Tulang Baji: Pengertian, Ciri, Bentuk, Letak, Jumlah dan Fungsi Tulang Baji Lengkap

Posted on

Tulang Baji: Pengertian, Ciri, Bentuk, Letak, Jumlah dan Fungsi Tulang Baji Lengkap – Tulang Baji atau tulang sfenoid yang memiliki nama latin Os Sfenoidalis merupakan tulang yang terdapat di tengah-tengah dasar tengkorak manusia dan memiliki bentuk anatomi seperti kupu-kupu dengan tiga pasang sayap.

Letak tulang baji yaitu berada diantara tulang pelipis dan tulang dahi manusia. Sebagai tulang anggota tulang tengkorak yang diketahui memiliki posisi tepat diantara tulang pelipis dan tulang dahi, maka ukuran tulang baji ini cukup kecil dibandingkan dengan tulang-tulang yang lain yang berada di sekitarnya.

Ciri-ciri utama dari tulang baji yaitu memiliki bentuk yang pipih atau gepeng, ukurannya kecil, tidak lebar atau tidak besar. Jumlah tulang baji di dalam tubuh manusia tepatnya di area tulang tengkorak hanyalah 1 buah dan letaknya secara anatomi agar cekung ke dalam karena berada diantara dua tulang.

Fungsi Tulang Baji

Adapun fungsi tulang baji diantaranya yaitu:

Sebagai Penguat Struktur Tulang di Sekitarnya
Tulang baji merupakan salah satu anggota tulang penyusun tengkorak manusia yang mampu memiliki kekuatan dan manfaat yang mandiri, posisinya yang berada di tengah tengah dan berbentuk cekung membuat tulang baji dibutuhkan sebagai penguat dari struktur tulang di sekitarnya karena tulang baji mampu berperan sebagai penyangga yang mempertahankan tulang lain tetap seimbang pada posisinya.

Memiliki Fungsi yang Berkaitan dengan Otak
Seperti yang diketahui, otak merupakan bagian penting dalam kepala manusia yang perlu dilindungi dari berbagai sudut, uktuk itu otak dikelilingi dengan tulang tengkorak yang kuat dan mampu mempertahankan keseimbangan otak tetap pada tempatnya. Dari sisi samping, otak mendapat perlindungan dari adanya tulang baji.

BACA JUGA :  Pengertian Keseimbangan Lingkungan

Bentuk tulang baji yang cekung ke dalam menjadikannya dekat dengan otak dan melindungi otak dari trauma atau benturan yang bisa terjadi karena gerak tubuh dari bawah, seperti saat didorong atau terlempar, keberadaan otak baji penting untuk melindungi otak dari gangguan seperti itu sehingga setiap titik sudut otak akan tetap aman.

Merupakan Bagian Spenoid
Tulang baji merupakan bagian spenoid atau pusat dasar dari kotak otak. Otak manusia memiliki bagian-bagian yang semuanya mengatur sistem syaraf dalam tubuh manusia, tulang baji menjadi tempat melekat sekaligus penyangga dan pelindung dari pusat dasar kotak otak tersebut.

Yaitu bagian yang berfungsi sebagai pusat syaraf dan pengaturan pembuluh darah di seluruh tubuh. Karena itu, keberadaan tulang baji yang berukuran kecil ini benar-benar tidak bisa diremehkan, meskipun memiliki bentuk yang kecil dan memiliki tempat yang tersembunyi, tetapi fungsinya erat dengan keberlangsungan hidup manusia.

Demikian penjelasan tentangĀ Tulang Baji: Pengertian, Ciri, Bentuk, Letak, Jumlah dan Fungsi Tulang Baji Lengkap . Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa