adalah variabel-variabel yang bisa menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya mengenai sesuatu kondisi tertentu, sehingga bisa dipakai untuk mengukur perubahan yang terjadi.

Wilson & Sapanuchart (1993)

Menurut Wilson & Sapanuchart, Pengertian Indikator adalah suatu ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi. Misalnya berat badan bayi berdasarkan umur adalah indikator bagi status gizi bayi tersebut.

Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat (1969)

Menurut Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat, Pengertian Indikator adalah statistik dari hal normatif yang menjadi perhatian kita yang dapat membantu kita dalam membuat penilaian ringkas, komprehensif, dan berimbang terhadap kondisi-kondisi atau aspek-aspek penting dari suatu masyarakat.

Darwin Syah

Menurut Darwin Syah, Pengertian Indikator adalah tanda ataupun ciri yang menunjukkan siswa telah mampu memenuhi standar kompetensi yang diterapkan/berlaku.

Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kemenkes RI (2004)

Menurut Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kemenkes RI , Pengertian Indikator adalah variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Green

Menurut Green, Pengertian Indikator adalah kumpulan variabel yang dapat mengindikasikan atau menunjukkan kepada penggunanya suatu kondisi tertentu. Indikasi terhadap kondisi tertentu tersebutlah yang kemudian digunakan untuk mengukur semua perubahan yang terjadi.

Jenis-Jenis Indikator

Berdasarkan objek yang akan diukur, indikator dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu:

Indikator Pendidikan

Indikator pembelajaran atau indikator pendidikan adalah penjabaran secara keseluruhan dari kompetensi dasar. Dimana penjabaran ini menunjukkan respon yang diberikan peserta didik terkait dengan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh pendidik.

Indikator Kerja

Indikator kinerja karyawan adalah tolak ukur seorang karyawan dalam menjaga kualitas pekerjaannya sesuai dengan standar kebutuhan perusahaan. Dalam mengukur kinerja karyawan, terdapat beberapa indikator yang sering digunakan diantaranya ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, kemandirian, efektivitas dan lain sebagainya. Dalam dunia kerja, indikator adalah pengukuran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan apresiasi atau insentif kepada karyawan yang bersangkutan.

Indikator Penelitian

Indikator dalam penelitian lebih sering digunakan dalam dunia sains. Salah satu indikator yang banyak diaplikasikan untuk penelitian yaitu indikator asam basa. Dimana seorang peneliti mengukur tingkat keasaman atau basa suatu sampel menggunakan indikator tersebut.

Demikian artikel tentang “Pengertian Indikator Secara Umum dan Menurut Ahli serta Jenis-Jenis Indikator Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.