Pengertian Bunyi, Syarat, Sifat, Rumus Cepat Rambat Bunyi dan Jenis Bunyi Lengkap

Posted on

Pengertian Bunyi, Syarat, Sifat, Rumus Cepat Rambat Bunyi dan Macam-Macam Jenis Bunyi Lengkap – Bunyi atau suara adalah pemampatan mekanis atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini bisa berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi bisa merambat misalnya di dalam air, batu bara, udara dan lain sebagainya.

Pengertian bunyi yaitu salah satu jenis gelombang dalam fisika yakni gelombang longitudinal yang bisa dirasakan oleh indera pendengaran (telinga). Atau lebih jelasnya, bunyi adalah sesuatu yang dihasilkan oleh benda yang bergetar. Benda yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.

Syarat Bunyi Dapat Terdengar

Agar suatu bunyi dapat didengar manuasia, maka suatu bunyi harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:

Loading...
  • Memiliki sumber bunyi
  • Memiliki medium untuk merambatkan bunyi
  • Pendengar berada dalam jangkauan sumber bunyi
  • Frekuensi bunyi termasuk dalam frekuensi yang bisa didengar oleh penerima bunyi

Sifat Bunyi

Adapun Sifat-sifat Bunyi yaitu:

  • Termasuk gelombang, yaitu berupa hasil getaran yang merambat.
  • Memerlukan medium dalam perambatannya atau tidak bisa merambat dalam ruang hampa.
  • Cepat rambatnya dipengaruhi medium perambatannya. Semakin padat/rapat mediumnya maka semakin cepat perambatan bunyi.
  • Dapat mengalami Resonansi dan Pemantulan.

Cepat Rambat Bunyi

Cepat rambat bunyi adalah kecepatan perambatan gelombang bunyi yang diperoleh dari hasil bagi jarak yang ditempuh dengan waktu tempuh bunyi. Adapun hal utama yang mempengaruhi cepat rambat bunyi yaitu:

Kerapatan partikel medium perambatannya. Semakin rapat susunan medium maka semakin cepat bunyi merambat. Ini berarti bahwa perambatan bunyi pada zat padat lebih cepat dibandingkan pada zat cair.
Suhu medium perambatannya, semakin tinggi suhu medium perambatannya maka semakin cepat bunyi merambat, begitu sebaliknya.

Rumus Cepat Rambat Bunyi

Namun, apabila diketahui frekuensi, panjang gelombang atau periodenya maka rumus cepat rambat gelombang yang dapat digunakan yaitu:

Keterangan:

a. Frekuensi (f), yaitu jumlah gelombang bunyi yang melewati titik tertentu dalam satu detik. Dilambangkan dengan huruf f dan dengan satuan frekuensi yaitu Hertz (Hz).
b. Periode (T), yaitu waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Dilambangkan dengan huruf T dan dengan satuan periode yaitu detik atau sekon (s).

c. Panjang Gelombang (λ)
Panjang Gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh satu gelombang. Simbol panjang gelombang adalah λ.

  • Panjang satu gelombang transversal terdiri dari satu bukit dan satu lembah.
  • Panjang satu gelombang longitudinal terdiri dari satu rapatan dan satu renggangan.

Resonansi dan Pemantulan Bunyi

Resonansi adalah ikut bergetarnya suatu benda akibat adanya getaran dari benda lain sebagai pemicunya. Sedangkan, pemantulan adalah peristiwa dikembalikannya gelombang bunyi ke arah datangnya bunyi karena menabrak bidang pantul tertentu.

Klasifikasi Jenis-Jenis Bunyi

Adapun macam-macam jenis bunyi berdasarkan frekuensinya, yaitu:

Bunyi Ultrasonik

Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi di atas 20.000 Hz. Bunyi ini tidak bisa didengar manusia dan hanya bisa didengar oleh hewan tertentu seperti kelelawar dan lumba-lumba. Jenis bunyi ini sering dimanfaatkan manusia untuk berbagai hal, seperti pengukuran kedalaman laut dan pemeriksaan USG pada bidang kesehatan.

Bunyi Audiosonik

Bunyi Audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20-20.000 Hz. Bunyi Audiosonik merupakan bunyi yang bisa di dengar manusia dan makhluk hidup lainnya.

Bunyi Infrasonik

Bunyi infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi di bawah 20 Hz. Bunyi ini tidak bisa didengar manusia, hewan yang memiliki kemampuan mendengar bunyi ini diantaranya anjing, laba-laba, dan jangkrik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pengertian Bunyi, Syarat, Sifat, Rumus Cepat Rambat Bunyi dan Jenis Bunyi Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa